Senin, 15 Agustus 2011

belajar alkitab yuk kej 31


KEJ 31 Saudaraku : perkataan itu sangat menentukan hidup seseorang : ada kata2 yang dapat membangun seseorang , tapi juga ada kata2 yang menjatuhkan seseorang. Ayt 1 ketika dikatakan Yakub sudah mengambil harta Laban; raut muka Laban tidak senang,
Ayt 13 Maka Allah membela/menyertai Yakub,memberi perintah “pulanglah  kenegeri sanak saudaramu ….dan Tuhan juga mengingatkan nazar Yakub kpd-Nya.
Ayt 20-22 pada hari ke 3 Laban baru mendapat kabar Yakub telah lari, karena Yakub tidak memberitahukan Laban. Laban mengejar Yakub selama 7 hari dipegunungan Gilead, Tuhan berfirman kpd Laban “jagalah baik2supaya engkau jangan mengatai Yakub dengan sepatah katapun, ayt 29 Laban tidak dapat berbuat jahat kpd Yakub karena Tuhan.
Ayt19, 30 Rahel mencuri terafin ayahnya, mengapa engkau mencuri dewa2 ku ; berarti Laban belum percaya Tuhan, masih menyembah dewa2. Kenapa Rahel curi ; mungkin Rahel berharap spy ayahnya mengejar mereka dan tahu keberadaan dia.
Ayt 38-39Yakub membeberkan kecurangan Laban 20 tahun bekerja bagi Laban, siang –malam sampai kurang tidur ; jika diterkam binatang buas ; Yakub yg ganti,  jika dicuri ; Yakub juga yang disuruh ganti, 10 X mengubah upah bagi Yakub ayt 7 “jahat ya Laban/curang” Yakub bersaksi Tuhan yang memperhatikan sengsaranya dan jerih payahnya. ayat42.
Ayt 43-55 Laban dan Yakub mengingkat perjanjian,  dalam nama Allah yang disembah Yakub “Tuhan kiranya berjaga2 antara aku dan engkau, jika engkau mengaibkan anak2 ku ; jika engkau mengambil isteri lain disamping2 anak2ku ……..Laban berharap anak2 tdk disiakan2 atau anak2nya dijahati Yakub; takut Laban Karena dia jahat.