Jumat, 19 Agustus 2011

UPAH KETAATAN - SERI KHOTBAH


seorang pemanah dapat memperhitungkan dengan tepat mengenai sasaran. Tuhan juga memberikan kepada kita Hukum-Hukum sederhana untuk mengatur hidup ini yaitu  Ketaatan.
Ul 13:4  “TUHAN, Allahmu, harus kamu ikuti, kamu harus takut akan Dia, kamu harus berpegang pada perintahNya, suaraNya harus kamu dengarkan, kepadaNya harus kamu berbakti dan berpaut.” 
Ketaatan berarti memenuhi rencana/tujuan Tuhan dalam hidup kita dan sikap apa yg menyenangkan hatiNya dan tindakan apa yg diperlukan.
Yoh 14 :15,21 “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahKu.” “Barangsiapa memegang perintahKu dan melakukannya, dialah yg mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh BapaKu dan Akupun akan mengasihi dia dan menyatakan diriKu kepadanya”  
Ketaatan mendatangkan berkat/upah,mengenapi janji-Nya.
1.     Berhasil & Beruntung “Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh2, bertindaklah hati2 sesuai dengan seluruh hukum yg telah diperintahkan kepadamu oleh hambaKu Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung…….,,sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan beruntung” Yos.1:7-8.
·        Simon Petrus, ketika sepanjang hari dan semalaman mencari ikan di danau Galilea tdk  mendapatkan hasil , maka ditengah keputusasaannya, Petrus taat kepada perintah Tuhan Yesus  “Bertolaklah ke tempat yg dalam dan tebarkanlah jalamu ” Luk.5:4
Itu sebabnya Alkitab berkata yes 55:11: “Demikianlah FirmanKu yg keluar dari mulutKu: ia tidak akan kembali kepadaKu dgn sia2, tetapi ia akan melaksanakan apa yg Kusuruhkan kepadanya.”
·        Raja Hizkia, seorang raja Yehuda yang sangat diperkenan oleh Tuhan, karena ia dengan sepenuhnya hidup taat kepada Tuhan. “Maka TUHAN menyertai dia, kemanapun juga ia pergi berperang, ia beruntung.  2 Taw.18:6-9
2.     Mampu Berdiri Teguh ; Itu sebabnya Tuhan Yesus berkata: “Setiap orang yg mendengar perkataanKu ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yg bijaksana, yg mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.” Mat.7:24-25
hanya dengan ketaatan kepada FirmanNya-lah, maka kita bisa membangun rumah Tuhan, rumah tangga,  rumah karakter/character building.. Mzm.127:1a berkata: “Jikalau bukan TUHAN yg membangun rumah, sia-sialah usaha orang yg membangunnya.”
Ketaatan, yaitu dengan Mendengarkan FirmanNya dan melakukan FirmanNya adalah satu2nya cara untuk  bertahan menghadapi hujan, banjir, angin,badai;  
dan mereka yg TAAT KEPADA TUHAN & FIRMAN-NYA lah yg akan tetap berdiri teguh.
3. Terhindar dari Malapetaka/Kutuk/Hukuman : Buatlah bagimu sebuah bahtera dari kayu gofir; bahtera itu harus kaubuat berpetak2 dan kaututup dengan pakal dari luar dan dari luar. Beginilah engkau harus membuat bahtera itu….. Kej.6:15-22, Nuh taat.

Mzm.119:165 berkata: “Besarlah ketentraman pada orang-orang yg mencintai TauratMu, tidak ada batu sandungan bagi mereka.”
Saudara yang terkasih, sungguh ironis pada zaman sekarang banyak pemuda/pemudi dan remaja terjerumus ke dalam gaya hidup yg berbahaya, memalukan dan moral yang rendah. JESUS LOVE U