Sabtu, 29 Oktober 2011

BELAJAR ALKITAB YUK KEJ 47


BELAJAR  ALKITAB kej 47

Yakub dan Firaun ayt 1-12 karena Yusuf , Yakub dan seisi keluarganya yang pindah ke Mesir mendapat penerimaan yang baik dari Firaun.

Kemudian pergilah Yusuf memberitahukan kepada Firaun dan  dibawanya 5 orang saudaranya, menghadap Firaun.

Lagi kata mereka kepada Firaun: "Kami datang untuk tinggal di negeri ini sebagai orang asing, sebab tidak ada lagi padang rumput untuk kumpulan ternak hamba-hambamu ini, karena hebat kelaparan itu di tanah Kanaan; maka sekarang, izinkanlah hamba-hambamu ini menetap di tanah Gosyen."

Tanah Mesir ini terbuka untukmu. Tunjukkanlah kepada ayahmu dan kepada saudara-saudaramu tempat menetap di tempat yang terbaik dari negeri ini, biarlah mereka diam di tanah Gosyen. Dan jika engkau tahu di antara mereka orang-orang yang tangkas, tempatkanlah mereka menjadi pengawas ternakku."
·        Rahasia besar ; karena percaya minta tenaga orang Israel.

Yakub memohonkan berkat bagi Firaun.
Kemudian bertanyalah Firaun kepada Yakub: "Sudah berapa tahun umurmu?"
Jawab Yakub kepada Firaun: "Tahun-tahun pengembaraanku sebagai orang asing berjumlah 130 tahun. Tahun-tahun hidupku itu sedikit saja dan buruk adanya, tidak mencapai umur nenek moyangku, yakni jumlah tahun mereka mengembara sebagai orang asing."
·        Yakub menceritakan suka-duka hidupnya.

Pemeliharaan Tuhan lewat kehidupan Yusuf : memelihara ayahnya, saudara-saudaranya dan seisi rumah ayahnya dengan makanan, menurut jumlah anak-anak mereka.


Tindakan Yusuf ayat 12-26

Karena hebatnya kelaparan :
·        Uang penduduk sudah habis untuk beli gandum "Berilah makanan kepada kami! Mengapa kami harus mati di depanmu? Sebab tidak ada lagi uang."
·        Ternak pun untuk pembayar gandum “berilah ternakmu, maka aku akan memberi makanan kepadamu sebagai ganti ternakmu itu ;  kuda,  kambing domba dan lembu sapi dan keledai.  
·        Tanah yang pembayar gandum “Yusuf membeli segala tanah orang Mesir untuk Firaun, sebab orang Mesir itu masing-masing menjual ladangnya, karena berat kelaparan itu menimpa mereka. Demikianlah negeri itu menjadi milik Firaun. Rakyatnya , diperhambakannyalah mereka di daerah Mesir dari ujung yang satu sampai ujung yang lain.
·        para imam tidak dibelinya, sebab para imam mendapat tunjangan tetap dari Firaun, dan mereka hidup dari tunjangan itu; itulah sebabnya mereka tidak menjual tanahnya.

Yusuf  membuat ketetapan kepada rakyat  "Pada hari ini aku telah membeli kamu dan tanahmu untuk Firaun; inilah benih bagimu, supaya kamu dapat menabur di tanah itu.
·        Mengenai hasilnya, kamu harus berikan 1/5 bagian kepada Firaun
·        4/5 bagian menjadi benih untuk ladangmu dan menjadi makanan kamu dan mereka yang ada di rumahmu, dan menjadi makanan anak-anakmu."

RAHASIA BESAR  : "Engkau telah memelihara hidup kami; asal kiranya kami mendapat kasih tuanku, biarlah kami menjadi hamba kepada Firaun."
KARENA LAPAR , PERLU MAKANAN BANYAK ORANG RELA JADI HAMBA,…………..
TAPI MARILAH KITA JADI KEPALA BUKAN EKOR , JADILAH SEPERTI YUSUF ; pelajari karakterternya ….
-      Mengampuni
-      Tidak menyalahkan orang lain
-      Mempercayai Tuhan
-      Dekat dgn Tuhan, dapatkan hikamat Tuhan sehingga menjadi orang kepercayaan
-      Jujur , segala uang, tanah di kembalikan menjadi hak Firaun
-      Kasihnya tehadap keluarga, sesama besar
-      ……amalisa dan telandanilah


Yakub pada akhir hidupnya ayt 27-31

Mereka beranak cucu dan sangat bertambah banyak. Dan Yakub masih hidup 17 tahun di tanah Mesir, maka umur menjadi 147 tahun.

Ketika Israel/Yakub akan mati, dipanggilnyalah, Yusuf, dengan pesan
kuburkanlah bersama nenek moyangnya.