Senin, 12 September 2011

MENJADI FAVORIT-BERKENAN DIHATI TUHAN - KHOTBAH


MENJADI FAVORIT-NYA/BERKENAN DIHATI TUHAN       

·       2 raja 8:19 Namun demikian, TUHAN tidak mau memusnahkan Yehuda oleh karena Daud, hamba-Nya, sesuai dengan yang dijanjikan-Nya kepada Daud, bahwa Ia hendak memberikan keturunan kepadanya dan kepada anak-anaknya untuk selama-lamanya.
·        2 raja 19:34 Dan Aku akan memagari kota ini untuk menyelamatkannya, oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku."
·       2 raja 20:5-6 "Baliklah dan katakanlah kepada Hizkia, raja umat-Ku: Beginilah firman TUHAN, Allah Daud, bapa leluhurmu: Telah Kudengar doamu dan telah Kulihat air matamu; sesungguhnya Aku akan menyembuhkan engkau; pada hari yang ketiga engkau akan pergi ke rumah TUHAN.  Aku akan memperpanjang hidupmu lima belas tahun lagi dan Aku akan melepaskan engkau dan kota ini dari tangan raja Asyur; Aku akan memagari kota ini oleh karena Aku dan oleh karena Daud, hamba-Ku
·       2 taw 1: 8-9 Berkatalah Salomo kepada Allah: "Engkaulah yang telah menunjukkan kasih setia-Mu yang besar kepada Daud, ayahku, dan telah mengangkat aku menjadi raja menggantikan dia.
Maka sekarang, ya TUHAN Allah, tunjukkanlah keteguhan janji-Mu kepada Daud, ayahku, sebab Engkaulah yang telah mengangkat aku menjadi raja atas suatu bangsa yang banyaknya seperti debu tanah.

Coba saudara perhatikan ayat2 diatas; Tuhan mengikat perjanjian kepada bangsa Israel karena Daud, Tuhan juga menyembuhkan Hizkia karena Daud, Tuhan menjawab doa Salomo juga karena Daud. Masih banyak lagi ayat2 dialkitab karena Daud. Yang saya mau tegaskan HATI TUHAN TERPAUT KEPADA DAUD, menjadi favorit-Nya, Daud ada di hati Tuhan  : KJV the LORD hath sought him a man after his own heart……  artinya layak menempati hati Tuhan, mendapat penghargaan, diakui atau menjadi milik Tuhan.

Hebat ya Daud ini , saya galih RAHASIA-NYA :
1.  Daud memuliakan Tuhan – menghargai umat Tuhan, Daud juga mengakui otoritas/menghormati Tuhan  : 1sam 17:25, 26, 36 Baik singa maupun beruang telah dihajar oleh hambamu ini. Dan orang Filistin yang tidak bersunat itu, ia akan sama seperti salah satu dari pada binatang itu, karena ia telah mencemooh barisan dari pada Allah yang hidup. Daud sangat menghargai UMAT PILIHAN ALLAH/BANGSA ISRAEL dan menjunjung tinggi  KUASA TUHAN “ supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan Tuhanlah pertempuran dan Iapun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami."
    1sam 26:7-11 Kiranya TUHAN menjauhkan dari padaku untuk menjamah orang yang diurapi TUHAN. Ambillah sekarang tombak yang ada di sebelah kepalanya dan kendi itu, dan marilah kita pergi."  Daud tidak membunuh SAUL, karena Tuhan.  SEPERTI perwira di Kapernaum mat 8:5-13
2.  Daud suka melakukan perintah Tuhan 1sam 23:4-5 Lalu bertanya pulalah Daud kepada TUHAN, maka TUHAN menjawab dia, firman-Nya: "Bersiaplah, pergilah ke Kehila, sebab Aku akan menyerahkan orang Filistin itu ke dalam tanganmu." 2sam 5:19 bertanyalah Daud kepada TUHAN: "Apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu? Akan Kauserahkankah mereka ke dalam tanganku?" TUHAN menjawab Daud: "Majulah, sebab Aku pasti akan menyerahkan
orang Filistin itu ke dalam tanganmu”
3.  Daud orang yang mudah bertobat adalah orang rendah hati juga gentlemen artinya bertanggung jawab atas dosanya ; ia sudah berzinah dgn bersyeba, membunuh uria, 2sam 12 :13 Lalu berkatalah Daud kepada Natan: "Aku sudah berdosa kepada TUHAN." Dan Natan berkata kepada Daud: "TUHAN telah menjauhkan dosamu itu: engkau tidak akan mati. Ketika Daud mengakui Tuhan memang mengampuni karena Tuhan sangat mengasihi umat-Nya, TAPI HUKUMAN TETAP BERLAKU SAMPAI KEPADA ANAK2NYA dan KELUARGANYA.
4.  Daud punya roh yang aman/tidak BERSAING seperti Musa bil 11:24-30, seperti Tuhan Yesus mat 22:15-22, 1sam18:7-9 Saul memiliki roh yang dengki, 2sam 16:5-14 TUHAN telah membalas kepadamu segala darah keluarga Saul, yang engkau gantikan menjadi raja, TUHAN telah menyerahkan kedudukan raja kepada anakmu Absalom. Sesungguhnya, engkau sekarang dirundung malang, karena engkau seorang penumpah darah." Daud diejek oleh Simei.
5.  Daud suka menyembah terbukti kitab mazmur dikatakan mazmur Daud, seperti maz 32 Daud menulis tentang hidupnya/dosanya. Yoh 4:23-24 Tuhan Yesus juga mencari orang2 yang mau menyembah Tuhan “Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Dahsyat ya Daud , PATUT KITA CONTOH, supaya KITA JUGA JADI ORANG YG BERKENAN DIHATI TUHAN.
Kata-kata amsal yang bijaksana :
·       Ams 8:35 orang yg mencari Tuhan sungguh2
·       Ams 14:35 orang berakal budi/punya otak/punya pengetahuan firman tentunya/punya pikiran yang sama dgn Tuhan  “dikatakan kasihilah Allah dgn segenap akal budimu: artinya harus tahu Firman/kudu belajar firman”.
·       Ams 16:7 Hebatnya musuh bisa diubahkan jadi teman.