Selasa, 29 Mei 2012

YESUS SUMBER KEBENARAN


YESUS SUMBER KEBENARAN
1yoh 3:19a demikianlah kita ketahui, bahwa kita berasal dari kebenaran.
Dalam perjalanan iman kekristenan kita, banyak kali kita jatuh bangun dalam dosa-hubungan dengan Tuhan.
Ada lagi Kristen pasang surut – setelah paskah atau natal menghilang, dengan alasan doanya tidak dijawab . hal ini akan membuat hubungan anda jauh dari Tuhan
Jika Anda Mau Mengingat Kasih-Nya, Penebusan-Nya anda akan bangkit dari keterpurukan rohani dan berani datang kepada tahta kasih karunia Allah untuk memperoleh setiap jawaban Doa





























KETAATAN memerlukan CUCURAN AIR MATA
Mazmur 126:5 orang2 yang menabur dengan mencucurkan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai
Saudaraku Abraham sangat taat kepada Tuhan –ketaatannya  yang tidak setengah2 , pada saat Abraham mengantar Ishak untuk dikorbankan , saya yakin sepanjang perjalan Abraham menangis.
Ketaatan yang setengah2 “mendatangkan masalah’ Abraham taat disuruh keluar tapi tidak tidak ditinggalkan semua sanak saudaranya-Lot diajak ‘akhirnnya ditengah jalan mengalami masalah ‘ribut”
kita seringkali taatnya setengah2 ; rajin doa, rajin baca alkitab, tapi dalam hal cari pacar atau berpacaran ……… tidak taat, dalam pekerjaan , dalam pelayanan…..




KEPUTUSAN
LUKAS 14:28  sebab siapakah diantara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau2 cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu.
Suatu hari saya berkunjung kerumah sanak keluarga yang baru membeli sebuah rumah ‘bukan rumah baru tapi sudah berganti 3 pemilik’ rumah itu tidak bagus tapi masih layak dihuni.
2-3 tahun kemudian saya datang berkunjung kembali rumah tersebut sedang direnovasi, tetapi 7 tahun kemudian saya datang kembali berkunjung rumah tersebut masih dalam keadaan seperti renovasi –tidak pernah terselesaikan alasan anggaran dana yang kurang. Jadi rumah itu tampak buruk.
Begitu juga dengan seorang panglima perang yang akan pergi berperang akan memperhitungkan berapa jumlah pasukan yang akan dibawanya –dengan perhitungan apakah akan memang atau gagal.
Begitu juga hal kita mengambil keputusan-pertimbangan menjadi murid kristus- adalah komitmen tertinggi , jangan sampai kandas ditengah jalan ‘anda kembali menjadi orang dunia’  













E G O I S
LUKAS 9:23 kata-Nya kepada mereka semua “setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.
Perhatikan ayat diatas syarat untuk mengikut Tuhan Yesus adalah mematikan ego kita, kata setiap hari adalah syarat dimana dari hari –kehari ‘ada penundukan-ketaatan tidak memikirkan diri sendiri –tetapi hanya mikirin Tuhan dan untuk ikut Tuhan’
Artinya ada banyak keinginan daging kita yang enak2 ;  harus kita batalkan, harus kita korbankan, karena Tuhan menghendaki kita melakukan sesuatu yang tidak kita inginkan , yang kita tidak suka. Sangat berat, seperti Tuhan Yesus memikul salib mengikuti kehendak Bapa, kunci penyaliban menuju kemenangan-mematikan ego kita.










UNTUK MENCARI KEHENDAK ALLAH diperlukan KERENDAHAN HATI
2 TIM 4:13 Sementara itu, sampai aku datang bertekunlah dalam membaca kitab2 suci, dalam membangun dan dalam mengajar.
Rasul Paulus menasehati Timotius dalam hal melayani ; sangat di perlukan ketekunan dalam mempelajari firman Tuhan, Rasul Paulus dan Timotius menyadari betapa pentingnya firman Tuhan ; 2 tim3 :16-17  menerangkan  bahwa firman Tuhan sangat berguna dan efektif karena firman adalah Allah sendiri, firman adalah pelita ‘yang menerangi jalan2 kita –menata tindakan kita , yang sekaligus petunjuk dalam segala aspek kehidupan kita’   
Dalam hal membangun seseorang diperlukan kata2 yang tidak menjatuhkan-tetapi kata2 yang punya kuasa, sehingga orang itu termotivator “JESUS MOTIVATOR NUMBER 1 IN THE WORLD” percayalah dan ujilah firmannya.
Dalam hal mengajar ; kalau orang dunia saja menggunakan kata2 yang ada dialkitab-berhasil, kenapa kita tidak menggunakannya untuk diri kita sendiri. Ams 2:6 hikmat itu berasal dri firman Tuhan yang memberi kita pengetahuan dan kepintaran.






HATI YANG TULUS dan CAKAP
Mazmur 78:72 Ia menggembalakan mereka dengan ketulusan hatinya, dan menuntun mereka dengan kecakapan tangannya.
Kita tahu bahwa Daud adalah seorang gembala yang menggembalakan kambing domba ayahnya. Maz 23 menerangan seorang gembala yang memiliki kecakapan menjaga domba2nya –hingga tidak kekurangan suatu apapun dalam hal makan-minum, kesehatan, keselamatan, bahkan dalam kesulitan apapun ada dalam penjagaan.
Kerinduan yang sungguh2 dan komitmen ; menghasilkan satu ketulusan hati –yang artinya tidak pernah mengeluh menghadapi tantangan. Inilah yang harus  dimiliki seorang pemimpin ; memimpin jemaat di komsel - digereja.  




R A J IN
Amsal 13:4 hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.
Kerajinan adalah gaya hidup orang Kristen atau jika kita mau menjadi murid2 kristus, kenapa….. karena dalam hal melayani Tuhan berpesan “janganlah kerajinanmu kendor” , alkitab juga berpesan orang yang malas jangan diberi makan.
Artinya ; kalau kita jadi pengikut kristus “melayani atau bekerja untuk diri sendiri saja malas, apalagi melakukan hal2-sesuatu buat Tuhan, apalagi kepada sesama, karena semua ini harus dimulai dari diri sendiri “mengasihi sesama seperti mengasihi diri sendiri”
Kerajian adalah karakter, akan terlihat –tampak –terpancar dari hati yang benar , kemalasan membuat tangan seseorang lamban untu bekerja-hasilnya miskin dan melarat.
Kitab amsal menjelaskan,  hasil dari tindakan rajin bekerja –rajin melayani ,  Tuhan kita akan memberi kita kelimpahan, kita tidak akan kekurangan dan  pelayanan kita pun efektif jangan lupa jak Roh Kudus bekerjasama.  













Khotbah : BREAK THROUGH-PENEROBOS
Bacaan : mikha 2:12-13, 2 sam 20:5
Ilustrasi : air yg dpt menebus segala batas
Penjabarannya :
Dunia hari2 ini dipenuhi “penjilat, penghianat, dan yg suka ikut arus – arus tingkat kehancuran.
Maka tingkat perceraian-perselingkuhan semakin tinggi.
Banyak pemimpin negara kita saat ini menjadi penjilat, 70 % survey orang2 yg mengelilingi atasannya adalah penjilat.
Alkitab memberi  gambaran hidup orang kekristenan  adalah melawan arus ( ikan yg mati ikut arus, ikan yang hidup melawan arus).
 Alkitab menjelaskan kita harus jadi “garam” artinya garam punya rasa yg kuat –fungsi penerobos. Kalo mau ditest “besok pagi buat kopi suami –mertua ; masukan sedikit garam, resiko ditanggung sendiri…..
Penjabaran yang ke 2 :
Contoh : bartemeus yang lumpuh….. berteriak2 minta tolong , tetapi banyak orang menyuruh “diam”, namun bartemeus tdk peduli “dia terus menerobos…”
Saya kuatir ; hari2 ini gereja banyak sekali kehilangan orang2 yang memiliki jiwa penerobos ; banyak anak2 Tuhan ketika menghadapi tantangan, kekecewaan, masalah, penderitaan, ….”marah-hilang semangat-apatis ….’saat itu setan pasti berpesta-ria”
Banyak anak Tuhan berkomentar ‘Tuhan Yesus aja marah-ya tapi selama 33 ½  tahun Tuhan Yesus marahnya 1X, sedangkan kita 33 ½ hari marah uda bisa 100X’
 Jiwa penerobos bukan hanya semangat, walau ada musuh didepan, ada tantangan …. Akan terus maju – tdk gentar “karena kita tahu Tuhan Yesus menyertai dan memberi kita kemenangan”

Penjabaran ke 3 ;
Ada beberapa perbedaan :
Penerobos – nekad
Nekad  ‘orang yang semangat tapi masa bodoh’
Penerobosan ‘seperti orang yg jatuh cinta, orang yg jatuh cinta bukan hanya semangat, tapi juga kreatif- aktif ‘ngak ada orang yg jatuh cinta bengong aja mikirin nasibnya ’ (seperti orang yg terbakar oleh roh kudus  ; dunamis, menerobos –melampaui batas).
Tuhan tidak cari orang yg hanya  cukup bilang ‘lord I love u’, tapi seorang penerobos ;
yang adalah orang yg berserah artinya orang yang mau dipimpin Tuhan –Roh Kudus , bukan orang yg menyerah “Tuhan saya sudah tidak kuat lagi…putus asa “
Saya yakin ‘ketika kita ingin melakukan satu kemajuan – mujizat , setan pasti menghambat’ tapi percayalah ‘‘TUHAN YESUS ADALAH PENEBUSKU,
DIA AKAN MENOLONG KITA”
KEUNTUNGAN  SPIRITUAL  dari BREAKTHROUGH;   ‘doa puasa’, puasa itu saya katakan  gak mudah ;  sakit maag, saya doyan makan-wisata kuliner, saya sulit menahan lapar-cacing2 diperut saya sdh mengamuk, pendeta-setengah hari aja ‘bangunnya jam 10.00 –makan jam 1-ringan banget –itu mah bukan puasa kali’  padahal berkat dari doa puasa ini besar sekali loh ‘akan membawah kita pada satu perubahan dlm kehidupan rohani, krn……….
kita lebih cenderung menurut keinginan daging ; sebetulnya
Kita tidak akan terpuaskan , semakin kita mencari semakin kita merasa berkekurangan
Dunia saat ini menawarkan berbagai kemudahan ; gaya hidup yang konsumtif  ‘berbelanja dgn kartu kredit dgn mencicil bunga nol tanpa agunan
Hal ini sudah membuat kita sulit mengendalikan diri,
Dengan ‘doa +puasa’ kita belajar untuk menahan diri dalam berbagai aspek hidup kita ; kita belajar penundukan diri-taat, mendekatkan diri , dan mengalami kelimpahan janji Tuhan. ARTINYA KEBENARAN FIRMAN TUHAN AKAN MEMBAWA KITA PADA TEROBOAN FINANCIAL –KEUANGAN KELUARGA.
Ilustrasi : seorang yg memiliki tiket kapal dgn kamar yg bagus +fasilitas makan, tapi tdk tahu membaca tiket itu.

KESIMPULAN NYA : SYARAT PENEROBOS
ORANG YANG MAU MENDENGARKAN SUARA TUHAN
BERANI MENGHADAPI TANTANGAN , KARENA TUHAN –ROH YANG ADA DIDALAM KITA LEBIH BESAR DARI MASALAH KITA.
BERJALAN DALAM KETAATAN ‘KADANG KITA HARUS BERJALAN DENGAN AIR MATA-APAPUN YG TUHAN PERINTAHKAN KITA HARUS JALANKAN ‘TIDAK PAKE PERTIMBANGAN”
MENJADIKAN TUHAN SEBAGAI KEPALA  “TUHAN SANGGUP MELAKUKAN SEGALA PERKARA”.
LAGU : JADIKAN AKU BAIT SUCI
CATATAN : AKU LAGI SUSUN KHOTBAH DARI PRESENTASI YG BAPAK BERIKAN ‘PASSION COMPASION’  TAPI BELOM SELESAI UNTUK BULAN DEPAN “PUNYA HATI SEPERTI TUHAN YESUS, KESEHATIAN, KERJASAMA , KERENDAHAN HATI, CINTA YANG BESAR” HE……HE….. BANTUIN YA