Rabu, 17 Agustus 2011

KESEHATAN - 4


Berikut adalah 8 prinsip untuk diikuti jika anda benar-benar mau menjalani kehidupan yang lebih sehat dan produktif
5. AIR
Karena air dibutuhkan pada setiap sel dalam tubuh kita, kita harus minum banyak air.
1. Dalam ukuran berat, tubuh berisi kurang lebih 70 persen air.
2. Tubuh memerlukan kira-kira 1,5 - 2 liter air setiap harinya untuk
    menjalankan setiap fungsinya. Sebagian dari fungsi-fungsi ini
    termasuk sirkulasi darah, pembuangan, penyaluran gizi, dan
    pencernaan.
3. Rata-rata orang mempunyai 15 - 40 milyar sel-sel otak. Pada
   masing-masing sel, 70 - 85 % bagiannya adalah air.
   Air yang cukup untuk menyediakan sel-sel ini menolong untuk
   menjaga anda siap secara mental dan mencegah depresi atau
   rasa tersinggung.
4. Bukan saja air yang anda minum itu penting. Mandi dengan air
    dingin atau hangat meningkatkan sirkulasi, dan menambah
    energi bagi tubuh dan pikiran. Mandi dapat juga menenangkan
    saraf yang terganggu, yang menyebabkan penyakit dengan
    melemahkan sisterm kekebalan tubuh. Mandi berendam dapat
    juga mengeluarkan kotoran di kulit dan menurunkan demam.

6. GIZI YANG BENAR
Saat penciptaan, Allah menginstruksikan Adam dan Hawa untuk makan makanan berupa kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan Kej 1:29. Setelah Adam dan Hawa berdosa, sayur-sayuran ditambahkan dalam menu makanan mereka. Kej 3:18. Setelah peristiwa air bah, sang Pencipta menambahkan makanan daging yang halal ke dalam menu makanan tersebut. Kej 7:2-3, 9:1-6.

Daging hewan mengandung lemak jenuh dan kolestrol, yang meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, stroke, sakit jantung, kanker, kegemukan, sakit gula, dan penyakit lainnya. Saat ini, banyak dokter yang menyarankan mereka yang makan daging untuk hanya makan makanan tak berlemak, daging yang benar-benar masak, dan ikan, dan mengkonsumsinya tidak terlalu sering.

Karena orang-orang yang mempunyai pola makan vegetarian lebih sehat dan hidup lebih lama, para peneliti gizi dan kesehatan mendorong kita untuk memikirkan agar kembali kepada pola makan manusia yang mula-mula yaitu biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan ditambah dengan sayur.
Jika anda mau memulai menu vegetarian, pertama-tama anda harus mengerti bagaimana menyediakan menu makanan yang seimbang tanpa daging. Makan 5 - 6 hidangan setiap harinya dengan bemacam-macam buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, tumbuhan polong, dan sayuran. Sayuran hijau dan kuning dan juga buah-buahan golongan sitrus/ jeruk sangat penting.

Gunakan tepung dari biji-bijian, dan nasi merah gantinya nasi putih. Zat tepung yang dan karbohidrat yang anda makan seharusnya berisi 6 hidangan atau lebih setiap harinya. Gantikan makanan dari lemak hewan (mentega, krim, lemak babi, lemak padat, dll) dengan lemak nabati. Menu makanan yang disebutkan di atas adalah cukup tanpa daging jika anda menggunakan bahan dari susu.
Mereka yang memilih untuk makan daging sebagai bagian dari diet mereka, seharusnya hanya makan daging yang dinyatakan halal di dalam Alkitab atau cocok untuk dimakan. Saat Allah memberikan izin kepada manusia untuk makan daging setelah air bah Kej 7:2-3, Im 11:47, Ia menetapkan makanan daging mana yang halal, dan mana yang haram dan tidak cocok untuk dimakan.
Baca di dalam Im 11 dan Ul 14 tentang jabaran dari burung, binatang darat, dan ikan yang dikatakan oleh Tuhan Allah tidak baik untuk dimakan. Sesuai dengan pasal-pasal ini, hewan yang halal harus mempunyai kuku yang berbelah dan memamah biak. Ikan yang halal harus mempunyai sisik dan sirip. Burung pemakan bangkai dilarang.
Di antara binatang yang haram, babi khususnya disebutkan dan dilarang Ul 14:8. Persentase yang tinggi dari tubuh mausia yang diotopsi terinfeksi terinfeksi oleh cacing pita babi. Cacing-cacing kecil ini ditularkan kepada manusia melalui daging babi yang terifeksi. Penelitian ilmiah akhir-akhir ini semakin menunjukkan mengapa Allah menetapkan bahwa beberapa jenis daging itu haram. Salah satu alasan mungkin bahaya penyakit, seperti cacing pita dalam daging babi. Alasan lain mungkin efek yang merusak dari lemak jenuh untuk sistem pencernaan manusia.
7. HINDARKAN HAL-HAL YANG MERUSAK
Peringatan apakah yang Alkitab berikan mengenai minuman beralkohol?
"Anggur adalah pencemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya." - Ams 20:1.
"Pencuri, orang kikir, PEMABUK, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah." - I Kor 6:10.

Alkohol mempengaruhi sistem tubuh berikut ini:
1. Sistem kekebalan tubuh. Alkohol menurunkan kemampuan sel     
    darah putih untuk melawan penyakit, maka itu meningkatkan
    resiko radang paru-paru, TBC, hepatitis, dan beberapa    
    penyakit kanker.
2. Sistem kelenjar endokrin. Hanya dengan 2 - 3 minuman
    beralkohol setiap harinya meningkatkan resiko keguguran,
    kelahiran mati, dan kelahiran permatur.
3. Sistem sirkulasi. Penggunaan alkohol meningkatkan resiko
    serangan jantung, menurunkan kadar gula, dan meningkatkan
    lemak darah dan tekanan darah, sehingga meningkatkan
    tekanan darah tinggi.
4. Sistem pencernaan. Alkohol melukai perutsehingga
    menyebabkan lambung berdarah. Kebiasaan penggunaan
    alkohol meningkatkan resiko hati berlemak, hepatitis, dan
    sirosis hati.
Alkohol bertanggungjawab atas persentase bunuh diri yang besar, kecelakaan lalu lintas, kasus penyiksaan anak, dan kekejaman dalam rumah tangga.

8. PERCAYA KEPADA KUASA ILAHI
Seseorang yang dihantui oleh ketakutan dan rasa bersalah akan sulit untuk menikmati keuntungan dari kebiasaan hidup sehat yang telah kita bahas. Tetapi seseorang yang memiliki iman positif kepada Tuhan akan mengalami sumber utama dari kesehatan.

"Pujilah TUHAN, hai jiwaku, dan janganlah lupakan segala kebaikan-Nya! Dia yang mengampuni segala kesalahanmu, yang MENYEMBUHKAN SEGALA PENYAKITMU, Dia yang MENEBUS HIDUPMU dari lobang kubur, yang memahkotai engkau dengan kasih setia dan rahmat." - Maz 103:2-4.

David Larson, seorang konsultan dari Institut National dan Kesehatan Mental di Amerika Serikat, melakukan penelitian menyeluruh mengenai hubungan antara keyakinan dan kesehatan. Penelitiannya menunjukkan hubungan langsung antara komitmen kekristenan dan kesehatan. Ia terkejut saat mempelajari bahwa mereka yang pergi ke gereja hidup lebih lama/ panjang umur daripada mereka yang tidak. Orang-orang yang pergi ke gereja mempunyai penurunan serangan jantung, pengerasan pembuluh darah, tekanan darah tinggi, dan penyakit lainnya. Mereka yang beriman kepada Tuhan hidup lebih produktif karena mereka pada umumnya jarang mengalami tekanan, kecanduan alkohol, dipenjara berulang kali karena melakukan pelanggaran, atau terperangkap di dalam pernikahan yang tidak berbahagia. Percaya dalam kuasa Allah adalah dasar keimanan pada kesejahteraan sejati dan hidup yang sehat dan bahagia.

Kira-kira 50,000 umat Kristen diteliti, terutama di California, selama lebih dari 30 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa pria  hidup 9 tahun lebih lama dan wanitanya hidup 8 tahun lebih lama dibandingkan dengan masyarakat umum. Penelitian pada orang2 di Belanda, Norway, dan Polandia menunjukkan hasil yang serupa.  Mereka yang mengikuti prinsip-prinsip ini bukan saja mempunyai hidup lebih panjang, tapi juga kualitas hidup yang lebih baik.


Menerapkan perspektif Alkitab ke dalam kehidupan kita dapat membuat perbedaan secara praktis, menawarkan bukti-bukti yang meyakinkan bahwa Kekiristenan adalah agama yang paling praktis dan masuk akal di dunia ini. Hal ini merubah cara orang berpikir dan bertindak dan menciptakan gaya hidup baru.
Karena hubungan erat antara pikiran, tubuh, dan hidup kerohanian kita, orang Kristen yang hidup sesuai dengan Firman Allah akan mau mengikuti prinsip gaya hidup sehat ketika mereka bersiap-siap untuk menyambut kedatangan Yesus kedua kali         IYoh 3:1-3. Kristus bukan hanya menginginkan agar kita bersiap untuk bertemu denganNya saat Ia kembali, Ia juga ingin meningkatkan kualitas hidup kita sekarang ini. Kita dapat bekerjasama denganNya dengan mengikuti prinsip-prinsip kesehatan dasar dari Tuhan.

Yesus berjanji untuk menyelamatkan kita di setiap kebiasaan yang merusak melalui kuasaNya yang bekerja di dalm kita        Efs 3:20. Jika anda mencoba untuk mengatasi beberapa kebiasaan yang merusak tubuh seperti menggunakan tembakau atau minum-minuman beralkohol, pemecahan terbaik anda untuk berhenti seringkali menjadi sia-sia. Tapi dengan memilih kuasa Tuhan yang bekerja di dalam anda, Tuhan dapat memberikan anda kekuatan untuk mengatasiNya. Firman Tuhan menjanjikan, "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku" Fil 4:13.