Jumat, 07 Oktober 2011

PENGINJILAN P PENGINJILAN


Penginjilan, KITA orang Kristen seharusnya secara pribadi bertanggung-jawab untuk menyampaikan injil atau kabar baik itu
·       mat 9:37 Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit.
·       Mat 9:38 Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."
Penginjilan adalah  pekerjaan yang dimandatkan Tuhan Yesus kepada kita.
·       mat 28: 19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
·       mat 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."

Menyampaikan injil Yesus Kristus menjadi tujuan hidup kita.     jadi ke mana saja kita pergi,  kita  berbicara tentang Kristus kepada semua orang yang mau mendengar, sambil melayani mereka dan mengajarkan mereka semua yang sudah kita pelajari.
·       Joh 4:34 Kata Yesus kepada mereka: "Makanan-Ku ialah melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku dan menyelesaikan pekerjaan-Nya.
Kita harus dan mampu/bisa  mempersembahkan setiap jiwa kepada Allah, inilah persembahan yang sempurna dihadapan Tuhan.   Caranya kita harus kerja sama, menjadi kawan sekerja Allah .
·         1 kor 3:9 Karena kami adalah kawan sekerja Allah; kamu adalah ladang Allah, bangunan Allah.
Dan kita melakukan  pekerjaan ini , bukan dengan kekuatan manusiawi  kita , melainkan kekuatan - ajaib dari Kristus yang bekerja di dalam kita.
Ini adalah TUGAS TANGGUNG JAWAB kita :
·       kol 1:25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
·       kol 1:26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
·       Kol 1:27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!

KALAU kita baca ayt 25  berarti kita harus punya pendeta /gembala/pemimpin yang punya HATI BAPA yang perumpamaan anak terhilang, yang mempersiapkan/membekali pengetahuan firman Tuhan kepada setiap jemaat untuk menginjil/memberi harapan kepada setiap jiwa yang terhilang, juga yang belum percaya.
·       kol 3:2 Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
·       Fil 1:27 Hanya, hendaklah hidupmu berpadanan dengan Injil Kristus, supaya, apabila aku datang aku melihat, dan apabila aku tidak datang aku mendengar, bahwa kamu teguh berdiri dalam satu roh, dan sehati sejiwa berjuang untuk iman yang timbul dari Berita Injil,
·       fil 2:2 karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, MENGINJIL

Kabar baik harus diberitakan ke mana-mana sebelum Yesus datang, dimana kamu berada/tinggal/didesa/dikota/disekolah/ dikantor  : kamu punya tugas menginjil kedalam keluargamu, dan disekitar kamu ada banyak orang yang terhilang dan belum peraya Tuhan Yesus, jika kamu dekat dengan Tuhan Yesus, persekutuan kamu intim, kamu pasti peka dengar  suara Tuhan, dan suatu saat : Dia akan memakai kamu dahsyat keluar seperti penginjil  besar dunia lainnya. ( Reinhart Bonke ).  Rahasia besar Tuhan Yesus memberi kuasa yang sama kepada kita.

·       MAT 24:14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.

UNTUK memberitakan firman, anda tidak perlu menjadi seorang terdidik yang canggih sehingga boleh memberitakan Yesus, tetapi MILIKI KARAKTER KRISTUS , Kamu dikenal
·       Luk 6:44  Sebab setiap pohon dikenal pada buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara dan dari duri-duri tidak memetik buah anggur.
·       flp 1:11 penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.
·       gal 2:14 Tetapi waktu kulihat, bahwa kelakuan mereka itu tidak sesuai dengan kebenaran Injil,  ....KELAKUKAAN YG BENAR
Contoh :
tadinya saya juga berpikir : saya ini cuma ibu rumah tangga yang sederhana, bhs inggris setengah2, sekolah teologi juga setengah2,  cuma lulusan diploma, ada sih pintarnya saya bikin kue; nah saya jualan kue sambil menginjil, ya puji Tuhan sudah banyak jiwa yang saya bawa kepada Tuhan.
Yang menjadikan saya bisa KARENA TUHAN YESUS YANG KITA SEMBAH HEBAT, jadi Dia jadikan aku seperti Dia, dengan kesederhanaan aku.


INI juga pernyataan RASUL PAULUS
·       1 kor 2:1 Demikianlah pula, ketika aku datang kepadamu, saudara-saudara, aku tidak datang dengan kata-kata yang indah atau dengan hikmat untuk menyampaikan kesaksian Allah kepada kamu.
·       1kor 2:2  Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan.
·       1 kor 2:3 Aku juga telah datang kepadamu dalam kelemahan dan dengan sangat takut dan gentar.
·       1 kor 2:4 Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh,
·       1 kor 2:5 supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah.

Kita dipanggil untuk menjadi wakil-wakil Yesus.
·       2 kor 5:20 Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah.
·       Mar 16:15 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.
·       Yoh 13:35  sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu

Penginjilan itu lebih daripada  sekedar berkhotbah dan bersaksi.
·       Yes 61:1 Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara,

PENGINJILAN MENGALAMI STAGNAN

Pada tahun 1990-2003 Indonesia masih ada KKR , terakhir BENNY HIN diancol-Jakarta. Penginjilan yang saya lakukan masih berdampak positif banyak jiwa yang diselamatkan.
Melihat kenyataan akhir-akhir ini, menunjukkan bahwa penginjilan Kristen tampak mengalami stagnan. Hal itu bila dilihat dari statistik penganut Kristen yang ada di dunia ini, termasuk di Indonesia. Angka-angka menunjukkan populasi Kristen justru terus merosot.
Dalam menghadapi kenyataan merosotnya penginjilan Kristen ini, memerlukan metode atau pendekatan penginjlan yang baru, sebagaimana pernah dicetuskan oleh Dr John Edmond Haggai sejak tahun 1969.
Penginjilan itu harus dimulai dari dalam, harus dimulai dari para pemimpin. “Karena seorang pemimpin tentu mempunyai pengaruh yang besar bagi jemaatnya.
Dalam sejarah gereja, abad ke-19 dapat dikatakan sebagai panen raya penginjilan. Hal itu terlihat dari angka-angka hasil penginjilan pada abad tersebut. Namun memasuki abad 20 dan 21, penginjilan makin merosot. Padahal secara persentasi, masih banyak populasi manusia di dunia ini yang masih menolak dan belum mengenal Injil.
Hasil survey  saat ini tercatat :
·       Pengikut Kristus di dunia sebanyak 33 %.
·       yang menolak Injil 40 %
·       yang belum pernah mendengar Injil 27 %
Dan dari data yang terakses, dari tahun ke tahun populasi Kristen secara persentase makin berkurang. “Padahal kalau mau dibandingkan dengan agama lain, angka-angkanya terus bertambah.”
Di Indonesia sendiri, yang bertambah hanya jumlah golongan gereja. Sedang penganut Kristen baru sangat kecil.
“Kalau ada gereja-gereja tertentu yang merasa bertambah banyak umatnya, itu pasti karena pindah gereja dan bukan tuaian baru,” jelasnya, seraya menambahkan yang terjadi memang bukan mencari domba, tapi mencuri domba. (Komentar)

Beberapa langkah yang dapat kita lakukan dalam penginjilan:
1. Membangun Hubungan
Teman seprofesi, teman dalam kegiatan sosial, teman olahraga, atau mitra kerja kita adalah orang-orang yang Tuhan tempatkan disekitar kita untuk diInjili. Binalah hubungan, mungkin sekali-kali kita minum kopi, makan bersama sehingga ada keakraban, lalu ceritakanlah apa yang dialami dalam kehidupan kita bersama Tuhan Yesus; Saksikan betapa Tuhan Yesus nyata dengan janjiNya, kesetiaanNya dalam segala aspek kehidupan kita; lalu beritakan kebenaran kabar baik dari Surga, berbicaralah tentang akar masalah penderitaan manusia dan sebagainya.
·        mat 4:24 Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka
2. Bersaksi Tentang kuasaNya
saksikan dari kehidupan pribadi lebih dahulu, bagaimana Tuhan menolong saudara, memberkati saudara, menyembuhkan saudara,…….
Doa orang benar itu berkuasa, dapat merubah suatu keadaan sebab Yesus hidup, Yesus telah bangkit dari antara orang mati. Dia bisa memulihkan, menyembuhkan, membebaskan dan memberkati kita yang percaya kepadaNya.
·       Mat 4:23-25 Yesuspun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu.
 
    Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan yang lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka.
 
    Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem dan dari Yudea dan dari seberang Yordan.
·       Mat 8:14-17 Setibanya di rumah Petrus, Yesuspun melihat ibu mertua Petrus terbaring karena sakit demam. Maka dipegang-Nya tangan perempuan itu, lalu lenyaplah demamnya. Iapun bangunlah dan melayani Dia. Menjelang malam dibawalah kepada Yesus banyak orang yang kerasukan setan dan dengan sepatah kata Yesus mengusir roh-roh itu dan menyembuhkan orang-orang yang menderita sakit. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: "Dialah yang memikul kelemahan kita dan menanggung penyakit kita."
·       Mat 10:5-8  Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.
Ketahuilah bahwa suka mendoakan orang dengan sikap penuh belas kasihan adalah bagian dari gaya hidup Tuhan Yesus.
3. Gaya Hidup yang Menjadi Teladan
Dalam pengaturan rumah tangga, mendidik anak-anak dan profesi pekerjaan kita, usahakan agar tidak salah dalam perkataan dan perbuatan. Ucapan janji yang selalu digenapi, kejujuran dan kesetiaan. Target kita 'hendaklah menjadi serupa dengan Kristus'
·       Flp 3:17 Saudara-saudara, ikutilah teladanku dan perhatikanlah mereka, yang hidup sama seperti kami yang menjadi teladanmu.
·       1 Yoh 2:6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.
Jika hari ini kita memiliki suatu kehebatan keterampilan, pengetahuan/pendidikan dan jabatan; manfaatkan itu menjadi berkat bagi orang lain dan kekayaan kita dipakai untuk memberkati sesama dan pekerjaan Tuhan.
4. Doa Pujian dan Penyembahan
Kita suka berdoa memuji dan menyembah Tuhan setiap hari di manapun kita berada, karena kita selalu ada di dalam hadiratNya, memasyurkan namaNya di sepanjang hidup kita.
·       maz 103:1-5 Dari Daud. Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!
·       Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya!
·       Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang menyembuhkan segala penyakitmu,
·       Dia yang menebus hidupmu dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat,
·       Dia yang memuaskan hasratmu dengan kebaikan, sehingga masa mudamu menjadi baru seperti pada burung rajawali.

5. Menjadi Saluran Berkat
Berikan perhatian dan kepedulian kepada orang yang miskin dalam segala hal, bantulah dalam doa dan beri apa yang menjadi kebutuhan mereka.
Barangsiapa memberi kepada orang yang miskin maka ia identik dengan memiutangi Tuhan.
·       Ams 19:17 Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.
·       Flp 4:5 Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang. Tuhan sudah dekat!
Mereka yang memerlukan pertolongan; kepada siapa mereka harus minta pertolongan kalau bukan kepada kita yang menjadi sesama manusia.
Gereja Tuhan mempunyai keyakinan iman bahwa bangsa kita akan mengalami pemulihan dan kelimpahan dalam segala hal, banyak orang yang akan berseru-seru memanggil nama Tuhan akan diselamatkan.
·         yoel 2:32 Dan barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan TUHAN; dan setiap orang yang dipanggil TUHAN akan termasuk orang-orang yang terlepas."
Penuaian yang besar sedang akan terjadi, dan harus dimulai dari setiap kita umat Tuhan yang mulai hari ini melangkah untuk menginjil, menjadi saksi Yesus. Apabila semua orang percaya melakukan kehendak Tuhan ini maka akan terjadi sebuah movement = kegerakan rohani/KKR, berita kesaksian tentang Yesus terdengar di mana-mana, banyak orang akhirnya bertobat dan percaya akan Tuhan Yesus.
·       mat 28: 20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
·       Ibr 13:5b ….Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."
Selamat menginjil dan Tuhan YESUS menyertai Anda.



Menginjili -Anak Muda- Susah tuh…

Anak-anak muda kebanyakan nggak menolak “isi” dari Injil itu,  yang sebenarnya mereka butuhkan seperti;
·       Pengampunan
·       Pemulihan
·       Kepastian hidup
·       Keselamatan
·       bebas dari rasa bersalah
·       kebutuhan akan Tuhan,
·       dsb…………….
Kebanyakan anak muda menolak “metode” atau “cara” dan “kemasan” dari penginjilan itu. Coba tanya pada diri sendiri, apa yang ada dalam pikiranmu ketika mendengar kata “Penginjilan”. 
Setelah itu, coba tanyakan pada anak-anak muda di luar sana, apa yang ada di pikiran mereka tentang penginjilan. Kebanyakan mereka pasti menjawab “KKR yang membosankan”, “diajak masuk ke suatu gereja, lalu disuruh baptis di sana”, “dikhotbahin berjam-jam dan ditakut-takutin tentang neraka”. Kalo gak percaya, silakan coba!
Satu hal yang perlu kita lakukan hanyalah hal se-simple ini: gunakan hal yang paling disukai dan dibutuhkan anak-anak muda itu! Gunakan persahabatan mereka, gunakan tempat “nongkrong” mereka, gunakan bacaan favorit mereka, gunakan cara yang baik untuk sampaikan kabar baik. Injil itu sifatnya kabar baik, dan harus disampaikan dengan cara yang baik, tidak boleh dengan cara yang menakutkan atau membosankan.

Masalahnya begitu banyak penginjil yang nggak kreatif. Kalopun ada anak muda yang kreatif, mereka nggak tahu caranya menginjil, atau isi dari Injil itu. Jadi kondisinya begitu terbalik antara apa yang dibutuhkan, dan apa yang menjadi jawaban. Sampai kapanpun metode penginjilan ini akan kurang efektif.
Dalam Friendship Evangelism Camp, menggunakan  metode yang “simple but powerful” atau “sederhana namun berdampak besar”, sesederhana persahabatan, dan sekuat persahabatan juga dampaknya.
Setiap kita anak-anak Tuhan bisa terlibat dalam penginjilan, dan setiap kita harus terlibat dalam penginjilan. Gunakanlah cara yang paling simple menurutmu untuk lakukan penginjilan, Tuhan yang akan beri kekuatan untuk menyatakan InjilNya secara dahsyat dalam kehidupan sahabat-sahabat yang kita Injili.

ALASAN KITA HARUS MENGINJIL :
·       2tim  2:9 Karena pemberitaan Injil inilah aku menderita, malah dibelenggu seperti seorang penjahat, tetapi firman Allah tidak terbelenggu.
·       2tim 2:10 Karena itu aku sabar menanggung semuanya itu bagi orang-orang pilihan Allah, supaya mereka juga mendapat keselamatan dalam Kristus Yesus dengan kemuliaan yang kekal.
 Dalam ayat di atas, Paulus menghubungkan antara pelayanannya sebagai pengabar Injil  sekaligus penderitaan, ia harus alami, karena satu alasan yang jelas, bahwa Allah telah memilih orang pilihanNYa untuk mendapatkan keselamatan dalam Kristus Yesus.
Paulus bersabar di dalam segala penderitaannya, karena adanya kepastian maka:
·       ia mempunyai keberanian untuk menyatakan bahwa Injil adalah KEKUATAN ALLAH
·       Misi menyelamatkan manusia, menempati tempat utama dalam penginjilan,  karena itu kita menginjili yoh 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
·       Injil akan menjadi seperti memberikan kesempatan ke-2 kepada manusia,  karena yang pertama manusia telah gagall jatuh dalam dosa  rom 3:10 seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak.
IMAN DAN PERBUATAN
Keselamatan menurut Alkitab HANYA bisa melalui Iman yang mempercayai  Allah yang menyatakan diriNya. Karena manusia telah BERBUAT dosa,  kecenderungan hati manusia selalu berbuat hal yang jahat.   Namun standar keselamatan bagi manusia adalah Iman dan Perbuatan.
·       Efs 2:8 -10 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.
·       Rom 2:6-8 Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan, tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman.
·       Baca keseluruhan kitab Roma pasal 2-3
·       rom3:25-28 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya. Maksud-Nya ialah untuk menunjukkan keadilan-Nya pada masa ini, supaya nyata, bahwa Ia benar dan juga membenarkan orang yang percaya kepada Yesus.Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman, dan bukan karena ia melakukan hukum Taurat.
·       Roma pasal 1:1-17 menjelaskan bahwa secara garis besar pilihan atas orang percaya dalam iman kepada Injil. Roma 1 dibuka dengan penjelasan singkat mengenai orang percaya adalah karena panggilan menjadi MILIK Kristus. Injil telah dijanjikan dan dinyatakan dalam diri Yesus. Karena itulah Paulus mempunyai kerinduan untuk memberitakan Injil.
·       yes 43:10-12 "Kamu inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada lagi.  Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku. Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, dan bukannya allah asing yang ada di antaramu. Kamulah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan Akulah Allah.

Mal 1:11 Sebab dari terbitnya sampai kepada terbenamnya matahari nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, dan di setiap tempat dibakar dan dipersembahkan korban bagi nama-Ku dan juga korban sajian yang tahir; sebab nama-Ku besar di antara bangsa-bangsa, firman TUHAN semesta alam.

INJIL ADALAH KEBENARAN , BUKAN SEKEDAR AGAMA
1.  Penginjilan Kristen BUKAN mengabarkan kekristenan sebagai agama yang paling benar.
2.  Penginjilan BUKAN bertujuan mengKRISTENkan seseorang.
3.  Penginjilan Kristen adalah menyatakan bahwa kita semua TELAH JATUH DALAM DOSA, hanya Allah yang benar.
4.  Kita membutuhkan  anugerah Allah.
5.  Agama BUKAN syarat keselamatan.
6.  Orang percaya DIKENAL dan DISEBUT Kristen karena mereka adalah pengikut Kristus  Kis 11:26.
7.  Agama Kristen bertujuan memuridkan orang percaya sesuai amanat agung Tuhan Yesus.
8.  Agama Kristen bukan bertujuan menghakimi agama lain dan orang yang belum percaya.
9.  Agama Kristen adalah Wadah Kesaksian orang percaya, bukan Wadah Pengadilan untuk memisahkan orang percaya sejati maupun tidak sejati.
LUK 14:25-33 Pada suatu kali banyak orang berduyun-duyun mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya. Sambil berpaling Ia berkata kepada mereka:
"Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.
Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.
Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu?
Supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan-jangan semua orang yang melihatnya, mengejek dia,
sambil berkata: Orang itu mulai mendirikan, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya.
Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang?
Jikalau tidak, ia akan mengirim utusan selama musuh itu masih jauh untuk menanyakan syarat-syarat perdamaian.
Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku.

Marilah kita terus menerus mengobarkan kesaksian kita bagi setiap bangsa. Amin.

DALAM  KEHIDUPAN DUNIA SAAT INI alangkah banyaknya anak-anak muda, pekerja, pelajar yang membuang-buang waktu mereka begitu saja. Kesibukan kerja atau kuliah....ternyata bagaikan umpan yang akan menjerat banyak anak2 muda semakin jauh dari Tuhan. Komentar anak2 muda “ ibadah ndan dekat pada Tuhan itu tidaklah penting”, di antara mereka ada yang sudah 3 bulan hingga bertahun-tahun tak ke gereja. Yang parahnya akibat pengaruh lingkungan kemajuan kota dan minimnya pengetahuan akan firman Tuhan banyak yang terjungkal dan terbawa kepada kepercayaan diluar kristen, mereka tinggalkan Tuhan Yesus yang telah menyelamatkan hidupnya.

Beberapa masalah penyebab mereka kurang gigih mencari Tuhan adalah :
·       Dasar imannya kurang kuat /pada saat kanak2 di sekolah minggu
·       tidak aktif di gereja
·       Tak ada yang mengajak mereka ke gereja
·       sebab tak tahu dimana ada gereja.
·       Pemikiran yang keliru
·       Kurangnya penginjilan dari lembaga pelayan yang ada di desa- dikota
Ancamanya terhadap putra-putri Kristen/generasi muda ; moral yang bobrok  ; 2 tim3 Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama.
Karena Tuhan Yesus kita baik, miliki beban menginjil- memberitakan Kabar Baik kepada rekan-rekan atau orang-orang yang kita jumpai saat kita melakukan aktifitas.


MELIHAT KESEMPATAN
Sebagai orang-orang yang aktif di luar rumah, mereka akan berjumpa dengan banyak orang dari berbabagai macam tingkat sosial, budaya, agama, karakter dan suku bangsa. Dan umumnya mereka sangat cepat bergaul, senang bercakap-cakap dan pandai melihat situasi dan peluang.
KESAKSIAN PEKABARAN INJIL DI CINA
Karena itu mereka menjadi ujung tombak kemajuan gereja dan pelipatgandaan jemaat Tuhan seperti gerakan pekabaran Injil jemaat mula-mula atau gerakan Pekabaran Injil di dataran China.
Tidak heran bila mereka merasakan kasih sayang Tuhan maka tak ada alasan malas, capek, takut dan rugi. Mereka senang bersaksi, berdoa, membagikan literature rohani: traktat, brosur, undangan, buku rohani, majalah rohani, Alkitab, kaset, vcd rohani dan berbagai perlengkapan rohani yang selalu ada di saku atau tas mereka.

LUASNYA AREA  ladang misi kita yang terbentang luas di kepulauan Nusantara. Artinya negeri yang kita tempati amatlah luas, bagaimana mungkin kita bisa menjangkau semua ini bila tak memulai dari hal yang terdekat
-      Lihatlah Yesus begitu sistematis memakai orang orang yang menjadi murid-Nya dimana dikemudian hari jadi team penginjilan-Nya. Petrus dan kawan-kawan para nelayan   menjadi penjala jiwa
-      sedangkan Paulus yang pandai niaga dan tata Negara secara internasional ia mampu layani banyak bangsa-bangsa dan para pemimpin lintas negara sebab kemampuannya cukup untuk itu.
-      Tuhan memberi kita keahlian,  maka gunakan untuk menginjil ….
-      praktekkan baik-baik bahwa karir, profesimu adalah alat strategi mencapai orang-orang yang akan anda layani...
TUAIAN, Banyaknya tuaian jiwa-jiwa yang sudah menguning siap dibawa ke lumbung Tuhan. Artinya, dunia ini adalah ladang Tuhan yang perlu kita tuai bagi Dia.
·       Di gereja sekarang banyak orang tua/lansia
·       Anak muda tidak teratrik dengan Injil; akibat benih tidak tertabur, dipupuk, apalagi tumbuh
·       Apapun profesimu, komunikasikan injil
·       Miliki hati seperti Yesus, yang penuh belas kasih memandang jiwa2 ……..

PENUAI, Terbatasnya jumlah penuai, orang-orang yang terpanggil dan diperlengkapi untuk menjawab kebutuhan ladang misi. Artinya, panggilan secara pribadi adalah dasar pelayanan penginjilan. Perhatikan waktu yang ada, dan gunakan semua kekuatan, skill, kesehatan, pengetahuan dan andalkan Tuhan.
·       semangat  walaupun diejek
·       dalam keadaan yang baik atau tidak baik : siap melayani         2 tim 4:2 Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran
·       tetap bersukacita walau dalam kesulitan,  kis 13:52 Dan murid-murid di Antiokhia penuh dengan sukacita dan dengan Roh Kudus.
·       Tuhan akan mengajar melalui banyak hal dan  membawa kita  mengerti apa yang terjadi bagi orang lain…
Yoh 3:30 Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.
Segala kemuliaan hanya bagi DIA.

MUJIZAT – PENGINJILAN
Didalam kisah Para Rasul, kita bisa membaca bahwa begitu banyak mukjizat terjadi. Pada zaman ini, hal yang sama juga masih terjadi saat pemberitaan Injil mengalami tantangan dan hambatan berat.  Rasul Petrus dan Rasul Yohanes pergi ke bait Allah untuk berdoa, bukan untuk berkhotbah atau menyembuhkan orang. Namun, karena hidup mereka dipimpin oleh Roh Kudus, mereka mempunyai kepekaan dan kepedulian yang tinggi terhadap situasi sekitar. Orang lumpuh yang dilihat tiap hari oleh orang banyak yang keluar masuk bait Allah kis 3:2, dengan ketajaman rohani, dilihat secara berbeda oleh Petrus dan Yohanes. Dan mereka menawarkan sesuatu yang berbeda pula yaitu keselamatan+kesembuhan, kis 3: 3-7. Di mata murid yang dipimpin Roh Kudus, orang lumpuh ini sangat dikasihi Allah dan membutuhkan pertolongan-Nya. Ketika Tuhan menyatakan kuasa-Nya dengan menyembuhkan orang lumpuh ini, dan hal itu menarik perhatian banyak orang, Petrus yang tadinya tidak merencanakan untuk berkhotbah melihat dan memakai kesempatan ini untuk memberitakan Injil kepada orang banyak. Hasilnya? Banyak orang menjadi percaya, sehingga jumlah mereka menjadi kira-kira 5000 orang laki-laki kis 4:4.

Di zaman modern ini, dunia di sekitar kita telah menjadi semakin individualis-egois, tidak peduli dan buta. Dengan kuasa Roh Kudus, marilah kita belajar untuk memiliki kepedulian, kepekaan dan ketajaman rohani seperti Petrus dan Yohanes, sehingga dunia yang lumpuh, menderita dan sedang menuju kebinasaan ini dapat dijamah oleh kasih dan kuasa Tuhan melalui hidup kita.


LAKUKAN PERINTAH TUHAN YESUS
Mat 28:19-20 “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman”
1.  Ada pelayanan lewat internet sebuah gereja dalam 7 bahasa keseluruh dunia ; mandarin, Indonesia, jepang, korea, spanyol, arab.
2.  Pelayanan ini mendapat tanggapan yang baik, menjadi berkat, menolong banyak gereja-hamba2 Tuhan, bahan khotbah yang solid, misalnya di Iran, Irak, Mesir, Malaysia, Singapore, Indonesia, Republik Rakyat China, Taiwan, Jepang, Peru, Guatemala, Mexico, Korea, beberapa Negara Africa, the United Kingdom, Australia, Canada, beberapa kepulauan Polynesia, Israel, dan banyak negara lainnya, ribuan orang telah membaca khotbah-khotbah ini setiap minggu. Ini adalah salah satu cara membantu memberitakan khotbah penginjilan ke seluruh dunia.
3.  Ada rencana untuk menambahkan beberapa bahasa pada beberapa bulan yang akan datang, dalam 20 bahasa.
Betapa pentingnya tugas penginjilan terhadap dunia yang terhilang dan sedang sekarat! Oleh sebab itu, Amanat Agung adalah untuk kita hari ini, karena ini adalah mandat dari Tuhan Yesus Kristus sendiri untuk diajarkan kepada setiap generasi berikutnya!

UNTUK MENCAPAI GOL  penginjilan
·       Persiapkan orang muda di setiap gereja kita ; yang belum bertobat harus “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu” Luk 13:24.
·       Setiap jemaat harus punya beban untuk memenangkan jiwa ; catat nama, nomer telpon, alamat  mereka dan bawa itu semua -  dalam doa beberapa minggu
-  kemudian coba di telp
-  diundang acara ibadah2 syukuran
-  kirim sms-bb firman Tuhan
-  follow up - Lakukan penginjilan
·       Perhatikan setiap orang baru yang datang ke gereja anda 
-      Sebagai orang yg istimewa
-      Buatlah mereka merasa nyaman – penerimaan
-      Tunjukkan sikapprajurit kristus ; ramah kepada mereka
-      dan buatlah mereka merasa akrab di gereja anda
KEKOMPAKAN  jemaat : Marilah setiap kita, dengan sekuat tenaga kita, berjuang dengan sepenuh kekuatan kita untuk menjadikan gereja kita sebagai rumah kedua bagi orang-orang yang terhilang dan kesepian. 
Jika kita semua melakukan hal-hal sederhana ini dengan segenap hati kita, dan percayalah  pertolongan dan kasih karunia Allah, akan tercurah bagi kita semua.
Kis 16:31 Jawab mereka: "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu."
JESUS LOVE YOU