Minggu, 23 Oktober 2011

TRIK-TRIK PENGINJILAN - PENTING


BERSAKSI DI Kampus
Seorang saksi memiliki peran yang amat penting, mengerti apakah makna menjadi seorang saksi.
·       dulunya, seseorang  harus dapat memberi kesaksian mengenai perbuatan mujizat-mujizat dalam Alkitab.
·       Saat ini  seseorang yang hanya dapat memberi kesaksian
-      akan kasih yang Allah telah tunjukkan lewat alkitab
-      belas kasihNya  : sembuh dari penyakit, dpt pekerjaan…
-      kasih karuniaNya : hidup kelimpahan/kaya
-      membagikan kasih karunia kepada sesamanya.
Misi kekampus , menjadi saksi bagi Kristus adalah vital dalam mendukung tugas panggilan yang telah Allah berikan pada kita, dalam setiap kesempatan, secara publik maupun pribadi, dalam setiap suasana selalu mengacu pada kebenaran Tuhan kita, Yesus Kristus.
Kampus-kampus perguruan tinggi di seluruh Indonesia, dunia ;  dapat didefinisikan sebagai sebuah institusi yang membawa pemikiran- pemikiran hebat dunia untuk menguji area pengetahuan dan menghargai sebuah gelar bagi sebuah pencapaian. tapi didalam lingkungan ini nilai dari pengetahuan akan Allah berkurang. KITA PASTI MENYADARI HAL INI.
Untuk menjadi saksi di kampus adalah untuk membagi pengetahuan kita akan Kristus dan untuk menunjukkan pentingnya Firman Tuhan, KITA HARUS mengambil bagian dalam sesuatu yang lebih besar daripada yang dapat dibayangkan, jadi harus dapat mewakili nilai dari siapakah kita :
·       kita harus rajin, punya prestasi, ass dosen, seksi2  kampus dgn segala keahlian ,………..
Pelatihan Pengabaran Injil
melatih diri untuk mengabarkan Injil, jika kita melihat pada pengalaman yang diperoleh dari penginjilan kita dapat melihat bahwa hal tersebut membantu kita didalam melanjutkan mimpi Allah. Adalah sepenuhnya penting dimana kita kuat dan teguh dalam iman tapi juga mempertunjukkan kerendahan hati yang adinge. Juga, kita harus tahu bahwa setiap kali kita menginjil, semakin dekat kita memenuhi pemenuhan KerajaanNya, panggilan ….
Dasar-dasar akan bagaimana menginjil adalah sesederhana hal berikut dibawah:
·       Berpeganglah pada kasih karunia yang Allah
·       Ingatlah tujuan mengapa anda menginjil
·       Berdoalah sebelum dan sesudah anda menginjil
·       Pakailah senjata perlengkapan rohani anda Efs 6:10-20
·       Menginjilah disetiap kesempatan
Pengutusan Misionaris-pelatihan
Bagi setiap misionaris yang diutus, divisi administrasi akan memastikan adanya latihan dan kesiapan yang memadai dan memobilisasi dukungan financial dan rohani bagi misi. Juga, memastikan bahwa komunikasi yang baik dapat dijaga dari ading misi, ini adalah elemen yang penting.
·       latihan intensif  pelayan ditempat-komunitas
·       pendidikan teologi yang memadai
·       pengalaman lapangan yang berlimpah dalam pewartaan Injil.
·       Pembelajaran inti ; kitab Roma, Galatia, Kisah Para Rasul, dan Kotbah di Bukit.
·       Mengerti  4 M : menerima, merenungkan, melakukan , membagikan .  
CATATAN :
·       Strategi misi , diperlukan juga keahlian ; untuk mengajarkan semaam kursus masak, membuat kue, menjahit, memotong rambut, bengkel, rasul Paulus membuah kemah,  dll  .
·       Misionaris dengan ketrampilan yang memadai untuk bertahan dalam lingkungan mereka. Banyak diantara pekerjaan-pekerjaan ini berguna sebagai alat yang efektif untuk penginjilan di desa2, dikota2, di negara2 tertentu.
·       Manfaat ketrampilan bisa untuk membiayai penginjilan misi
Program penginjilan sepanjang tahun bisa dilakukan :
·       Liburan sekolah bagi para mahasiswa
·       Program bagi pensiunan
·       Program kaum professional –rest  sejenak dari kegiatan rutinitas mereka.
JESUS LOVE YOU

SIAPA YANG AKAN KITA INJILI
·       KKR mendapat respon/simpati  di lingkungan gereja;
-      berapa banyak kehadiran rata-rata sepanjang kegiatan penginjilan itu berlangsung
-      berapa jiwa yang berhasil dituntun ke kolam baptisan
-      satu jiwa bertobat seantero surga bersukaria. Luk. 15:7
·       penginjilan di satu tempat/didesa, tidak selalu langsung membuahkan hasil dengan banyak baptisan pada kali pertama karena mungkin sebelumnya tidak pernah ada benih yang sudah ditabur, dan justeru kegiatan penginjilan menjadi tahap penaburan di mana buahnya baru bisa dituai di kemudian hari. Yoh. 4:37-38
MOTIVASI MENGINJIL
KITA sering berpikir, kegiatan menginjil hanya dilakukan  oleh penginjil profesional, yaitu para pendeta atau rohaniwan. Anggota jemaat paling banter dilibatkan dalam kepanitiaan saja, misalnya sebagai pemandu acara, penerima tamu, penggalang dana, seksi doa, seksi konsumsi, seksi keamanan dan sebagainya.
TAPI yang sebenarnya dan seharusnya semua anggota jemaat harus terlibat, pendeta/gembala  sebagai mentor/pembimbing; yang melatih dan memperlengkapi para anggota jemaat untuk menjadi penginjil awam. Sebagai aktivitas utama mereka telah dikukuhkan sebagai evangelis.
PROGRAM evangelisasi gereja, patut diacungi jempol ialah
·       bahwa kegiatan mereka ini secara finansial tidak membebani organisasi gereja
·       kedatangan seorang evangelis  menjadi berkat nyata bagi jemaat-jemaat setempat karena mereka juga membawa bahan-bahan perlengkapan menginjil yang sehabis dipakai dihibahkan kepada jemaat  menjadi inventaris, selain juga bantuan-bantuan materiil lainnya.
Kegiatan menginjil adalah manifestasi roh kudus, dalam ketaatan kepada perintah Yesus kepada para pengikut-Nya Mrk. 16:15; Mat. 28:19.
Bagi seorang Kristen sejati, beribadah dan menginjil itu adalah bagaikan dua sisi dari satu mata uang. Kedua kegiatan tersebut tak dapat dipisahkan satu sama lain, terintegrasi ke dalam sanubari dan menjadi bagian dari pola hidup sehari-hari. Dengan kata lain, orang Kristen sejati adalah dia yang secara konsisten berbakti kepada Allah dan menginjil bagi Allah.











KESAKSIAN  Pdt. DWIGHT MOODY
Beberapa dekade yang lalu di salah satu jalan besar di kota Chicago, seorang Pendeta berpapasan dengan seorang pemuda, dan bertanya kepada pemuda tersebut: "Apakah anda seorang Kristen?" Dengan ketus pemuda itu balik bertanya: "Apa urusanmu dengan agama saya?" Kemudian pendeta itu menjawab: "Keselamatan saudara adalah tugas utama saya." Tahukah saudara siapa Pendeta itu? Dia adalah Pdt. Dwight Moody. Dia tidak pernah melewatkan satu hari tanpa berbicara mengenai Yesus kepada orang lain.
Kristen artinya pengikut Kristus. Sebab itu, misi pengikut Kristus haruslah sama dengan misi Kristus. Ketika Yesus hidup di dunia ini, misi utama-Nya dinyatakan pada Luk 19:10, "Sebab Anak Manusia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang."
Selama 3,5 tahun Yesus melayani di dunia ini, setiap hari Dia sibuk mencari dan menyelamatkan domba-domba yang hilang. Yesus sudah naik ke surga. Siapakah yang akan meneruskan misi tersebut? Jawabnya ialah: "kita sebagai murid-murid Kristus!" Dalam Yoh 20:21, Yesus berpesan: "Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu."
KESELAMATAN
1.  Suatu kali, seorang ketua Konferens berbicara kepada sekelompok pendeta: "Sekiranya saudara sedang berada di dekat rel kereta api, kemudian saudara melihat seorang yang sedang mabuk tertidur pada kayu yang menjadi bantalan rel KA tersebut, sedangkan KA Express sedang melaju dari depan menuju tempat itu. Apakah yang saudara akan perbuat?"
Salah seorang dari para pendeta itu tunjuk tangan dan menjawab: "Saya akan mengangkat orang itu dengan segera. Saya tidak akan menunggu dia sampai sadar, tetapi menyeret dia bila perlu, asalkan dia selamat."

Lalu Pak Ketua menjawab: "Kira-kira begitulah keadaan banyak orang di dunia saat ini. Mereka sedang mabuk kesenangan dunia dan tertidur pada bantalan rel kereta dosa, sementara kereta penghakiman akan segera tiba."

Penarikan jiwa adalah satu pekerjaan yang tidak dapat ditunda-tunda. Mengapa? Karena pekerjaan ini berhubungan dengan keselamatan jiwa. Jika dalam bisnis dunia, kita mengenal istilah "waktu adalah uang" maka dalam bisnis surga kita harus menerapkan istilah "waktu adalah jiwa dan keselamatan."

2.  Jika saudara melihat seorang buta sedang berjalan menuju jurang yang sangat dalam dan berbahaya, tentu saudara akan bergegas menuntun orang itu untuk berbalik dari jurang kebinasaan tersebut. Demikianlah Allah menempatkan kita di tengah ribuan bahkan jutaan orang penduduk dunia yang buta secara rohani. Mereka tidak sadar bahwa jalan yang mereka tempuh sedang menuju jurang kebinasaan yang kekal. Mereka butuh seseorang untuk mengamarkan bahaya yang sedang mengancam jiwa mereka. Sebab itu tugas utama gereja dan mereka yang mengaku sebagai pengikut Kristus adalah untuk menuntun orang-orang yang sesat kepada Yesus, untuk mengumpulkan mereka dalam keluarga Allah.

3.  Ada dua orang pemuda yang sedang naksir kepada seorang gadis bernama Jelita. Sebut saja kedua pemuda itu si Taktik dan si Kontak. Kedua pemuda ini memiliki cara pendekatan yang sangat berbeda untuk memenangkan hati sang gadis. Si Taktik berpendapat, jika dia berhasil mengambil hati orang tua si gadis itu, maka dia akan berhasil merebut hati putrinya. Sedangkan si Kontak percaya bahwa jalinan cinta harus dipupuk melalui komunikasi yang kontinu.

Satu malam kedua pemuda itu datang ke rumah sang gadis untuk tujuan yang sama, yakni untuk menunjukkan perhatian kepada si Jelita. Sementara si Taktik asyik ngobrol dengan kedua orang tua si gadis di ruang depan, si Kontak asyik ngobrol berduaan dengan sang gadis di ruang belakang dan menyatakan niatnya untuk menikahi gadis itu.

Menurut saudara, siapakah pemuda yang berhasil meminang gadis jelita itu? Si Taktik atau si Kontak? Demikianlah halnya kita dalam usaha memenangkan jiwa untuk Kristus. Taktik memang perlu. Tetapi yang jauh lebih penting adalah kontak langsung dengan jiwa-jiwa.

4.  Dr. Billhorn adalah seorang yang sangat mengagumi Pdt. Moody dalam hal penginjilan. Pada satu pagi, Billhorn menanyakan apa rahasia sukses penginjilannya. Moody menjawab, "Rahasianya sederhana. Saya berjanji kepada Tuhan, bahwa setiap hari saya akan berbicara kepada paling sedikit satu orang tentang Yesus, Juruselamat dunia."

Lalu Billhorn menyela: "Tetapi masalahnya, kesempatan tidak selalu ada!" Kemudian Moody menjawab: "Kesempatan akan datang sendiri, jika anda selalu berhubungan dengan Allah, dan membuka mata lebar-lebar memerhatikan kesempatan itu."



KESAKSIAN FANNY CROSBY
Fanny Crosby, seorang perempuan buta yang dikenal sebagai Ratu Pengarang Lagu Rohani. Dia telah menggubah 8000 syair lagu rohani!
Suatu kali dalam tahun 1869, Crosby sedang mengadakan KKR di kota New York. Pada malam itu, Crosby merasa terdorong untuk membuat panggilan khusus. Lalu dia berkata: "Apakah di antara hadirin, ada seorang anak yang telah ingkar janji terhadap orang tua? Jika ada, silahkan tinggal sebentar setelah kebaktian ini selesai. Saya akan berdoa khusus untuk saudara.
Seorang pemuda berusia 18 tahun mendatangi Crosby setelah kebaktian berakhir dan berkata: "Dulu menjelang mama meninggal, saya berjanji untuk hidup sesuai dengan nasehatnya, sehingga kami dapat bertemu lagi di surga. Tetapi sekarang, saya hidup bergelimang dosa. Saya yakin mama pasti masuk surga sedangkan saya pasti masuk neraka. Kami tidak mungkin bertemu lagi."
Fanny Crosby berbicara kepada pemuda itu tentang Allah yang Maha Kasih, yang anugerah-Nya lebih besar dari dosa manusia. Orang muda itu percaya dan menerima Firman. Kemudian mereka bertelut dan berdoa. Sesudah bangkit dari doa bertelut, anak muda itu berkata dengan wajah yang berbinar-binar: "Nanti saya pasti bertemu dengan mama, sebab tadinya saya sudah sesat, namun sekarang saya selamat."
Melihat mujizat perubahan sikap orang muda itu serta pernyataan yang diucapkannya, Crosby mendapat  inspirasi. Crosby bergegas pulang ke rumah, untuk menulis sesuatu. Setibanya di rumah, Crosby menggubah syair lagu Tolonglah yang Sesat. Kemudian lagu ini menjadi sangat populer dalam setiap kegiatan penginjilan.
KESAKSIAN  KOMANDAN
Pada suatu malam yang pekat disertai hujan deras dan badai, seorang pria yang baru saja mabuk karena minuman keras, masuk ke Gedung tempat KKR sedang berlangsung. Pakaiannya kisut dan kotor, sudah beberapa hari tidak diganti. Wajahnya lusuh, sudah beberapa hari tidak mandi, tidak sisiran, dan tidak cukuran. Pria itu masuk ke gedung, bukan untuk mengikuti KKR melainkan untuk berlabuh dari hujan badai di luar. Dia duduk di salah satu kursi kosong, sambil memandang sekelilingnya, mengamati kumpulan apa gerangan yang sedang dia kunjungi
Di atas mimbar, dia melihat terpampang sebuah spanduk berisi tema KKR: "Kristus Datang Untuk Mencari dan Menyelamatkan yang Hilang." Sementara dia duduk merenungkan tema itu, hadirin menyanyikan lagu pembuka yang syairnya berbunyi sebagai berikut:
        Tolonglah yang sesat dan hampir mati.
Lepaskanlah dari dosa cepat.
Bujuk yang berdosa, angkat yang letih.
Bawalah kepada Juruselamat.
                        Carilah yang sesat dalam keglapan.
Yesus penuh rahmat, mau slamatkan.
Yesus menantikan yang mau bertobat
Dan yang mau tinggalkan kejahatan
Dengar panggilanNya yang penuh rahmat
Dengarlah dan engkau diampunkan
Carilah yang sesat dalam keglapan
Yesus penuh rahmat, mau slamatkan."
Kemudian Pendeta menyampaikan khotbahnya. Dalam khotbah itu, dia bersaksi tentang berbagai mujizat yang terjadi dalam hidupnya. Beberapa kali Tuhan telah melindungi dia dalam masa-masa krisis, yang hampir merengut nyawanya, ketika sebagai seorang prajurit bertugas di medan tempur.
Setelah KKR malam itu berakhir, tamu yang masih berbau minuman keras itu, menjumpai Pendeta di belakang mimbar, dan bertanya: "Di kesatuan mana anda bertugas dulu, dan perang apa yang anda maksudkan."
Lalu Pendeta menjawab pertanyaan itu dengan lengkap. Kemudian, tamu itu bertanya lagi: "ingatkah saudara, nama komandan satuan tersebut?" Dengan sigap pembicara menjawab: "Tentu saya ingat betul. Komandan kami bernama si Anu."
Lalu sang tamu menyahut: "Anda betul! Sayalah orangnya. Dulu saya adalah komandanmu. Tetapi pandanglah saya sekarang. Saya sudah hilang dan binasa, karena kecanduan minuman keras. Saya dipecat dari dinas militer. Istri saya meninggalkan saya dan harta saya sudah habis. Dapatkah anda menyelamatkan komandan anda, sebab saya tidak tahu jalan pulang?
Malam itu, mantan komandan tersebut bertobat dan menjadi seorang yang giat dalam penginjilan. Dia sering bersaksi, bagaimana seorang mantan prajurit telah digunakan Tuhan untuk mencari dan menyelamatkan seorang komandan yang hilang.




KESAKSIAN WILLIAM GLADSTONE
William Gladstone adalah salah seorang Perdana Menteri Inggris yang tersohor. Suatu subuh ketika sedang duduk di ruang belajar menyusun pidato untuk dibacakan pada Sidang kabinet siang harinya, terdengar suara ketukan lembut di pintu. Setelah pintu dibuka, dia melihat seorang bocah cilik, anak dari tetangga sebelah. Anak itu dengan sangat polos berkata: "Abang saya sedang sekarat, bolehkan Bapak datang menunjukkan jalan ke surga kepadanya?"
Gladstone langsung meninggalkan tugas pentingnya untuk satu tugas yang lebih penting. Dia mengikuti anak kecil itu ke rumahnya, dan berdiri di samping tempat tidur, di mana seorang pemuda sedang sekarat dengan wajah yang meringis melawan maut. Gladstone berbicara kepada pemuda itu tentang Yesus dan kasih-Nya yang besar, serta pengorbanannya untuk menyelamatkan semua orang yang percaya kepada-Nya. Orang muda itu percaya kepada Yesus, yang terpancar dari sinar dan raut wajahnya. Tidak lama kemudian orang muda itu menghembuskan nafas yang terakhir, dengan senyum kedamaian menghiasi wajahnya. Lalu Gladstone pulang ke rumahnya dengan hati yang gembira untuk menyelesaikan naskah pidatonya. Kemudian dia menulis di bawah teks pidato yang telah dia persiapkan: "I am the happiest man in London today." Mengapa? Karena dia berhasil membawa satu jiwa yang hilang kepada Tuhan.



SAYA MENYEBUTNYA PAHLAWAN IMAN
Apapun profesi yang seseorang tekuni dan apapun jabatannya, pekerjaan penarikan jiwa adalah pekerjaan yang paling memuaskan. Benarlah apa yang George Truett katakan, "memenangkan jiwa bagi Tuhan adalah prestasi tertinggi yang dapat dicapai oleh manusia."
Tim ’SAR’ surga tidak memandang bulu. Komandan menyelamatkan prajurit. Tetapi prajurit juga dapat menyelamatkan komandannya. Pimpinan menyelamatkan karyawan, dan sebaliknya karyawan menyelamatkan pimpinannya. Bukan hanya Orang tua yang dapat menyelamatkan anak. Tetapi anak juga bisa menyelamatkan orang tua. Tim medis dapat menyelamatkan pasien, tetapi pasien juga dapat menyelamatkan dokternya. Sebagai murid-murid Yesus, saudara dan saya saat ini sudah selamat. Tetapi di sekeliling kita masih banyak orang yang belum selamat.
Saya penulis Ev. Sudiana dan YESUS disertai gereja seDunia telah memproklamirkan MULAI tahun 2011 – SETERUSNYA , ini sebagai tahun penginjilan. Marilah kita menyukseskan tahun penginjilan ini oleh menceritakan Yesus kepada orang-orang yang berada di sekitar kita.

JESUS LOVE YOU



TUGAS SELANJUTNYA
Tugas yang berikut ialah menyembuhkan. Yesus selalu menyembuhkan tubuh dan jiwa orang pada zaman-Nya. Tugas yang sama dipercayakan oleh Yesus kepada Gereja dan kita.
Kita sebagai pengikut Kristus hendaknya berusaha
·       menyembuhkan orang lain dari kebutaan iman
·       menyembuhkan penyakit jasmani
·       dan juga dari penyakit rohani.  
Untuk dapat melaksanakan tugas ini, Kristus telah memberi kita kuasa. Kuasa ini memampukan kita mengatasi problem-problem hidup harian secara lebih baik dari orang yang bukan Kristen.
Mari saudara dan saudari, SAYA MENGAJAK SAUDARA UNTUK  coba menginjil
-      mungkin kita belum pernah melakukan
-      pernah tapi gagal, coba lagi….coba lagi….
-      Selagi masih ada waktu dan kesempatan    

Jesus love you


Kesaksian Di Cina ...
Kesaksian ini mewakili 2 sekte - 7 gereja - dengan jemaat 10 juta. Saya sangat bersyukur atas tugas yang Tuhan berikan kepada saya. 10 tahun lalu, Tuhan bicara kepada saya bahwa saya akan bicara kepada berbagai bangsa. Tapi itu adalah suatu hal yang mustahil. Tapi puji Tuhan hari ini telah menjadi kenyataan. Saya amat bersemangat.
Semua gereja di Cina disebut gereja bawah tanah. Hidup kami seperti tikus di bawah tanah, tapi bagi kami sudah biasa. Kami sekarang di atas tanah, rasanya aneh, seperti mimpi. Tadi pagi ada orang yang berbicara keras, kami kaget kami pikir FBI dari Cina datang untuk menangkap kami. Rombongan kami 6 orang. Ini adalah yang pertama kali sejak tahun 1994. Ini mujizat Tuhan yang luar biasa. Penuaian besar-besaraan akan terjadi. Ini adalah penginjilan yang hidup, tujuan terakhir kita adalah Yerusalem. Penginjilan pertama mulai dari Yerusalem, ke Eropa Timur, USA, sekarang barat dan timur dari Asia. Murid-murid Yesus telah melakukan perjalanan ini. Mari kita bergerak bersama-sama. Ini adalah perjalanan terakhir ke Yerusalem.
Kami melihat Alkitab 20 tahun terakhir. Tahun 1949 -1980 tak ada Alkitab, gereja, hamba Tuhan, penginjil. Dalam kondisi demikian, yang ada cuma politik dan penganiayaan. Selesai Revolusi Kebudayaan ada sisa Alkitab. Waktu kami mulai menulis Alkitab dengan tangan, saat itu Tuhan mencurahkan berkatNya yang luar biasa. Waktu kamu menulis dalam bahasa Cina, 4 kata, yaitu Yerusalem, tulisan ini memancarkan cahaya. Ada perasaan yang mencekam bahwa Yerusalem adalah rumah kami dan kami harus pulang ke rumah kami. Waktu itu kami tidak punya puji-pujian. Juga kami tidak tahu apa Yerusalem itu, tapi hati kami menggebu-gebu, itu hal yang mustahil sebagai manusia.
Setelah 20 tahun, yang mustahil jadi kenyataan .. Kami pikir setelah mati kami akan ke Yerusalem, tapi tahun lalu Tuhan ijinkan kami ke Yerusalem. Saat itu kami pikir betapa jauhnya Yerusalem. Kita harus selangkah dan setujuan. Daerah ini termasuk jendela penginjilan  ke Cina. Inilah saatnya Tuhan sendiri berkarya. Gereja-gereja di Cina harus berpartisipasi dan jutaan orang Kristen rela mengorbankan nyawanya. Ini adalah persiapan jalan bagi Raja Kemuliaan pulang ke Yerusalem. Semua hamba Tuhan lahir di bawah tanah, tidak ada yang sekolah teologi. Sekolah teologi adalah di sel-sel penjara
Waktu lalu ada wartawan Inggris mewawancarai kami, dia bertanya di mana kami bersekolah, kami tidak punya sekolah, sekolah kami di penjara. Ada bahannya? Ada, cambuk. Bagi kami susah melakukan penginjilan. Tapi kami punya hati dan iman yang besar, kami juga punya tenaga manusia. Semua hamba Tuhan rela korbankan nyawanya di tempat diutus. Syarat pertama jadi misionaris : cari tanah kuburan.
Kami memang kurang pengetahuan akan bahasa asing, karena Cina tertutup, sombong, tidak mau belajar bahasa asing. Tetapi kami bersyukur karena Tuhan sangat memperhatikan Cina. Tuhan berkarya luar biasa. Tahun 1949-kini banyak orang mati sebagai martir. Waktu Revolusi kebudayaan, banyak hamba Tuhan masuk penjara, banyak orang takut jadi Kristen, banyak yang terbunuh. Cina tertutup, rakyat diintimidasi. Tuhan berkata Cina adalah milik Tuhan.
Dengan mata kepala saya sendiri saya melihat seorang nenek tua yang disiksa, dihina di depan umum. Nenek disuruh berdiri di atas meja, dipaksa menghujat Yesus. Nenek itu berkata : "Kalian jangan belajar seperti saya. Tuhan Yesus sudah mengampuni saya dan saya adalah muridNya. Dia adalah Tuhanku dan Rajaku. Saya orang berdosa tapi Yesus mengampuni saya." Komunis memaksa dia untuk menghujat Yesus, tapi lewat kesempatan ini dia melakukan penginjilan. Waktu itu Tuhan bangsa Cina adalah manusia. Nenek ini menginjil di depan publik. Pasukan Cina yang terdiri dari anak-anak muda mendorong meja sehingga nenek itu jatuh. Dia masih berkata Tuhan Yesus terima kasih. Saya ada di sana tapi saya sangat takut. Sebab nenek itu sudah tua masih dipukul sampai bengkak, tapi nenek itu masih berkata terima kasih Tuhan.
1 tahun kemudian, saya menerima Tuhan Yesus, waktu revolusi kebudayaan. Waktu itu setiap hari mereka berteriak, hancurkan Yesus. Saya bertanya, apa benar engkau ini Tuhan? Waktu saya beribadah, hamba Tuhan berkata Yesus tidak pernah kalah, karena Dia adalah pencipta. Tahun 1972 ada Geng 4. Waktu itu Presiden Nixon berkunjung ke Cina. Mereka berkata kristenisasi akan masuk museum beberapa tahun lagi. Tahun 1976 Kristen tidak masuk museum, tapi 4 Geng ini yang masuk museum. Mereka tidak pernah bangkit lagi.
Saat itu orang Kristen cuma 840.000 orang. Setelah revolusi sekarang ada 80 juta, Yesus telah menang, setan dikalahkan. 10% lebih penduduk Cina adalah orang Kristen. Tidak ada satu partaipun yang punya pengikut begitu banyak. Bukan hanya pengikut, tapi saksi di mana-mana. Setiap orang Kristen adalah penginjil. Hari ini terima Yesus hari ini juga langsung menginjil. Saya punya 4 teman yang menginjil di kampung baru kemarin terima Yesus, tetapi waktu menyampaikan Firman, urapan Tuhan turun luar biasa, sehingga yang tadinya cuma 2-3 orang makin bertambah banyak, hingga seluruh kampung datang, toko-toko semua ditutup. Ada yang mencukur rambut, belum selesai, mereka keluar mendengarkan Firman Tuhan. Di Cina ada topong monyet, dia menangis karena telah banyak membohongi orang, mengaku berdosa kepada Tuhan. Mereka berempat bergiliran menyampaikan Firman. Yang hadir semua orang kampung sekitar 10.000 orang. Mereka terharu, menangis, Yesus mau mengampuni dosa, mereka semua bertobat, jalanan macet, aktivitas desa terhenti. Semua mobil berhenti, terima pengampunan, tidak ada orang berdagang, lalu datanglah polisi. Sebab waktu itu mereka di depan sungai, polisi mendorong massa masuk dalam sungai. Dari 4 orang itu ada yang dipukul sampai hampir mati, rakyat membawa orang itu ke rumah sakit. Tapi waktu diangkat dia tertawa, dia berkata, "Aku cuma tidur, istirahat, aku melihat malaikat sedang mencatat nama setiap orang yang datang mendengarkan Firman Tuhan. Maka setiap yang datang diampuni dosa-dosanya. Semua yang berkorban dicatat malaikat dengan teliti dan akan mendapat mahkota."
Setiap hari orang datang berbondong-bondong menjadi Kristen. Di kampung ada ibu menginjil, kami tekankan setiap orang harus melakukan penginjilan, itu tugas setiap orang Kristen. Apa pekerjaan hamba Tuhan ? Melatih murid-murid saja.
Ada 3 prinsip :

1. Tiap hari adalah hari ibadah
2. Tiap orang adalah hamba Tuhan
3. Di mana-mana adalah gereja.

Jadi di mana saja, kapan saja, ibadah, orang berkumpul, langsung ibadah. Kalau ada orang kristen, jadi pembicara. Melalui Ibu ini banyak orang diselamatkan. Orang sakit ditumpang tangan sembuh. Dia menginjil hanya mengatakan hal itu karena hanya itu yang dia tahu. Seluruh orang kampung percaya Yesus, dia tidak bisa berhenti sampai 10 hari. Suaminya marah, mau menangkap dan membunuh dia. Waktu dia menangkap istrinya, tangannya jadi kaku, seperti batu, tidak bisa bergerak, ini benar-benar terjadi, suaminya kaget, menangis, tolong doakan saya, kalau saya sembuh saya mau terima Yesus. Istrinya mendoakan, tangannya kembali, disaksikan ribuan orang. Istrinya menyuruh dia bertobat. 10,000 orang lebih percaya Yesus, terjadi kebangunan rohani besar-besaran. Ini cuma salah satu dari banyak cerita.

Rahasia gereja di Cina : Dengar Firman, lakukan , mujizat terjadi. Setiap orang Kristen di Cina adalah tokoh-tokoh, mengalami mujizat-mukjizat. Ada yang kanker, ditumpang tangan saja kanker hilang. Banyak penyakit kanker disembuhkan total. Macam-macam penyakit sembuh, yang buta melihat, hal itu bisa terjadi karena kami tulus dan sederhana. Jadi tanpa dipikir, terima total Firman Tuhan. Saya kunjungi orang sakit, sembuh. Ini suatu gelombang yang terjadi di Cina. Di Cina ada banyak orang Kristen militan yang mau menginjil ke seluruh bumi. Saat ini menang, nantipun akan menang. Tahun 1807 penginjilan masuk ke Cina, kami beriman tahun 2007 seluruh Cina menjadi kristen. Kami serahkan Cina kepada Tuhan. Tahun 2008 ada Olimpiade di Cina, Kami percaya semua fasilitas akan digunakan untuk penginjilan dan seluruh Cina dimenangkan untuk Tuhan. Kami mohon dukungan doa untuk Cina.
Tahun lalu sepulang kamu dari Yerusalem, kami belajar berdoa 24 jam tanpa berhenti, kami langsung lakukan. Di propinsi Henan, Shantung, di utara, selatan, gereja dengan berbagai denominasi berbeda, merespon positif. Saat ini ada 5 juta orang Kristen di Cina yang berdoa 24 jam. Setiap orang kristen setia melakukan tanpa pamrih, pagi-siang-malam menginjil, doa puasa, doa tetap dilakukan walau tengah malam. Bulan Juni tahun ini, 80 juta orang Kristen masuk menara doa. Saya yakin dan percaya semua halangan akan hancur, melanda semua Asia, Asia dimenangkan untuk Tuhan. Kita yakin pintu Cina akan terbuka lebih lebar, Cina akan mengutus misionaris keluar, tujuan kami adalah Timur Tengah, pos terakhir penginjilan. Kami percaya kami akan menyambut raja. 20 tahun lalu kami berkata kami akan melihat kedatangan Tuhan dengan penuh kemuliaan.
Maz 126 : 5-6 Orang-orang yang menabur dengan mencucurkan airmata, akan menuai dengan bersorak sorai.
Hamba-hamba Tuhan di Cina sudah banyak menangis, sudah 50 tahun, saat penuaian beribu-ribu laksa telah tiba, kita akan bersorak sorai masuk Yerusalem.

Pokok doa saat ini : Cina terbuka, kami berdoa untuk negara Timur Tengah, juga negara-negara di Asia. Kami mau sehati masuk Yerusalem, kami berdoa agar Tuhan membuka pintu negara Islam itu. Bangun highway ini. 1 Samuel 17 Goliat menantang tentara Israel. Saat itu Daud adalah gembala kecil, masih muda, tetapi waktu diserang musuh dia keluar, dia tak punya pedang, tak pakai baju zirah, Cuma dengan kerikil dia dapat merobohkan goliat, 5 buah batu kecil saja. Goliat mencemarkan nama Tuhan, dia tidak pikir-pikir lagi, dia lari. Ini saatnya kita maju, kita yakin Goliat akan roboh. 5 batu, melambangkan 5 benua, 5 jawatan gereja, itulah senjata kita untuk hancurkan Goliat, penuaian beribu-ribu laksa. Banyak negara berdoa untuk ini. Penginjilan 2 tahun ini adalah penginjilan transfigurasi. Di Cina ada 50 suku, banyak misionaris. Kita percaya seluruh Cina akan terbuka untuk penginjilan. Kami mengutus misionaris ke suku-suku. Makin banyak misionaris makin besar penuaian, makin banayak menara doa, makin banyak Firman diberitakan mujizat makin nyata. Orang yang dipakai Tuhan di Cina adalah orang-orang yang biasa-biasa. Makin pendek waktunya, mujizat makin besar, apa yang dikatakan Yesus 100% dilakukan. Kalau seluruh orang Kristen punya hati yang sederhana Yesus akan segera kembali.
Saya himbau saudara untuk berdoa untuk Cina, sebab banyak hamba Tuhan yang masih dipenjara, tapi kami yakin semua akan dibebaskan. Dulu siapa berani menyanyi lagu pujian, 4 tahun penjara, kalau datang kebaktian 7 tahun penjara, sekarang hukuman cuma 3 tahun, dulu kekristenan mau dibinasakan, sekarang tidak lagi. Mereka mau merangkul kami, mau menggunakan kekuatan kami untuk bangun Cina. Tahun ini amat menentukan Cina karena akan terjadi perubahan besar-besaran di politik, orang Kristen akan jadi tiang-tiang utama. Tian An Men - pintu Allah turunkan berkatNya. Akan ada 1.3 milyar orang diselamatkan. Seluruh gereja bersatu menara doa 24 jam. Seluruh jiwa di Cina adalah ½ jumlah semua orang muslim di dunia. Lemparkan jalamu, kamu akan dapatkan banyak jiwa-jiwa, doakan pelatihan hamba-hamba Tuhan. Dari utara selatan barat timur, banyak gereja bawah tanah yang melatih, bibit-bibit misionaris yang diutus ke seluruh dunia. Mereka setiap saat bisa ditangkap, disita, tolong doakan.
Kami merasa hari sorak sorai akan segera tiba, Allah segera tiba, Yerusalem akan menyambut Raja, Semua akan diselamatkan, termasuk seluruh Asia. Mari kita sehati maju berperang. Sorak hosanna di Yerusalem segera tiba. Amin !


























MEMPELAJARI FIRMAN TUHAN DGN PROGRAM 4 M
PEKERJAAN ROH KUDUShttp://www.gbipetamburan.com/Images/Spacer.gif, kis 1:8 Tanpa Roh Kudus, Mustahil Menjadikan Semua Bangsa Menjadi Murid Tuhan
M1. Bukalah hati Anda dan terimalah Firman Tuhan yang memberi pemahaman baru bersama dengan Tuhan.
M2. Tujuan utama orang percaya dibaptis dengan Roh Kudus ialah dalam rangka penerimaan kuasa untuk bersaksi bagi Kristus, sehingga semua orang yang terhilang dapat dimenangkan dan diajarkan untuk TAAT kepada Tuhan. Hasil dari semua itu adalah: Allah menjadi Penguasa Tunggal dalam hidup orang percaya. Semua orang dapat berkata-kata dengan fasih lidah dan dengan pengetahuan yang tinggi, namun jika tanpa Roh Kudus semua itu hanya seperti gong yang berbunyi tanpa dapat menyentuh orang yang mendengarnya. Peran Roh Kudus sangat menentukan dalam sejarah PI dunia ini. Karena tanpa Roh Kudus mustahil memenangkan dunia bagi Tuhan.
1.  Berkat apa yang anda pahami
2.  Menurut firman Tuhan hari ini, apa tugas yang Tuhan berikan kepada Anda oleh karena Roh Kudus ada di dalam diri Anda? Luk 4: 18-19  sudahkah Anda melakukannya?
3.  Dalam menginjil, kita harus mengerti Firman Tuhan. Apa kata rasul Paulus jika kita menginjil tanpa mengenal kebenaran Firman? Rm. 10: 1-3
M3. Menangkan jiwa berapapun harganya, beritakan injil, transformasi terjadi
M4.   Ceritakanlah kepada orang-orang di sekitar Anda tentang berkat 4M hari ini.
Roh Kudus Menuntun Kita Terus Bertumbuh, yoh 16: 7-14
M1. Bacalah Firman Tuhan ini dengan hati yang lembut, kiranya hubungan anda dengna Tuhan Yesus akan semakin dalam.
M2. Sungguh luar biasa pekerjaan yang dikerjakan Roh Kudus yang telah diutus oleh Bapa untuk gerejaNya.
1.  Inilah yang akan dikerjakan oleh Roh Kudus ayt 8, Roh Kudus akan menginsafkan dunia akan ........dan...........
2.  tiga hal apa lagi yang akan dikerjakan oleh Roh Kudus untuk kita orang-orang percaya menurut ayat 13-14?
3.  Apakah Anda masih peka akan suara Roh Kudus yang mau berkarya kepada Anda hari-hari ini?
M3. Periksalah diri Anda apakah Anda selama ini pernah merasakan dorongan Roh Kudus yang luar biasa sehingga Anda berani berkata-kata kepada orang lain tentang Injil.
M4. Bagikanlah berkat 4M yang Anda terima hari ini, kepada seseorang di dekat Anda.











Roh Kudus Menuntun Rasul Paulus Menginjil Ke Makedonia Kis 16: 6-10
M1. Bacalah Firman Tuhan di atas dengan hati yang terbuka, kiranya setiap hari Tuhan menuntun Anda supaya menyampaikan Injil kepada setiap orang yang dituntun Tuhan untuk datang kepada Anda.
M2. Setiap usaha penginjilan dan kegiatan misionaris khususnya dalam perjalan pekabaran injil di dalam kita bini adalah hasil pimpinan Roh Kudus. Bimbingan itu dapat berupa nubuatan, penglihatan atau mungkin dorongan dalam hati.
Ada 4 hal yang dapat kita pelajari dari pembacaan Firman Tuhan diatas:
-  Roh Kudus menuntun
-  Prioritas
-  Paulus history maker (berdirinya jemaat di sana)
-  Terjalinnya hubungan yang erat antara jemaat dengan rasul
   Paulus.
1.  Dengan cara bagaimanakah Roh Kudus menuntun Rasul Paulus untuk membawa injil ke Makedonia? Kis 16:9
2.  Bagaimana respon Paulus dalam menanggapi penglihatan yang Tuhan nyatakan? Ayat 10
M3. Pernakah Anda mengalami tuntunan Roh Kudus dengan cara yang sangat spesifik seperti yang dialami oleh Paulus? Evaluasilah diri Anda dan jika belum pernah, rindukan dan alami Roh Kudus.
M4. Bagikanlah berkat yang Anda dapatkan hari ini, kepada orang-orang disekitar Anda.


Roh Kudus Menjadikan Pengharapan Kita Tidak Mengecawakan Rom 5: 1-5
M1. Berdoalah agar Anda mampu memahami kebenaran ini, dan mengalami lawatan Allah.
M2. Tidaklah mudah bagi orang-orang percaya untuk berjala dalam kebenaran. Ada kalanya pergumulan dan kesulitan hidup membuat banyak orang percaya mejadi lemah dan putus asa. Tetapi Roh Kudus yang dicurahkan kepada kita menjamin bahwa Allah tidak akan mengecewakan kita.
1.  Mengapa kita harus bermegah dalam kesengsaraan? ayt 3
2.  Jika kita sudah bermegah dalam ....... akan menimbulkan ............ ayt 3 dan pengharapan tidak ................ karena.......  ayt 4-5
M3. Perbaharuilah komitmen Anda dengan sikap yang benar dan berkata: "Aku akan tetap setia dan percaya kepada Tuhan, walau hari-hari ini aku sedang dalam pergumulan-pergumulan hidup yang berat."
M4. Bagikanlah berkat yang Anda dapatkan hari ini, kepada orang-orang yang dipertemukan Tuhan dengan Anda sepanjang hari ini.






Roh Kudus, Roh Yang Luar Biasa Untuk Anda,  1Yoh 4: 4-5
M1. Bacalah Firman Tuhan di atas dengan hati yang lembut, pastikan Anda dalam keadaan berfokus kepada-Nya
M2 . Kuasa Roh Kudus yang ada dalam diri orang percaya memampukan mereka menaklukan kuasa dunia dan setan-setan. Orang tidak akan mampu mengusir setan jika ia tidak percaya akan otoritas yang Tuhan berikan di dalam diri kita.
1.  Kebenaran apakah yang Anda terima dari Firman Tuhan hari ini? Rm 8: 15-16
2.  Kebenaran apakah yang disingkapkan kepada Anda saat ini?  1Yoh 4: 4-5
3.  Apakah bukti bahwa Anda tetap didalam Kristus? Yoh 8: 31
M3. Bangkitkan kembali iman Anda dan buatlah tindakan-tindakan yang berani untuk melepaskan orang-orang yang terikat dan mengusir setan-setan yang membelenggu dengan nama Tuhan Yesus Kristus.
M4. Ceritakanlah di KOMSEL berkat yang Anda terima ketika Anda mendapat berkat dari 4M hari ini.








Roh Kudus Hanya Dapat Diterima Oleh Orang-orang yang Hatinya Sudah di Sucikan, 2 Kor 5: 15-17
M1. Bacalah Firman Tuhan in, dan berdoalah kiranya Anda merasakan kehadiran Allah di dalam hatimu.
M2. Roh Kudus tidak dapat diterima oleh orang-orang yang belum percaya. Seperti anggur baru tidak dapat diisi dalam kantong yang lama, demikan juga Roh Kudus tidak dapat bekerja dengan orang-orang yang hidupnya belum dibaharui oleh Tuhan
1.  Berkat apa yang Anda terima dalam Firman hari ini?ayt 17
2.  Apakah yang Anda dapat dari renungan firman ini? Gal 5: 25
3.  Menurut Firman Tuhan yang Anda baca hari ini, mengapa Tuhan menjadikan Anda menjadi ciptaan baru? Ef 2: 10
M3. Hanya Roh Kudus yang dapat melahirkan Anda kembali di dalam Tuhan, sehingga Anda mengerti kebenaran. Jika Anda belum dibaptis, ambilah komitmen untuk menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat dan memberi diri Anda untuk dibaptis.
M4. Bagikanlah kebenaran hari ini kepada orang-orang disekeliling Anda minimal 2 orang.






Yesus Mengembusi Anda "Terimalah Roh Kudus, Yoh20: 20
M1. Bukalah hati Anda, dan biarkan Roh Kudus memenuhi hati Anda setiap hari.
M2. Kata "Mengembusi" Yun: "Emphusao" yang merupakan kata kerja yang dipakai dalam septuaginta (terjemahan PL dalam bahasa Yunani) untuk Kejadian 2: 7 dimana Allah mengembuskan nagas hidup ke dalam hidungnya Adam, demikian manusia itu menjadi makhluk yang hidup. Sama juga seperti dalam Yeh 37: 9 pemakainan kata kerja ini oleh Yeh, menunjukkan bahwa Yesus sedang memberikan Roh Kudus supaya mendatangkan hidup dan menjadi ciptaan yang baru.
1.  Berkat apa yang Tuhan berikan kepada Anda saat ini? ayt 22
2.  Janji apa yang Anda terima dari Firman tuhan ini? Kis 1: 4-5
3.  Apakah salah satu tanda seseorang dipenuhi Roh Kudus? Kis 2:4
4.  Menurut pengalaman nabi Yehezkiel, bagaimanakah cara Tuhan bergerak di dalam diri orang mati terbutuh itu, supaya hidup kembali? Yeh 37: 9
M3. Terimlah Roh Kudus dan biarkan diri Anda dituntun olehNya. Karena jika ini Anda alami setiap hari, maka berkat-berkat yang tidak pernah Anda pikirkan akan Anda terima.
M4. Bagikan berkat yang Anda dapat dari 4M hari ini kepada orang di dekat Anda.



Roh kudus bekerja melalui iman mendatangkan kuasa untuk mengalahkan musuh, pengurapan sangat perlu dan merupakan keharusan. Apabila kita, ingin pelayanan kita, diterima Tuhan, kita perlu pengurapan Roh Kudus.

Yes 9:1-3 "Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang , yang besar, mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan sukacita yang besar, mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan. Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat penindas telah Kau patahkan seperti pada hari kekalahan Midian. "

Yes 9 ini berbicara mengenai kelahiran Yesus, yang disebut Kristus. Perkataan Kristus berarti yang diurapi, pengurapan itulah yang sanggup mematahkan kuk. Haleluya!

Kuk dipatahkan! Berarti ada kuasa yang dipatahkan. Dan kuasa yang mematahkan itu datang dari pengurapan Roh Kudus.

Mengapa kurang kuasa? Sebab kurang pengurapan Roh Kudus.
Ada tingkat tingkat pengurapan dan ada tingkat tingkat kuasa, serta ada bermacam macam manifestasi dari pengurapan Roh Kudus.

Apa akibat dan tujuan pengurapan?
Pengurapan membawa orang kepada keselamatan.
Im 14:18 Dan apa yang tinggal dari minyak itu haruslah dibubuhnya pada kepala orang yang akan ditahirkan. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu di hadapan TUHAN.



Di dalam ayat ini pengurapan dinyatakan melalui minyak. Im 14 berbicara mengenai hukum pentahiran orang kusta. Penderita kusta menggambarkan orang berdosa. Penderita kusta menggambarkan orang berdosa yang dosanya di ampuni, disucikan oleh darah Anak Domba Allah.
Pada saat pentahiran, minyak dituangkan diatas kepala penderita kusta itu. Pengurapan minyak itu gambaran dari pencurahan pengurapan, pada saat itu penderita kusta dinyatakan tahir. Pengurapan membawa orang kepada keselamatan.

Sekarang kita akan bicara mengenai dosa, siapa yang tidak berdosa setelah kita percaya? Boleh dikatakan setiap hari jatuh ke dalam dosa, kita tidak mencapai standar Allah.
Namun ada bedanya antara kondisi kita sebelum bertobat dan setelah bertobat dan diselamatkan. Tetapi sebelum seseorang bertobat, Roh kudus menempelak orang berdosa, menyadarkan dia akan dosanya dan membawa orang tetsebut kepada pertobatan. Yoh16:8-13 “Dan kalau Ia datang, la akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila la datang, yaitu Roh Kebenaran, la akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab la tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengarNya itulah yang akan dikatakan-Nya dan la akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.”
Rohkudus inilah yang mencelikkan mata hati manusia.

Peran Roh Kudus pada orang yang sudah percaya
Setelah kita diselamatkan kita membutuhkan Roh Kudus. Pada saat kita menjadi percaya. Roh Kudus memeteraikan kita.
Efs 1:13 - "Di dalam Dia kamu juga - karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu - di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu."
Lalu Roh Kudus menyertai kita, dan kemudian Dia ingin diam di dalam kita
Yoh 14:20 – “Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. “

Kemudian Tuhan mau kita dipenuhi dan dipimpin Roh Kudus
Efs 5:17-18 - "Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh."

Apa tujuan peran Roh Kudus yang meningkat-ningkat dalam kehidupan orang percaya ini? Supaya kita hidup dalam ketaatan dengan bimbingan Roh Kudus.
Yoh 16:26 - "Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa."

Maksud Roh Kudus juga supaya kita tidak hidup di dalam dosa. Roh kudus mau menguasai kita, sehingga kita menguasai dosa dan tidak dikuasai dosa, kita diberi kuasa oleh Roh Kudus
Yak 4:7 – “Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!"

Setelah kita menjadi percaya dan diselamatkan, dosa masih bisa mencobai atau menggoda kita, tetapi Roh Kudus memberi kepada kita kuasa untuk menolak atau melawan dosa, saat iblis menggoda kita bisa berkata "Aku tak mau melakukan itu. Aku tak mau rnelihat itu". Pengalaman kelahiran baru memberi kepada kita kemampuan untuk menyatakan'Tidak" kepada dosa, benih dosa itu sudah tidak ada di dalam kita, sudah diganti dengan benih Kristus.

Kita tidak lagi mau dengan sengaja berbuat dosa. Memang kita tinggal dalam tubuh yang fana, terbuat dari tanah liat, bisa mengalami kerusakan, dan bisa jatuh dalam kelemahan, bisa salah dan khilaf.

Kita dibebaskan dari tubuh fana ini pada saat kematian.
Tubuh yang fana ini tubuh dosa, tetapi setelah di babtis, tubuh dosa hilang kuasanya. Rom 6:6 – “Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa. "

Rom 6:12 - "Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya"

Kita bisa berdosa, tetapi kita tidak harus dikuasai dosa, tetapi sebaliknya kita menguasai dosa. Selama di dalam tubuh ini kita mengerang, ingin bebas, dan kita akan bebas dengan sempurna pada saat kematian.

Rom 12:1; Rom 13:14
Kita butuh pendoa syafaat
Rom 7:21 - "Demikianlah aku dapati hukum ini: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku. "

Rom 8:10 -11 - "Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.Dan jika Roh Dia, yang telah membangkitkan Yesus dari antara orang mati, diam di dalam kamu, maka la, yang telah membangkitkan Kristus Yesus dari antara orang mati, akan menghidupkan juga tubuhmu yang fana itu oleh Roh-Nya, yang diam di dalam kamu. "

Rom 8: 13 - "Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. "

Rom 8 :23 - "Dan bukan hanya mereka saja, tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh, kita juga mengeluh dalam hati kita sambil menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita. "

Dosa menguasai dunia. Dosa tidak menguasai kita. Namun kita butuh pendoa syafaat, Yesus menjadi pendoa syafaat kita - Ibr 5:7. Mengapa kita butuh pendoa syafaat? Supaya menjaga kita dalam kemurnian, supaya kita selalu dibersihkan dan menjadi bersih. Allah kudus sehingga la tidak bisa melihat dosa. Dia kudus, Dia terang. Dimana ada terang kegelapan pergi. Allah tidak bisa melihat dosa, Dia melihat kita, melalui darah AnakNya. Allah mengikatkan perjanjianNya dengan umat pilihanNya dengan darah

Kel 24:8. Darah perjanjian itu disiramkan diatas semua umat: Demikian pula anda dan saya, diatas kita sudah disiramkan darah perjanjian yaitu Darah Anak Domba Allah, Tuhan Yesus Kristus.

Dulu Musa naik bukit, kemudian Allah turun Setelah penyiraman umat dengan darah korban persembahan, kemudian Allah memerintahkan Musa untuk membuat Tabemakel dan Allah berjanji akan berdiam ditengah tengah umatNya. Dulu Musa harus mendaki Gunung Sinai setinggi 9000 kaki untuk bertemu Allah, namun setelah umat disiram dengan darah perjanjian, Allah bersedia turun ke tengah umatNya - Kel 25:8

Kehidupan doa yang penuh kuasa dan berhasil .Agar doa penuh kuasa dan berhasil dibutuhkan 3 hal :
1. Lokasi yang benar
2. Posisi yang benar
3. Kondisi yang benar

Lokasi yang benar
Mat 6:6. Dimana lokasinya? Lokasinya adalah menyendiri dengan Allah, Musa berdoa meninggalkan kemah, masuk ke Tabernakel.

Posisi yang benar
Bil 7:89. Posisi yang benar adalah dalam tempat Maha Kudus, dimana ada tutup pendamaian diatas tabut Allah, semua sudah diperciki dengan darah.

Kondisi yang benar. Maz 51
Kondisi yang benar adalah hati yang hancur
• Hati yang hancur adalah hati yang hancur akan dosa dan     kesalahannya
• Kesadaran demikian rupa sampai minta belas kasihan dari Tuhan. Minta untuk diampuni dan dihapus dosanya.
•Tuhan berkenan kebenaran dalam batin

Ingat kita adalah orang-orang yang diurapi, sebab oleh pengurapan itulah kita diselamatkan. Marilah kita tetap tinggal dalam pengurapan itu sehingga kehidupan baru kita di teguhkan dan bahkan bertumbuh menjadi kuat, terpelihara dalam kekudusan dan kemurnian.






PENGURAPAN ROH KUDUS,  Yoh 16:8b-9
Tuhan mengadakan perjanjian dengan umat-Nya dengan air yang menandakan baptisan, dengan darah yang menandakan pengorbanan Kristus di kayu salib dan dengan minyak yang menandakan pengurapan.
Roh Kudus juga dilambangkan dengan minyak. Dalam Mat 23:5 dituliskan Daud yang setelah mendapat pengurapan langsung disertai oleh Roh Kudus.
Musa adalah seorang penakut yang kemudian mendapat pengurapan melalui pertemuannya dengan Tuhan sebagai  semak yang terbakar. Musa kemudian menjadi mampu dan dimampukan. Yesus sekalipun juga diurapi.
Dalam Kel 30:23-24 dituliskan bahan-bahan untuk membuat minyak urapan. Mur yang biasanya dipakai untuk mayat melambangkan kedagingan kita mati. Kayu manis melambangkan tekat untuk hidup yang berkenan  bagi Tuhan. Tebu yang melambangkan walaupun dalam kesesakan tetap percaya kuasa Tuhan. Kayu teja yang hanya tumbuh di tempat tinggi melambangkan doa.
Selain menyembuhkan minyak urapan juga dapat melenyapkan beban dan kuk Yes 10:27, mendatangkan sukacita Ibr 10:9 dan memeteraikan jaminan 1 Kor 1:21.
Yoh 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam namaKu, diberikan-Nya kepadamu.

Kis.1:8 Penginjil terkenal Amerika bernama Billy Graham berkata,”Apabila orang Kristen tidak memiliki Roh Kudus adalah orang Kristen yang cacat karena bila kita tidak dipenuhi Roh Kudus,kita hanya mengandalkan kekuatan diri sendiri dan bukan kekuatan dari tempat yang Maha Tinggi.”
Bila kita tidak mempunyai Roh Kudus berarti kita tidak mempunyai kuasa -power. Banyak orang Kristen yang hanya bergerak alam jasmani dan jiwa tetapi Tuhan berkehendak kita bergerak dalam alam roh dimana Roh Kudus menguasai seluruh hidup kita – SUPRANATURAL ALLAH.
Apabila Roh Kudus ada di dalam hidup kita maka kita akan menerima “KUASA”,yaitu :
1.Kuasa dalam pujian Ef.5:18-19
Ciri-ciri orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus adalah selalu penuh dengan pujian dalam dirinya.Orang yang dipenuhi hadirat Allah maka pujian,penyembahan dan ucapan syukur selalu ada tiap waktu dalam hidup.
Pujian ini meliputi :Mazmur, kidung pujian, nyanyian rohani,  lagu yang di ilhami oleh Roh Kudus, untuk mengekspresikan kecintaan kita kepada Tuhan-persekutuan.
Nyanyian yang lahir dari roh kita sehingga dalam I Kor.14:15 dikatakan ada waktu kita menyanyi dengan akal budi tetapi kita juga menyanyi dalam alam roh , Paulus berkata “hal ini berguna untuk menguatkan iman kita”.
Contoh dalam Alkitab,pada waktu Saul diganggu roh jahat maka Daud mengambil kecapi dan terjadi pengurapan diatas Daud dan akhirnya roh jahat itu pergi.
Bila kita bernyanyi dalam kuasa Roh Kudus turun , maka ada lawatan Allah akan terjadi.
2.Kuasa dalam doa Rom 8:26-27
Ketika Roh Kudus mengurapi kita,ada kuasa didalam doa. Dan iblis tahu ada kuasa didalam doa sehingga dia berusaha membuat kita tidak bisa berdoa dan tidak menggunakan senjata kita -doa. Dalam Rom 8:28,Roh Kudus tahu kita lemah dalam doa tetapi Roh Kudus membantu kita. Pada waktu kita mengandalkan Roh Kudus,disitulah aliran Allah mengalir dalam hidup kita: Dia memberi bahasa-bahasa baru yaitu bahasa Roh.
Ketika kita berdoa dalam bahasa Roh
Ø kita berdoa sesuai dengan kehendak Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan dan bahasa ini tidak kita mengerti/tidak kita pahami. Ketika kita melakukannya ada kekuatan Allah yang mengalir.
Ø I Kor.14 menjelaskan bahwa orang yang berkata-kata dalam bahasa Roh,orang tersebut sedang berbicara kepada Allah karena tidak ada manusia yang mengerti bahkan iblis pun tidak tahu artinya.
Ø Bahasa Roh penting untuk membangun roh kita seperti dalam Yud.1:20. Sembah Dia,hormati Dia dan berkata-kata dalam bahasa Roh. Ada kuasa didalam doa dan mujizat karena ada pengurapan Roh Kudus,kelemahan kita diatasi oleh Roh Kudus.
3.Kuasa dalam pelayanan Mark.16:15-18
“Tanda-tanda ini menyertai orang percaya”.Syarat pertama untuk menerima kuasa dalam pelayanan adalah percaya kepada Tuhan Yesus. Bila kita melayani Tuhan maka tanda-tanda ini akan menyertai kita sebagai orang percaya. Intinya adalah kita melayani.
1 Kor.12:8-10 menjelaskan mengenai 9 karunia Roh yang akan melengkapi kita dalam pelayanan dan karunia ini dibagi menjadi 3 kategori:
·       a. Karunia pengertian meliput hikmat,pengetahuan, membedakan roh
·       b.Karunia perkataan meliputi nubuat,bahasa roh,mentafsirkan bahasa roh
·       c.Karunia kuasa meliputi iman,menyembuhkan orang sakit,mujizat
1yoh 1:4 Roh Kudus dicurahkan kepada orang percaya yang mau melayani.Roh yang ada didalam kita lebih besar daripada roh yang ada didalam dunia ini .Ijinkan Tuhan bekerja melalui diri kita. Dunia tidak bisa dimenangkan hanya melalui khotbah tetapi dunia harus melihat kuasa mujizat yang dilakukan Allah – mendemostrasikan kuasa-Nya.
Mengalami pengurapan roh kudus
1.  CARA mengenal Allah harus berkomunikasi dengan-Nya, hos 4:6a Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah.
2.  Mendengar suara-Nya , yoh 10: 1- 9  "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya siapa yang masuk ke dalam kandang domba dengan tidak melalui pintu, tetapi dengan memanjat tembok, ia adalah seorang pencuri dan seorang perampok; tetapi siapa yang masuk melalui pintu, ia adalah gembala domba. Untuk dia penjaga membuka pintu dan domba-domba mendengarkan suaranya dan ia memanggil domba-dombanya masing-masing menurut namanya dan menuntunnya ke luar.
3.  Lahir baru , Yoh 1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
4.  Harus jadi anak, gal 4:6 Dan karena kamu adalah anak, maka Allah telah menyuruh Roh Anak-Nya ke dalam hati kita, yang berseru: "ya Abba, ya Bapa!"
Keuntungan jadi anak :
a.  Yoh 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
b.  I Kor 2:10-11 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.  


MANIFESTASI ROH KUDUS ; Orang yang diurapi oleh Roh Kudus pasti akan menginjili dengan penuh kuasa.
1.  Ada api yang menyala dalam hatinya – semangat melayani
2.  perubahan yang bersifat memperbaharui pribadi, sehingga dipakai Tuhan secara efektif
3.  intim dengan Allah 
4.  diurapi Tuhan – ketaatan, kekudusan, …..
5.  Buah2 roh kudus
6.  Karunia2 roh
7.  Mendatangkan kuasa Tuhan: membangun, memulihkan


JESUS LOVE YOU