Jumat, 10 Februari 2012

cakap menghadapi pencobaan

RENUNGAN CAKAP MENGHADAPI PENCOBAAN
Yak 1:-3 Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan.

Semua orang yang hidup, pasti akan menghadapi bermacam-macam masalah, tetapi  janji Tuhan, Ia  tidak akan  pernah meninggalkan kita, akan menolong kita, menguatkan kita, menopang kita,  selama kita mau terus memegang tanganNya erat-erat.
Hadapi pencobaan sampai menang, bahkan sampai kita menjadi mahir menghadapi setiap pencobaan, sehingga menghadapi pencobaan itu menjadi kesukaan.
Bersama Tuhan Yesus kita akan bersukacita, sebab kita pasti menang, bahkan lebih dari pemenang Rom 8:37 dan buah-buahnya sangat manis.
CARA MENDAPAT PERTOLONGAN TUHAN.
Kita tahu bahwa Allah tinggal dalam kita, rom 8:31  Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?
1.    koreksi  diri.; maz 139 :23-24
kita tahu penyebab doa membuat hubungan kita terputus dgn Tuhan. Dosa harus segera dibereskan, Supaya  kita dapat berjalan dalam rencana Allah.

2.    menghadapi dengan iman. Rom 1:17
Sikap kita sangat menentukan  ; bukan kuatir, gelisah, kecewa, marah dll tetapi tetap sejahtera dan bersyukur. Ucapan syukur seperti uang muka dari pertolongan Tuhan, pasti pertolongan yang diimani segera datang.

3.    dan menaruh harapan kepada  Tuhan rom 10:11
berdoalah  sungguh2, sebab orang yang berharap kepada Tuhan harus  tidak akan dipermalukan .

4.    menunggu jawabanTuhan dengan sabar,  MARK 11:24
menunggu terus dengan iman seolah-olah sudah menerima  dan tetap mempercayai Dia, sekaligus membentuk karakter kita seperti Dia _ menjadi sabar. Dan mengolah kita makin tumbuh seperti Kristus dalam tabiat, kesabaran, pengertian, kemahiran berjalan di dalam Roh; damai sejahtera kuasa dan hikmatNya akan turun atas kita.

5.    Mau dipimpin oleh kudus; Dipimpin Roh artinya mentaati suara Tuhan, menjaga kekudusan – tdk melakukan dosa, tidak punya akar pahit - tidak benci, dendam, iri, tamak dan dosa-dosa lain; Kalau kita taat penuh, kita sudah menjadi orang yg berkenan dihadapan Tuhan.  

6.    Dengan saling tolong menolong dalam tubuh Kristus.
Baik nasehat, saling menguatkan,  dan doa dengan sehati dari saudara-saudara dalam tubuh Kristus Mat 18:19-20. Ini bisa membawa hasil yang besar seperti Petrus dalam penjara didoakan jemaat, ia keluar dengan ajaib Kis 12:5.

7.    tidak mengeluh-mengucap syukur : 1kor 1:4
dengan bertekun berdoa, akan memampukan kita mentaat pimpinan roh kudus.
Jangan takut menghadapi problem-problem, penyakit, keuangan, keluarga, pekerjaan, ancaman dll. Belajar menangani dengan betul, sehingga makin lama kita makin mahir menghadapi problem dan pengolahan. Sebab akhir zaman kesukaran hidup akan makin bertambah dan karena itu rohani kita juga harus tumbuh, maka kita harus menghadapi ujian dalam tingkatan yang lebih tinggi,dan pencobaan yang lebih besar hingga mencapai  kesempurnaan. 1kor 10:11


.