Kamis, 20 Maret 2014

KEKANGAN

KEKANGAN Orang yang tidak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya. Amsal 25-28 Dari hari ke hari, berat badan saya cenderung naik. Beberapa baju favorite yg dulu sering saya pakai mau tidak mau harus saya museumkan karena sudah tidak muat lagi. Meski belum gemuk2 amat,saya memilih u/ menguruskan badan dengan cara diet. Namun diet trnyta bkn hal yg gampang untk dijalani. Diet saya gagal terus, masalahnya cuma satu, saya kesulitan mengendalikan diri ketika berhadapan dg makanan kesukaan,apalagi ketika melihat teman2 saya dg lahapnya menikmati semua makanan itu. Soal mengendalikan diri tentu tidak hanya terbatas soal makan saja. Hampir semua sisi dlm khdpn kita membutuhkan pengendalian diri. Banyak tokoh alkitab yg luar biasa hebat hrs jatuh trpuruk hanya gara2 tak bisa mengendalikan diri. tak bisa mengendalikan diri kadangkala membuat kita melakukan hal2 yg sangat bodoh. Seperti ketika kita dikuasai emosi yg berlebihan sampai2 mulut kita penuh dg umpatan n kata2 kotor. Seperti ketika kita menukarkan kekudusan Allah dg hal2 yg cabul. Seperti ketika kita tergoda untk menyebarkan gosip demi menjatuhkan orang yg kita tdk suka. Seperti ketika kita melakukan praktek suap,korupsi pungli atau praktek2 memalukan lainnya. Harusnya kita mengenakan kekang dlm hdp kita tetap memiliki pengendalian diri. Tanpa memiliki pengendalian diri maka kita seperti kota yg roboh temboknya. Anda bisa bayangkan sebuah kota tanpa tembok?yg pasti trjadi adalah musuh dg mudahnya masuk,menyerbu dan menghancurkan khdpn kita. Belajar salah satu kekangan dari hal2 berikut ini: *tidak menjadi rakus soal makan *tidak berkata kotor *tidak membelanjakan uang untk hal yg tak perlu *atau tdk menyalakan Tv.