Jumat, 05 Agustus 2011

BELAJAR ALKITAB YUK !!! KEJ 25


Kej 25 : ayt 1-4 Alkitab mencatat anak2 Abraham dari gundik yang bernama ketura ; 6 orang anak : Zimran, Yoksan, Medan, Mididan, Isybak dan Suab. Baca 1Taw 1:28-33.
Ayt 7-11 Abraham meninggal 175 tahun; karena sdh putih rambutnya, tua, dan suntuk bukan karena PENYAKIT. Dia dikuburkan bersama Sara di gua Makhpela.
Ayt 12-18 Ismael mati umur 137 tahun; keturunan 12 orang raja , masing2 dengan sukunya. Yes 60:7 Segala kambing domba Kedar akan berhimpun kepadamu, domba-domba jantan Nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah-Ku sebagai korban yang berkenan kepada-Ku, dan Aku akan menyemarakkan rumah keagungan-Ku.

Ayt 19-34  Esau dan Yakub anak2 dari perkawinan Ishak dan Ribka, ayt 21  Ishak berdoa kpd Tuhan untuk Ribka yg mandul , Tuhan mengabulkan doanya. Perhatikan baik2 ayt ini : kebanyakan kalau isteri mandul ; suami2 marah, salahkan isteri, jalan terakhir karena tuntutan orang tua harus punya keturunan ; KAWIN LAGI. Alkitab memberi contoh laki2/bapak2 ; DOAIN ISTERIMU.
Ayt 23 kelahiran mereka ada dalam rencana Tuhan “anak yg tua akan menjadi hamba kpd anak yg termuda” pada saat mereka lahir Ishak berumur 60 tahun.
Ayt 27-28  keluarga Ishak terbentuk “ada anak papa dan ada anak mama” . ini bukanlah kehendak Tuhan/keluarga tidak sehat.
Ayt 29-34 Esau ternyata suka kacang merah maka disebut EDOM, eh pintarnya/licik/penipu arti namanya Yakub kan; dan Esau bodohnya/ gampang banget/anggap enteng hak kesulungan; ibr 12:16 Esau punya nafsu yg rendah seperti orang cabul/berzinah/jual diri/gigolo/pelacur/ dikuasi pornografi/diperbudak iblis sexual; MENJUAL HAK KESULUNGAN UNTUK SEPIRING MAKANAN, maka akhirnya berkat hak kesulungan jatuh ketangan Yakub kej 27:35-40. Esau Cuma bisa nagis!!!