Senin, 07 Mei 2012

HIDUP DIPIMPIN ROH KUDUS

Roh Kudus bekerja dalam kehidupan orang percaya dengan cara mengingatkan kita tentang kebenaran firman Allah serta memampukan kita untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah.
Agar kehendak Tuhan bisa terlaksana dalam kehidupan kita, kita harus memberi diri untuk dipimpin oleh Roh Kudus. 
Hidup di pimpin oleh Roh kudus, Tuhan bekerja dengan melibatkan kesadaran kita (emosi, pikiran, dan hati nurani). Perkataan "kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh" gal 5:18 berarti bahwa diri kita ikut berperan aktif dalam wujud ketaatan, artinya kita  hidup berdasarkan aturan Tuhan. Kita tidak hidup berdasarkan tujuan kita, tetapi tujuan Tuhan. Aturan dan tujuan Tuhan itu dapat kita ketahui bila kita sungguh-sungguh berusaha memahami firman Allah.
Kehendak Allah (keinginan Roh ) seringkali berbeda dengan kehendak manusia (keinginan daging), sehingga hidup dalam pimpinan Roh Kudus berarti bahwa kita harus bersedia melepaskan keinginan kita-daging. Oleh karena itu, kita harus mengembangkan kepekaan untuk bisa mengenali kehendak Allah dalam seluruh aspek kehidupan kita-tanpa ada pengecualian.
Kita tidak perlu merasa takut dirugikan bila kita memberi diri untuk hidup dipimpin oleh R oh. Sekalipun nampaknya kita akan merasa lebih puas ketika mengikuti keinginan kita sendiri, kepuasan yang sejati hanya bisa diperoleh bila kita melakukan kehendak Tuhan dalam seluruh aspek kehidupan kita. 
Roma 8:14
"Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah."