Minggu, 21 Agustus 2011

TAKUT AKAN TUHAN - SERI KHOTBAH


TAKUT AKAN TUHAN Ulangan 6: 1-3

Umat Tuhan dituntut untuk takut kepada Tuhan dari generasi ke generasi. Takut akan Tuhan bukan “ngeri”, tetapi hormat kepada Tuhan, tetapi yang sangat mengerikan ketika kita tidak lagi punya rasa takut kepada Tuhan. Benak kita yang dipenuhi dosa membuat tidak ada lagi ruang untuk takut kepada Tuhan. Mengapa kita harus takut kepada Tuhan? Yang saya catat adalah UNTUK KEPENTINGAN KITA SENDIRI.
Ul 6:1-3 mencatat kita akan meraih janji2 Tuhan : lanjut umur kita, baik keadaan kita, bertambah banyak, dan berkelimpahan.

Saya beri contoh : kalau ada seseorang yang lemah, tidak kejam “kita akan berpikir orang ini dapat DIPERMAINKAN”.
Saudara akan berpikir : sekali2 berbuat dosa/berbohong ( boleh dong ), Tuhan kan baik, Tuhan kan penuh kasih, apalagi lagi kepepet. ( KALO SAUDARA PUNYA PEMAHAMAN SEPERTI INI SAUDARA AKAN RUGI SENDIRI ).
Saudara ku yang terkasih;  
Kalau kita tidak punya image, tdk membangun konsep, atau tdk punya paradigma “ Allah itu menakutkan” kita pasti jatuh bangun dalam dosa , Allah yang kita sembah memang Allah yang penuh kasih SEKALIGUS tidak dapat dipermainkan gal 6:7. Allah yang akan menghajar/memukul/mencambuk/mendatangkan masalah ; untuk membentuk kita.
·       Kalo suami susah diajak ke gereja, trus pulang kantor kesrempet mobil “Tuhan marah tuh, karena malas kegereja sih “
·       Kalo istri suka shoping, trus ketipu “tuh Tuhan marah, maka jangan shoping melulu”
·       Anak ngak mau makan, ngak mau tidur, ngak taat “ nanti Tuhan marah”

Contoh lain mungkin saudara adalah seorang bisnisman “lalu saudara berpikir kalau saudara harus bisnis selaras dgn kesucian/ mengikuti standard kekudusan; saudara berpikir akan rugi besar” dan saudara berdalih mencintai Tuhan , nanti untungnya kan besar n bisa  kasih perpuluhan besar, saudaraku Tuhan yg kita sembah Tuhan yg tidak PERNAH MENGECEWAKAN.

MUNGKIN SAUDARA AKAN BERPIKIR ; pendeta khotbah kayanya enak aja :
-      Pendeta : saya sudah beriman…..beriman…. kok belum sembuh2 juga……..????????
-      Pendeta : saya sudah berdoa…..berdoa….mujizat kok belum terjadi….???????
Saudara yang terkasih saya mau katakan “BAHWA TUHAN TIDAK AKAN MEMPERCAYAKAN KUASA DAN MUJIZAT KPD ORANG YANG TIDAK MENGHORMATI DIA”. 

Mari kita lihat ciri2  orang yang takut akan Tuhan, ada 4 ciri yang saya catat:
1.  Kel 1:17 -22 Bidan2 itu takut akan Allah, dan tidak melakukan seperti yg dikatakan raja Mesir  “artinya berani berkata TIDAK” akibatnya membuat raja marah, tetapi Tuhan tidak marah; bidan2 itu biberkati Tuhan ( Sifra , Pua ) “Tuhan membuat mereka berumah tangga”.
Alkitab member contoh :
-      Daniel tidak melakukan larangan raja Dan 6:9-12 “Daniel berani berkata TIDAK.
-      Sadrak, Mesak,Abednego “berani berkata TIDAK ; untuk tdk menyembah patung raja Nebukadnezar” Raja marah panaskan api 7X ; tapi Tuhan yang kita sembah , Tuhan yang sanggup membela kita, tidak sehai rambutpun yg terbakar.  Dan 3:6-28.
-      Yusuf difitnah tante Potifar untuk berzinah ; tapi ketika Yusuf berani berkata TIDAK, Yusuf difitnah masuk penjara; tapi kita tahu akhir dari kehidupan Yusuf , dia diangkat menjadi penguasa Mesir. Kej 45:9.
Saya berikan beberapa gambaran:
·       Jika anda adalah seorang suami yang sdh mempunyai istri ; lalu diajak oleh lawan jenis atau sebaliknya ( saat ini tren dikenal WIL, PIL ) untuk maksud tujuan yang tidak jelas sekedar makan siang….. saya mau katakan lama2 bobo siang “untuk itu beranilah berkata TIDAK”
·       Jika saudara adalah seorang anak muda ; dikejar2 lawan jenis bukan seiman … mungkin saudara “berdalih kan saya masih muda, dari pada kosong ngak ada yg kejar2”, jika saudara tdk berani berkata “TIDAK” saudara akan rugi sendiri.
·       Jika saudara juga seorang pekerja yang mempunya karir bagus, lalu karir anda menuntut anda entertaint ke night club, mabuk2, berjudi, atau lain sbginya, dan saudara tidak berani berkata “TIDAK”.
·       Kadangkala iman kita mungkin mengecewakan orang lain, karena kita tidak lagi ikut aara ini , acara itu, mungkin kita dicap “FANATIK”.

Sekali lagi, saya mau katakan Tuhan yang kita sembah tidak pernah mengewakan kita.
Saya percaya saudara mencintai Tuhan , tetapi jika  saudara tidak berani berkata TIDAK untuk dosa/takut akan Tuhan, saya mau katakan bahwa saudara adalah orang Kristen yang TIDAK PUNYA PRINSIP.


2.  Mal 3:16 “beginilah berbicara satu sama lain…” orang yang takut akan Tuhan adalah orang yang bisa MENGENDALIKAN LIDAHNYA.
·       Ams 18:21 hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya akan memakan buahnya “ artinya lidah ini bernuansa ; apa yg kita katan beriman/tdk beriman kita akan menuainya.

 contoh orang yg tidak bisa mengendalikan lidahnya:
-      Saya mau katakan bagaimana rumah tangga bisa bahagia;
Suami  “ istriku, kamu sdh gendut, rambut sdh putih, ompong lagi”.
Orang tua “anakku, kamu sdh badung, bodoh lagi”
Istri  “suamiku, kamu sdh males, jorok, hidup lagi”
        Saya mau bilang tiap minggu maju kedepan didoain, 
        ditumpangin tangan juga, NGAK AKAN ADA MUJIZAT”
-      Seorang ibu mengatakan kpd anaknya “nak,nak, kalo suami seperti itu lebih baik kamu cerai saja, dan kamu masih muda , kamu bisa kawin lagi ( IBU INI KRISTEN ).
-      Seorang teman mengatakan kpd temannya “ses,ses, saya rasa penyakitmu ngak akan sembuh “ (org Kristen )
-      Kenapa bangsa Israel dibinasakan Tuhan “karena tidak dpt mengendalikan lidah , mereka mengatakan tidak mempercayai Tuhan yang membawa nereka keluar dari Mesir”.

Yak 3 menjelaskan :
-      Hati yang sakit, pemberontakan; akan keluar mata air yang pahit
-      Hati yang takut akan Tuhan akan keluar sumber mata air yang manis, HINGGA KATA2 KITA MEMBANGUN ORANG LAIN, KATA-KATA KITA MENJADI BERKAT.

Catatan : mungkin saat ini beban saudara SANGAT BERAT, saudara tidak dapat lagi berdoa, CUKUP SAUDARA KATAKAN TUHAN AKU PERCAYA”, saya percaya mujizat dan kuasa Tuhan akan berlaku dalam hidup mu.

3.  Kis 13;50-52 TAKUT AKAN TUHAN ADALAH ORANG2 YANG TETAP BERSUKA CITA ; walaupun ada tantangan, kesulitan, penderitaan, penganiayaan, masalah; mereka tetap bersuka cita , mereka tidak putus asa, mereka tidak mundur, mereka tidak kompromi dengan dosa, karena mereka tidak pernah meragukan janji Allah.
-      Berapa banyak karena pangkat/kedudukan/karir, duit; mereka menggadaikan iman mereka.
-      Seorang bendahara karena ekonomi yg sulit, dia ambil duit persembahan digereja “lalu dia berdalih ; yg dia ambilkan duit bapa-Nya, kan dia anak-Nya” masuk akal juga kan.???????? ( salah/dosa, jatuh bangun dalam dosa).

Takut akan Allah berarti
·       kita tidak meragukan Dia  
·       kita tidak kompromi dengan dosa
·       percaya Bapa di sorga bertanggung jawab atas hidup kita ( maka diajarkan doa bapa kami ).
·       Kita tetap bisa bersuka cita walaupun keadaan kita terjepit.

Karena Allah yg kita sembah adalah Allah yg baik , penuh kasih, dan selalu menepati janji-Nya.

4.  2 kor 5 :11 Takut akan Tuhan adalah orang yang memiliki HATI YANG TERANG ; Alkitab mencatat  ams 4:23 “Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar”
·       Hati yg jahat/munafik , akan terbongkar ”kalau hatinya masih sakit, terluka, kecewa, benci, tidak bisa mengampuni, masih menyimpan hal2 yg buruk, ambisi yg salah/dunia  ; persoalan rumah tangga kita tidak akan pernah terselesaikan”, MAKA ANDA AKAN MENJALANI HIDUP INI DENGAN SANGAT MEMBOSANKAN.
·       Waktu Adam dan Hawa jatuh dalam dosa “perhatikan trik iblis , dia mencemari hati lebih dulu, karena didalam otak kita adalah peperangan.
·       Saat ini kita lihat orang tidak berjalan dengan HATI, melainkan dengan KEPALA/kesombongan.

Maka Daud katakan maz 26:2 “ Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku” ; Tuhan akan memakai orang2 yang hatinya bersih.
Pendeta bisa dibohongi, istri bisa dibohongi, anak bisa saudara kelabui, tapi Tuhan dan hati saudara tidak bisa anda BOHONGI.
Alkitab katakan maz 51:19  Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah “Dia dekat dengan orang hancur hati, yang rendah hati, yang mau mengakui dosa”

TUHAN MEMBERKATI, JESUS LOVE U