Minggu, 14 Agustus 2011

TENTUKAN SIKAPMU - KEJUJURAN


      Saudara yang dikasihi Tuhan Yesus Kristus; 2 macam batu timbangan adalah kekejian bagi Tuhan sebab Tuhan cinta akan kejujuran dan keadilan. Dalam dunia ini manusia sering memakai alat pengukur :
·                *  timbangan yang sering dipakai ketika berjualan. Adalah suatu tindakan ketidak jujuran ketika 
             kita memakai dua batu timbangan, ketika kita membeli kita memakai batu timbangan yang 
             menguntungkan kita
·                * ketika kita menjual kita memakai batu timbangan yang merugikan pembeli.
Dalam membina hubungan dengan sesama juga sering tolok ukur yang kita pakai hanya dalam rangka mendatangkan keuntungan bagi kita; selama dari seseorang itu masih ada sesuatu yang kita harapkan dan menguntungkan bagi kita maka kita akan terus membina hubungan dengannya; tetapi kalau sudah tidak ada yang kita harapkan maka kita memutuskan hubungan dengannya.
     Segala tindakan tersebut adalah kekejian bagi Tuhan sebab tindakan tersebut telah   
     mencemarkan maksud dan rencana Tuhan mendatangkan keadilan bagi setiap
     orang.

      Saudara yang terkasih dalam Kristus Yesus;
      Dimanapun kita berada dan apapun yang kita lakukan haruslah kita hidup di dalam kejujuran dan keadilan. Kejujuran dan keadilan harus mewarnai kehidupan kita ketika kita berhubungan kepada siapa pun. Untuk hidup jujur dan adil hendaknya kita memeteraikan di dalam hati kita bahwa kita sama-sama ciptaan Tuhan dan sama-sama yang dikasihani oleh Tuhan. Amsal 15:8 mengatakan: “korban orang fasik adalah kekejian bagi Tuhan, tetapi doa orang jujur dikenan-Nya”; dan Amsal 14:11 mengatakan: “rumah orang fasik akan musnah, tetapi kemah orang jujur akan mekar”.
     
      Saudara yang terkasih , Roh Kudus mengaruniakan kepada kita hati yang bijak yang dapat membedakan apa tidak baik dan apa yang baik yang berkenan kepada Tuhan. Hati yang bijak dan iman yang telah dewasa dapat mengenal segala tindakan kefasikan sehingga dia dapat menghindarinya bahkan menggilas kefasikan itu berulang-ulang, kebijak dan iman yang  dewasa membentuk kita menjadi orang-orang yang hidup di dalam kejujuran dan keadilan.  
      Ams 19:22 Sifat yang diinginkan pada seseorang adalah kesetiaannya; lebih baik orang miskin daripada seorang pembohong .