Minggu, 23 Oktober 2011

cARA TUHAN MEMBERI KEMENANGAN - RAHASIA BESAR

ADA 3 RAHASIA BESAR dari firman Tuhan 1 sam 30 cara Tuhan memberi kemenangan ;

Kemudian mereka menemui seorang Mesir di padang lalu membawanya kepada Daud. Mereka memberi dia roti, lalu makanlah ia, kemudian mereka memberi dia minum air,
dan memberikan kepadanya sepotong kue ara dan dua buah kue kismis, dan setelah dimakannya, ia segar kembali, sebab ia tidak makan dan minum selama tiga hari tiga malam.

·       Daud sudah 3 hari 3 malam ngak makan, sudah lemes, disini kita liat pertolongan Tuhan dalam pemeliharaan umatnya luar biasa : dikasih makan dan minum, sama orang Mesir.

Kemudian bertanyalah Daud kepadanya: "Budak siapakah engkau dan dari manakah engkau?" Jawabnya: "Aku ini seorang pemuda Mesir, budak kepunyaan seorang Amalek. Tuanku meninggalkan aku, karena tiga hari yang lalu aku jatuh sakit.
Kami telah menyerbu Tanah Negeb orang Kreti dan daerah Yehuda dan Tanah Negeb Kaleb, dan Ziklag telah kami bakar habis."

·       Kita lihat,  kok bisa2nya ada seorang budak orang Amalek yang pake acara sakit 3 hari yg lalu, berarti selang waktu tidak jauh perginya orang Amalek, yang sekaligus memberi petunjuk kepada Daud.


Ia menunjuk jalan kepada Daud ke sana, dan tampaklah orang-orang itu berpencar-pencar di atas seluruh daerah itu, sambil makan, minum dan mengadakan perayaan karena jarahan yang besar, yang telah dirampas mereka dari tanah orang Filistin dan dari tanah Yehuda.
Dan pada keesokan harinya Daud menghancurkan mereka dari pagi-pagi buta sampai matahari terbenam; tidak ada seorangpun dari mereka yang lolos, kecuali empat ratus orang muda yang melarikan diri dengan menunggang unta.
Daud melepaskan semua apa yang dirampas oleh orang Amalek itu; juga kedua isterinya dapat dilepaskan Daud.
Tidak ada yang hilang pada mereka, dari hal yang kecil sampai hal yang besar, sampai anak laki-laki dan anak perempuan, dan dari jarahan sampai segala sesuatu yang telah dirampas mereka; semuanya itu dibawa Daud kembali.

·       Daud orang yang tepat janji  “Bersumpahlah kepadaku demi Allah, bahwa engkau tidak akan membunuh aku, dan tidak akan menyerahkan aku ke dalam tangan tuanku itu, maka aku akan menunjuk jalan kepadamu ke gerombolan itu."
·       Orang2 dan harta benda Daud  : tidak ada 1 pun yang cedera, terluka, atau hilang, HEBAT  YA!  TUHAN KITA.


Daud mengambil segala kambing domba dan lembu; semuanya itu digiring mereka di hadapannya, serta berkata: "Inilah jarahan Daud."
Ketika Daud sampai kepada kedua ratus orang yang telah terlalu lelah untuk mengikuti Daud, yang telah dibiarkannya tinggal di dekat sungai Besor, maka keluarlah orang-orang ini menyongsong Daud dan menyongsong rakyat yang bersama-sama dengan dia. Daud mendekati orang-orang itu dan memberi salam kepada mereka.
Kemudian mulailah berbicara semua orang jahat dan orang dursila di antara orang-orang, yang ikut pergi bersama-sama dengan Daud itu, katanya: "Karena mereka tidak ikut pergi bersama-sama dengan kita, janganlah kita berikan kepada mereka apa-apa dari jarahan yang kita selamatkan itu, kecuali kepada masing-masing mereka isterinya dan anak-anaknya. Itu boleh mereka bawa, dan biarlah mereka pergi!"

·       Ada 600 orang ; yang 200 ke capean , yang ikut 400 orang ; yanh 400 orang ini dikatakan jahat dan dursila ; mereka ini tidak mau bagi harta jarahan kpd ke 200 orang.

Tetapi Daud berkata: "Janganlah kamu, saudara-saudaraku, berbuat demikian, dengan apa yang diberikan TUHAN kepada kita; sebab Ia telah melindungi kita, dan menyerahkan ke dalam tangan kita gerombolan yang menyerang kita.
Siapa yang mau mendengarkan kamu dalam perkara ini? Sebab, bagian orang yang tinggal di dekat barang-barang adalah sama seperti bagian orang yang pergi berperang; itu akan dibagi sama-sama."
Dan demikianlah halnya sejak hari itu dan seterusnya; hal itu ditentukannya menjadi ketetapan dan peraturan bagi orang Israel sampai sekarang.

·       Daud melakukan hukum-hukum Tuhan juga hebat “jangan berbuat jahat, TUHAN SUDAH MELINDUNGI KITA ; dibagi sama2”

dikirimnyalah sebagian dari jarahan itu kepada para tua-tua di Yehuda, kepada teman-temannya, "Inilah pemberian kepadamu dari jarahan yang dirampas dari musuh TUHAN,"
kepada yang di Betel
kepada yang di Ramot di Tanah Selatan
kepada yang di Yatir,
kepada yang di Aroer
kepada yang di Sifmot
kepada yang di Estemoa
kepada yang di Rakhal
kepada yang di kota-kota orang Yerahmeel
kepada yang di kota-kota orang Keni
kepada yang di Horma
kepada yang di Bor-Asan
kepada yang di Atakh,
kepada yang di Hebron
kepada segala tempat di mana Daud dengan orang-orangnya mengembara.