Minggu, 02 Oktober 2011

MATIUS PASAL 12


Kitab MATIUS PASAL 12
Ayt 1-8 murid2 memetik gandum pada hari sabat; Yesus berjalan di ladang gandum. Karena lapar, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya.
Melihat itu, orang Farisi komentar "Lihatlah, murid-murid-Mu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat."

Tetapi jawab Yesus : "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar, bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan bagaimana mereka makan roti sajian yang tidak boleh dimakan, baik olehnya maupun oleh mereka yang mengikutinya, kecuali oleh imam-imam? 1sam 21:1-6

Atau tidakkah kamu baca dalam kitab Taurat, bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam Bait Allah, namun tidak bersalah?  Bil 28:9-10

PERNYATAAN YESUS TENTANG DIRINYA ;  Di sini ada yang melebihi Bait Allah, Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.
TUHAN YESUS YANG MENCIPTAKAN HARI SABAT.

Ayt 9-15a Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat ;
ada seorang yang mati sebelah tangannya/STRUK . Mereka bertanya "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?" Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Dia.
Yesus berkata "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya?
Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat."
"Ulurkanlah tanganmu!" Dan ia mengulurkannya, maka pulihlah tangannya itu, dan menjadi sehat seperti tangannya yang lain.
Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia.
Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana.


Ayt 15b-21 YESUS HAMBA TUHAN ; Banyak orang mengikuti Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya.
genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya:
"Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa.

Ia tidak akan berbantah dan tidak akan berteriak dan orang tidak akan mendengar suara-Nya di jalan-jalan.

Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskan-Nya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkan-Nya, sampai Ia menjadikan hukum itu menang.
Dan pada-Nyalah bangsa-bangsa akan berharap.TUHAN YESUSLAH PENGHARAPANKU.

Ayt 22-37 YESUS dan BEELZEBUL ; dibawalah kepada Yesus seorang yang kerasukan setan. Orang itu buta dan bisu, lalu Yesus menyembuhkannya, sehingga si bisu itu berkata-kata dan melihat.
Maka takjublah sekalian orang banyak itu, katanya: "Ia ini agaknya Anak Daud."
Tetapi ketika orang Farisi mendengarnya, mereka berkata: "Dengan Beelzebul, penghulu setan, Ia mengusir setan."
Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata kepada mereka: "Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa dan setiap kota atau rumah tangga yang terpecah-pecah tidak dapat bertahan.
ARTINYA Kalau Iblis mengusir Iblis, iapun terbagi-bagi dan melawan dirinya sendiri; bagaimanakah kerajaannya dapat bertahan?

PERNYATAAN TUHAN YESUS ; Aku mengusir setan dengan kuasa Roh Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.

TUHAN YESUS MEMBERI PERUMPAMAAN :  bagaimanakah orang dapat memasuki rumah seorang yang kuat dan merampas harta bendanya apabila tidak diikatnya dahulu orang kuat itu? Sesudah diikatnya barulah dapat ia merampok rumah itu.

Kepada orang yg tidak mempercayai Tuhan Yesus dapat diampunin, tetapi Segala dosa dan hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni;  di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.

PERUMPAMAAN LAGI ; suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal.

ORANG JAHAT AKAN MENGELUARKAN PERBENDAHARAAN KATA2 YANG JAHAT. Karena yang diucapkan mulut meluap dari hati. Dan sebaliknya.


RAHASIA BESAR ; Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."

Ayt 38-42  TANDA YUNUS ; Ahli Taurat dan orang Farisi  "Guru, kami ingin melihat suatu tanda dari pada-Mu."
jawab-Nya "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus; tinggal di dalam perut ikan 3 hari 3 malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi 3 hari 3 malam.
sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, ratu dari Selatan/Syeba mendengar hikmat Salomo,  TUHAN YESUS MENYATAKAN DIRINYA; harusnya BERTOBAT KETEMU TUHAN YESUS.



Ayt 43-45 KEMBALINYA ROH JAHAT; Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya,  Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapih teratur. Lalu ia keluar dan mengajak 7 roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini."
RAHASIA BESAR ; ORANG YG NGAK PERCAYA dan menolak TUHAN YESUS ITU ; JAHAT!!!!

Ayt 46-50 YESUS DGN SAUDARA2-NYA ;
ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. “Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau."
tetapi jawab Yesus ; Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."