Selasa, 16 Agustus 2011

BELAJAR ALKITAB YUK !!! KEJ 34


Kej 34 ; dalam perjalanan dari Padan-Aram sampailah Yakub selamat ke Sikhem ditanah Kanaan, dibelinya sebidang tanah dari Hemor bapa Sikhem seharga 100 kesita. ( alkitab tidak menjelas berapa nilainya). Ayt 1-6 Yakub mempunyai seorang anak perempuan bernama Dina, diperkosa oleh Sikhem, tapi Sikhem akhirnya jatuh cinta. Disini kita lihat tadinya Sikhem berbuat jahat, tapi karena cinta ; berubah jadi baik, mau bertanggung jawab. Harusnya kalau kita tahu bahwa Tuhan Yesus sangat mencintai kita ; kita juga mau berbuat baik.
Ayt 7,13,25  tapi anak2 Yakub sakit hati dan marah, dan membuat tipu muslihat menipu orang2 Hemor dengan syarat setiap laki2 harus disunat , dan pada hari ke 3 saat mereka kesakitan ; anak Yakub ; Simeon dan Lewi membunuh laki2 orang hemor dan menjarah mereka.
Ayt 30, 31 Yakub tidak setuju/marah kpd anak2nya “kamu telah mencelakan aku dengan membusukkan namaku……”manusia2 SELALU BERDALIH “mengapa adik kita diperlakukan sebagai seorang perempuan sundal”. Ini dalihnya, ngak mau di salahkan.
Ayt 11 Hemor dan Sikhem mau berdamai, melamar dengan membayar “uang jujur dan uang mahar” saat ini kita kenal dengan uang susu dan uang lamaran.
Ayt 23 saya berpikir kenapa Tuhan tidak hukum anak2 Yakub yang berbuat salah, malah Tuhan menolong mereka ; satu yg  saya pelajari Tuhan tidak dapat membatalkan janji-Nya, yg ke 2 orang Hemor ini licik dan jahat juga “harta mereka dan segala hewan mereka, bukankah semuanya itu akan menjadi milik kita”. TUHAN  TAHU NIAT MEREKA.