Selasa, 01 November 2011

BELAJAR ALKITAB MAT 12


BELAJAR ALKITAB MAT 12
AYT 1-8 Murid2 memetik gandum pada hari sabat

Pada waktu itu, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum. Karena lapar, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya.
Melihat itu, berkatalah orang-orang Farisi kepada-Nya: "Lihatlah, murid-murid-Mu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat."

·       Saudaraku dalam hidup ini memang banyak peraturan, KALAU TIDAK ADA AKAN KACAU ; sekolah, pemerintah, kantor, dll. Tuhan Yesus juga membuat banyak hukum/peraturan yang harus dilakukan umatnya :
·       Disini kita lihat “Tuhan Yesus atas sabat itu, artinya Dia yang menciptakan , Dia punya kuasa mengubah-Nya”
-      Dan Tuhan ubah berdasarkan kekuatan kasih-Nya ; lewat contoh yang berlaku dalam kehidupan orang yang berkenan dihadapan Tuhan : daud, Imam, yang  juga diberlakukan bagi murid2-Nya.
·       Pernyataan Tuhan Yesus  “Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah”.


AYT 9-15 a
Yesus menyembuhkan orang pada hari sabat

ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepada-Nya: "Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?"
·       Karena Tuhan Yesus sangat mengasihi umat-Nya, tentu saja ia menyembuhkannya, tetapi bagi orang dunia memandang satu kesalahan atau pelanggaran berbuat baik pada hari sabat. Tuhan menggambarkan secara sederhana  "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya?
·       Pernyataan Tuhan Yesus “manusia jauh lebih berharga dari pada domba, jadi boleh berbuat baik pada hari sabat."


Ayt 15b-21
YESUS HAMBA TUHAN

Banyak orang dunia berusaha membunuh Tuhan Yesus, Banyak orang mengikuti Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya.
Yesaya: "
·       Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa.
·       Ia tidak akan berbantah dan tidak akan berteriak dan orang tidak akan mendengar suara-Nya di jalan-jalan.
·       Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskan-Nya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkan-Nya, sampai Ia menjadikan hukum itu menang.

Dan pada-Nyalah bangsa-bangsa akan berharap."TUHANLAH PENGHARAPANKU”








AYT 22-37
Yesus dan beelzebul


Kemudian dibawalah kepada Yesus seorang yang kerasukan setan. Orang itu buta dan bisu, lalu Yesus menyembuhkannya, sehingga si bisu itu berkata-kata dan melihat.

orang Farisi mendengarnya, mereka berkata: "Dengan Beelzebul, penghulu setan, Ia mengusir setan."

Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata kepada mereka: "Setiap kerajaan yang terpecah-pecah pasti binasa dan setiap kota atau rumah tangga yang terpecah-pecah tidak dapat bertahan.

Artinya :
·       tidak mungkin Iblis mengusir Iblis, atau jeruk makan jeruk, YANG JAHAT MANUSIA, orang suka makan orang ( HARUS BERTOBAT, MILIKI KASIH YESUS ).
·       Iblis hanya bisa diusir dengan kuasa Roh Allah, maka kalau penyakit dari setan gampang tinggal diusir dalam nama Tuhan Yesus n darah Yesus yang penuh kuasa.
·       Nah , kalau penyakit karena dosa harus bertobat.
·       Tapi kalau penyakit seijin Tuhan untuk menguji kemurnian cinta kita sama Dia, kita pasi diberi KEKUATAN SUPRANATURAL . contoh Ayub.


RAHASIA BESAR; Sebab itu Aku berkata kepadamu: Segala dosa dan hujat manusia akan diampuni, tetapi hujat terhadap Roh Kudus tidak akan diampuni. ARTINYA KITA TIDAK PERCAYA ROH KUDUS.
Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal.

Hai kamu keturunan ular beludak, bagaimanakah kamu dapat mengucapkan hal-hal yang baik, sedangkan kamu sendiri jahat? Karena yang diucapkan mulut meluap dari hati.

Orang yang baik mengeluarkan hal-hal yang baik dari perbendaharaannya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan hal-hal yang jahat dari perbendaharaannya yang jahat.

Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman.

Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum."

·       RAHASIA BESAR MULUT PUNYA KUASA
-      Mengatakan yang baik ; jadilah yang baik
-      Yang diucapkan mulut berasal dari hati; berarti hati sangat mempengaruhi kehidupan
-      Hati sumber perkataan yang baik-buruk
-      Perkataan sia2 harus dipertanggung jawabkan, penghukuman yang berlaku bagi hidup kita.








Ayat 38-42 TANDA YUNUS

Tuhan Yesus mengatakan  "Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda-mujizat. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.

KITA SEMUA TAHU CERITA YUNUS ; Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus – artinya TUHAN YESUS.

ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengar hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo-TUHAN YESUS.

MAKSUNYA ; ada orang lihat Yunus dan Salomo saja bertobat; percaya Tuhan, masa bebal banget orang sdh ketemu Tuhan langsung; masih belum percaya.  


Ayt 43-45 KEMBALINYA ROH JAHAT

Tuhan mengumpamakan kepada orang yang tidak mau percaya Tuhan ini – angkatan yang jahat ; rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapih teratur, lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula.


ayt 46-50 YESUS DAN SAUDARA-NYA
seorang berkata kepada-Nya: "Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau."

tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?"

sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku, yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

·       KAMU ADALAH SAUDARA-NYA TUHAN YESUS.