Kamis, 11 Agustus 2011

G I N J A L - 3


Diet adalah suatu pertimbangan penting untuk mereka yang fungsi ginjalnya melemah. Konsultasi dengan seorang ahli diet mungkin berguna untuk mengerti makanan apa yang sesuai atau tidak sesuai.
Karena ginjal-ginjal tidak dapat dengan mudah mengeluarkan kelebihan air, garam, atau potassium, mereka perlu dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Makanan-makanan yang tingi dalam potassium termasuk pisang, apricots, dan pengganti-pengganti garam.
Fosfor (Phosphorus )adalah kimia yang dilupakan yang dihubungkan dengan metabolisme kalsium dan dapat meningkat pada gagal ginjal. Terlalu banyak fosfor dapat mengikis kalsium dari tulang-tulang dan menyebabkan osteoporosis dan patah tulang. Makanan-makanan dengan kandungan fosfor yang tinggi termasuk susu, keju, kacang-kacang, dan minuman bersoda seperti cocacola.
Obat-Obatan
Obat-obatan mungkin digunakan untuk membantu mengontrol beberapa persoalan-persoalan yang berhubungan dengan gagal ginjal.
  • Obat-obatan yang menurunkan fosfor [calcium carbonate (Caltrate), calcitriol (Rocaltrol), sevelamer (Renagel)]
  • Stimulasi produksi sel darah merah [erythropoietin, darbepoetin (Aranesp)]
  • produksi sel darah merah (iron supplements)
  • Obat-obat tekanan darah
  • Vitamin-Vitamin

Dialysis

Dialysis membersihkan tubuh dari limbah-limbah didalam tubuh menggunakan sistim penyaringan. Ada dua tipe dari dialysis.

Hemodialysis

Hemodialysis menggunakan suatu mesin penyaringn yang disebut dialyzer atau ginjal tiruan (artificial kidney) untuk mengeluarkan kelebihan air dan garam, untuk menyeimbangkan elektrolit-elektrolit lainnya didalam tubuh , dan untuk mengeluarkan limbah-limbah dari metabolisme. Darah mengalir melalui tabung kedalam mesin, dimana dia berikutnya melalui membran penyaringan. Suatu larutan kimia khusus (dialysate) mengalir pada sisi lain dari membran. Dialysate diformulasikan untuk menarik ketidakmurniaan dari darah melalui membran filtrasi (penyaringan). Darah dan dialysate tidak pernah menyentuh didalam mesin ginjal tiruan.
Untuk tipe dialysis ini, akses ke pembuluh-pembuluh darah perlu diciptakan secara operasi sehingga jumlah yang besar dari darah dapat mengalir kedalam mesin dan balik kedalam tubuh. Ahli bedah dapat membentuk suatu fistula, suatu hubungan antara suatu arteri besar dan vena didalam tubuh, umumnya pada lengan, yang menyebabkan suatu jumlah yang besar dari darah mengalir kedalam vena. Ini membuat vena lebih besar dan dindingnya lebih tebal sehingga dia dapat mentoleransi tusukan jarum yang berulang untuk memasang tabung dari tubuh ke mesin. Karena itu memakan waktu beberapa minggu bagi suatu fistula supaya cukup matang untuk digunakan, perencanaan signifikan diperlukan jika hemodialysis dipertimbangkan sebagai suatu pilihan (opsi).
Jika gagal ginjal akut terjadi dan tidak ada waktu untuk membuat suatu fistula, kateter khusus mungkin dapat dimasukkan kedalam pembuluh-pembuluh darah besar dari lengan, kaki, atau dada. Kateter-kateter ini mungkin dibiarkan pada tempatnya untuk waktu sampai 3 minggu. Pada beberapa penyakit-penyakit, keperluan untuk dialysis hanya sementara, namun jika harapan/dugaan bahwa dialysis akan berlanjut untuk waktu yang lama, kateter-kateter ini bekerja sebagai jembatan sampai suatu fistula dapat direncanakan, ditempatkan, dan matang untuk dipakai.
Perawatan-perawatan dialysis umumnya terjadi tiga kali seminggu dan berlangsung beberapa jam setiap kalinya. Paling umum, pasien-pasien mengunjungi suatu rumah sakit untuk mendapatkan dialysis, namun terapi dialysis dirumah menjadi suatu pilihan untuk beberapa pasien.

Peritonealdialysis

Peritoneal dialysis menggunakan lapisan rongga perut (lining of the abdominal cavity) sebagai filter dialysis untuk membersihkan tubuh dari limbah dan untuk menyeimbangkan tingkat-tingkat elektrolit. Suatu kateter ditempatkan didalam rongga perut melalui dinding perut oleh seorang ahli bedah dan diharapkan tetap ditempat untuk waktu jangka panjang. Larutan dialysis kemudian dimasukkan melalui kateter dan dibiarkan didalam rongga perut untuk beberapa jam dan kemudian dialirkan keluar. Pada waktu itu, limbah-limbah dibersihkan dari darah yang secara normal mengalir melalui lapisan perut (peritoneum).
Ada manfaat-manfaat dan komplikasi-komplikasi untuk setiap tipe dari dialysis. Tidak setiap pasien dapat memilih tipe yang dia lebih menyukainya. Keputusan perawatan tergantung dari penyakit pasien dan sejarah medisnya bersama dengan persoalan-persoalan lainnya. Umumnya, nephrologist (ahli ginjal) akan mengadakan diskusi yang panjang dengan pasien dan familinya untuk memutuskan pilihan yang terbaik yang tersedia.

Catatan : ada satu kesaksian ; mereka suami istri adalah pemain opera keliling, mereka sepakat tidak menceritakan penyakit suami/gagal ginjal ; dengan alasan tidak mau hidup dikasihani orang , dan suami ini bisa bertahan cuci darah selama 25 tahun.  Suatu hari memang mereka melanggar perjanjian ini ; kesaksian mereka ini adalah dorongan ROH KUDUS; sebab setelah selesai ia bermain opera ; ada seorang ibu yang  anaknya terkena gagal ginjl ; singkat cerita mendapat pecerahan dari sang pemain opera tentang penderita gagal ginjal.  DALAM KEADAAN APAPUN ; BAIK ATAU TIDAK BAIK JADILAH BERKAT. JESUS LOVE U