Rabu, 10 Agustus 2011

H A T I - PUSAT ORGAN TUBUH ( ARTIKEL )



HATI merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Hati berfungsi menyimpan mineral, vitamin dan gula yang akan digunakan sebagai bahan bakar, membersihkan dan menyaring racun-racun dari darah dan mengontrol produksi atau pengeluaran kolesterol. Karena itu, bisa dikatakan kalau kesehatan Anda secara umum bergantung pada hati.

Ribuan enzim yang mengatur setiap aktivitas tubuh dihasilkan di sini. Jika hati gagal memproduksi salah satu saja enzim ini, maka fungsi tubuh secara umum akan terganggu. Begitu juga dengan limpa. Limpa terdiri dari cairan jaringan, tempat semua sel-sel tubuh dibersihkan.

Gaya hidup modern bisa memaksa hati Anda untuk bekerja keras. Penggunaan alkohol, tembakau, zat pencemar dari lingkungan, zat aditif pada makanan, pestisida dari produk pertanian, kandungan kimia bahan kosmetik, produk-produk rumah tangga, stres, produk farmasi dan obat yang dijual bebas di pasaran termasuk kontrasepsi oral dan kafein, serta berbagai material lainnya bisa membunuh sel-sel liver.

Ketidakseimbangan hati biasanya ditandai dengan sakit kepala, mudah marah, cemas, depresi, kebingungan, kelelahan, penurunan libido serta fungsi mental, alergi makanan, sensitif bahan kimia dan premenstrual syndrome serta kondisi seperti kepikunan dan penyakit parkinson.

Jika hati rusak, maka fungsinya dalam mengeluarkan racun tidak berfungsi. Akibatnya racun akan menumpuk dalam darah dan akhirnya ke otak. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat akan menjaga fungsi hati agar tetap optimal.