Kamis, 11 Agustus 2011

BELAJAR ALKITAB YUK !!! KEJ 30


KEJ 30 Rahel cemburu kpd kakaknya “berikanlah kpdku anak, kalau tidak aku akan mati……maka bangkitlah amarah Yakub….akukah pengganti Allah yg menghalangi engkau mengandung”  Saudaraku Cuma Tuhan yg bisa membuka kandungan istri/kita;  kalau kita mandul/belum punya anak; berdoalah dan berharaplah kpd Tuhan; pada akhirnya Tuhan juga yg membuka kandungan Rahel krn mengingat doanya. Ayt 22 “lalu ingatlah Allah akan Rahel, Allah mendengarkan permohonannya serta membuka kandungannya ,  maka ia menamainya YUSUF”.

Ayt 25-43 perjanjian antara Yakub – Laban ; tentang upah yg harus dibayarkan kpd Yakub, tetapi “tidak usah kauberikan apa2 kpdku, bilakah dapat aku bekerja untuk rumah tanggaku …….” Yakub mau hidup mandiri, dia tidak mau hidup dari bantuan/upah dari mertuanya Laban. Jarak Yakub – Laban adalah 3 hari perjalanan.

Ayt 27-43 saya tidak yakin kalau dahan hawar, pohon badam, dan pohon berangan; itu yang menyebabkan anak kambing domba akan berbelang2 dan berbintik2.  Saudara tahu pohon pacar, dan daun pacar digunakan untuk mewarnai kuku; itu terbatas waktunya/dapat pudar. Tapi ada beberapa jenis daun yg bisa kita pakai untuk pewarna kue/seperti daun suji, pandan, daun cincau berwarna hijau/hitam, dan lain2.
Kita kembali ke kambing domba Yakub yg berbelang-belang itu pasti campur tangan Tuhan; dahan yg dipakai itu sarana, tujuan Yakub ingin menipu Laban. Ayt 43 “maka sangat bertambah2 harta Yakub, dan ia mempunyai banyak kambing domba……..” INI SEMUA KARENA TUHAN YANG MEMBUATNYA KEJ 31:12-13.