Rabu, 17 Agustus 2011

KESEHATAN - 2


ISTIRAHAT – TIDUR
Apa yang akan Anda baca mungkin akan membuat perubahan besar pada masa depan kesehatan Anda! Beristirahat dengan baik adalah hal yang penting untuk kesehatan kita dan merupakan kunci utama untuk menjalani gaya hidup yang energik "Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!"1 Kor 6:19-20)

MERENUNGKAN FIRMAN TUHAN
Maz 119:103, "Betapa manisnya janji-Mu itu bagi langit-langitku, lebih dari pada madu bagi mulutku."
Merenungkan firman Tuhan sama halnya minum vitamin buat kesehatan ;membaca setiap pasal ; anda akan mendapatkan pencerahan seiring dengan pertumbuhan iman di dalam Tuhan.

KESEIMBANGAN
sudah tidak asing lagi dengan istilah "mens sana in corpore sano" artinya "dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula" nampaknya tidak bisa dilepaskan dari dunia kesehatan. Apalagi zaman sekarang orang berlomba-lomba menjaga kondisi tubuh mereka, mulai dari berolahraga, berdiet, mengonsumsi multivitamin, suplemen;  maupun cara-cara lain.
orang-orang memiliki kesadaran yang lebih untuk menjaga kesehatan mereka daripada mengobati. Hal ini mungkin dipicu dengan keadaan bumi saat ini semakin tidak kondusif dengan berbagai macam masalah lingkungan dan pada akhirnya berimbas pada tubuh kita.

KEBENARAN
Para peneliti zaman sekarang dengan bersusah payah mendokumentasikan suatu kebenaran yang pertama-tama telah ditetapkan di dalam Alkitab: manusia adalah kesatuan yang utuh. Apa yang sering kita bagi-bagi menjadi bagian fisik, mental, dan rohani seseorang adalah benar-benar saling berhubungan dan tak terpisahkan. Dengan kata lain, apa yang mempengaruhi pikiran, akan mempengaruhi tubuh. Kondisi kerohanian kita mempunyai pengaruh pada keadaan fisik kita, dan sebaliknya. Kita adalah manusia yang utuh.
Sebagai contoh, peneliti-peneliti ilmu pengetahuan menemukan dalam penelitian terkontrol bahwa kebahagiaan, dan tawa yang penuh kesenangan menghasilkan suatu perubahan yang besar dalam sistem kekebalan tubuh. Anda sebenarnya dapat menolong tubuh anda melawan penyakit dengan lebih baik yaitu dengan kegembiraan! Penyelidikan-penyelidikan ini menunjukkan bagaimana eratnya kerjasama antara pikiran dan tubuh.

Ribuan tahun yang lalu Firman Allah menunjukkan hubungan penting antara pikiran dan tubuh yang baru akhir-akhir ini saja diterima di kalangan teori kesehatan: "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang." - Ams 17:22.

Menurut rasul Yohanes, seberapa dekatkah pikiran dan tubuh kita pada keadaan kerohanian kita? "Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau BAIK-BAIK DAN SEHAT-SEHAT SAJA dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja" 3 Yoh 2. Pencipta kita mau agar kita "baik-baik dan sehat-sehat saja". Firman Allah dapat melayani sebagai pancuran air kesehatan, dan juga sebagai pancuran air kehidupan kekal. Karena kesehatan fisik dan mental dan keadaan kerohanian kita berjalan bersama-sama, Paulus memberikan pernyataan berikut:
"Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah" I Kor 10:31. Injil mencakupkan pemulihan fisik dan kerohanian. Gaya hidup yang sehat dapat menolong kita untuk menjadi umat Kristen yang bersemangat.