Rabu, 07 September 2011

BEAJAR ALKITAB YUK MAT 10


MAT 10 ayt 1-4 Yesus memanggil ke 12 murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.
·       Simon/Petrus
·       Andreas
·       Yakobus, Yohanes anak Zebedeus,
·       Filipus dan Bartolomeus
·       Tomas
·       Matius pemungut cukai
·       Yakobus anak Alfeus
·       Tadeus,
·       Simon orang Zelot
·       Yudas Iskariot


Mat 10 ayt 5-15  Ke 12 murid itu diutus oleh Yesus, pesan-Nya
1.  Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain/ orang Samaria ; beda agama, bukan bangsa pilihan Allah/Israel
2.  Selamatkan domba2 yang hilang dari umat Israel.
3.  Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan.
4.  Kamu telah memperolehnya dengan cuma2, karena itu berikanlah pula dengan Cuma2/karunia
5.  janganlah kamu membawa emas/perak/tembaga dalam ikat pinggangmu/berikatkan kebenaran efs 6 pelengkapan rohani
6.  Janganlah kamu membawa bekal dalam perjalanan, baju 2 helai, kasut /tongkat, sebab seorang pekerja patut mendapat upahnya ( janji pemeliharaan Tuhan )
7.  Apabila kamu masuk kota atau desa, carilah di situ seorang yang layak/mau ikut ambil bagian melayani/hati mengasihi dan tinggallah padanya sampai kamu berangkat.
8.  Apabila kamu masuk rumah orang, berilah salam kepada mereka, jika mereka layak menerimanya, salammu itu turun ke atasnya, jika tidak, salammu itu kembali kepadamu – TANDA
9.  Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu/NGAK MAU DENGAR FIRMAN, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.
10.      Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya pada hari penghakiman tanah Sodom dan Gomora akan lebih ringan tanggungannya dari pada kota itu. NGAK HERAN KALAU KOTA2 YG TOLAK FIRMAN DIDATANGKAN MALAPETAKA SAMA TUHAN.
TAPI JANGAN TAKUT ORANG PERCAYA DISELAMATKAN.


Mat 10 ayt 16-33 Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke
tengah2 serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular
dan tulus seperti merpati.
Dunia memang seram, ngak aman, cuma Tuhan yg memberi
Keamanan.
·       waspadalah ada orang jahat
·       kita  akan digiring ke muka penguasa2 dan raja2 bagi orang2 yang tidak mengenal Allah.
·       janganlah kamu kuatir akan , apa yang harus kamu katakan, semuanya itu akan dikaruniakan berkata-kata dari Roh Bapamu
·       Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.
·       Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain
·       Jadi janganlah kamu takut terhadap mereka, karena tidak ada sesuatupun yang tertutup yang tidak akan dibuka dan tidak ada sesuatupun yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.
·       Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah itu dalam terang; dan apa yang dibisikkan ke telingamu, beritakanlah itu dari atas atap rumah.
·       Dan janganlah kamu takut kepada mereka yang dapat membunuh tubuh, tetapi yang tidak berkuasa membunuh jiwa; takutlah terutama kepada Dia yang berkuasa membinasakan baik jiwa maupun tubuh di dalam neraka.
·       Sehelai rambut kepalamupun terhitung semuanya.JANJI TUHAN DIJAGA
·       Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga sebaliknya.


Mat 10 ayt 34-42 Jangan kamu menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi; Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang.
·       Mengutamakan Tuhan
·       Mau menderita
·       Mau berkorban
·       Menyambut Dia, menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah nabi, dan barangsiapa menyambut seorang benar sebagai orang benar, ia akan menerima upah orang benar.
·       Barang siapa memberi air sejuk secangkir sajapun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya.
SEKECIL APAPUN YG KITA LAKUKAN, DIPERHITUNGKAN TUHAN.