Kamis, 11 Agustus 2011

BELAJAR ALKITAB YUK !!! KEJ 27


KEJ 27 dimana Yakub sudah tua , dan kewajiban seorang ayah/orang tua kepada anak2nya mendoakannya/memberkatinya “ayt 1-4 agar aku memberkati engkau sebelum aku mati”. Ibr 11:20 karena iman Ishak : Yakub dan Esau adalah orang2 yg diberkati.

Ayt 5-10 Ribka seperti Sara;  ingin membantu Tuhan mewujudkan anaknya Yakub menjadi tuan atas kakaknya Esau, Ribka adalah seorang ibu rumah tangga yang pandai memasak/wanita idaman Tuhan “ambillah 2 anak kambing yang baik, maka aku akan mengolahnya menjadi makanan yg enak bagi ayahmu…… agar dia memberkati engkau sebelum ia mati”.

Ayt 11-12 Yakub ragu karena takut bersalah/berdosa ; hingga mendatangkan kutuk bagi dirinya.  

AYT 12-16 karena Ribka/ibunya yang merencanakan semuanya , yang juga menjaminnya/mendukung “akulah yg menanggung kutuk itu”  itulah yg menyebabkan Yakub berani menemui/meminta/ merebut  berkat Esau dari ayahnya.

Ayt 18-29 Ishak sebenarnya ragu, walaupun Ishak matanya sudah tidak dapat melihat tapi pendengarnya masih tajam “kalau suara , suara Yakub, dgn indra peraba ; Ishak meraba tangan Yakub yg dibalut kulit kambing domba seakan berbulu seperti badan Esau, ketipu Ishak, dgn indra penciuman ; Ishak mencium bau baju Esau, yang dikenakan Ribka kpd Yakub; Ishak teripu; sehingga Ishak harus menepati janjinya oleh karena sudah memakan makanan yg di bawakan kpd nya”  
Saudaraku yang terkasih maka ada ayat katakan “ IMAN TIMBUL DARI PENDENGARAN AKAN FIRMAN TUHAN “.

Ayt 30-39 Esau menyadari ia sudah tertipu 2X ; meraung2lah ia dgn sangat keras dalam kepedihan hatinya………..hak kesulunganku sudah dirampas, dirampas pula berkat yg untukku, dan dgn suara keras menangislah Esau”.

Ayt 40 sesuatu kesalahan harus dibayar dengan satu pengorbanan yg besar dan waktu yg panjang “APABILA ENGKAU BERUSAHA SUNGGUH2 MAKA ENGKAU AKAN MELEMPARKAN KUK ITU DARI TENGKUKMU” terbukti Esau berhasil ; kej 33:4 Esau juga berdamai dgn Yakub melupakan dendamnya/mengampuni, ia menjadi bani Edom banyak sekali keturunannya: kej 36 Esau sudah punya cucu, sedangkan Yakub belum, melainkan anak2 Yakub jahat. ( baca alkitabnya menipu orang Hemor, Ruben tidur dgn gundik ayahnya / Bilha, membenci Yusuf/adiknya).