Senin, 28 November 2011

SUKACITA - NATAL


SUKACITA –NATAL

Dari tahun – ketahun kita terus merayakan natal, saya mau katakan natal berbicara kebenaran, sukacita, sekaligus kekekalan; jadi natal juga tidak akan pernah lepas dari masalah.
Kenapa saya katakan seperti itu , karena dari hari -kehari, bulan- ke bulan, tahun –ketahun , waktu kewaktu ; kita tidak pernah bebas atau tidak punya masalah.
Untuk itu saya mau khotbahkan “ada sukacita ditengah masalah”
1.      Saudara ku berita natal menceritakan ;
-         Luk 1:5-25 Ada elizabet dan zakharia sudah tua lanjut umur; punya masalah besar “belum punya anak-mandul”, ayt 7 Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab Elisabet mandul dan keduanya telah lanjut umurnya.
-         Kalau saudara perhatikan ayat 13 ini “Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: "Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes”, sudah sampai tua , mereka tetap terus berdoa ,maka ngak heran kalau Tuhan memilih mereka .
-         Ketika mereka mempercayai Allah ; ditengah masalah Tuhan memberikan sukacita  Ayat 25 "Inilah suatu perbuatan Tuhan bagiku, dan sekarang Ia berkenan menghapuskan aibku di depan orang”.
2.    Maria seorang gadis belum menikah, tetapi akan mengandung ; bukankah ini juga menjadi masalah yang sangat besar, karena dia mengandung,hampir2 kekasih nya – yusuf orang yang dicintainya akan meninggalkan dia secara diam2;   ayt 34 Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?"
-         Rencana Allah
-         Bagi Tuhan tidak ada yang mustahil
-         Ketika maria berserah – taat ,ada suka cita ditengah masalah ; Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

3.    Maria melahirkan Tuhan Yesus yaitu Tuhan dan Juruslamat dunia, kesukaan besar bagi dunia,
-         luk 2:25-26 “Adalah di Yerusalem seorang bernama Simeon. Ia seorang yang benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel. Roh Kudus ada di atasnya, dan kepadanya telah dinyatakan oleh Roh Kudus, bahwa ia tidak akan mati sebelum ia melihat Mesias, yaitu Dia yang diurapi Tuhan.
-         Lagipula di situ ada Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer. Ia sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah kawin ia hidup tujuh tahun lamanya bersama suaminya, dan sekarang ia janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa. Dan pada ketika itu juga datanglah ia ke situ dan mengucap syukur kepada Allah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem.

KESIMPULAN SAYA:

1.      KARENA Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang kita sembah tidak terbatas, kita manusia punya banyak keterbatasan-kelemahan , mungkin banyak hal dalam segala aspek kehidupan kita ; suami kita , istri, anak2, ekonomi, pekerjaan, rumah kontrakan, masalah pribadi jatuh dalam dosa lagi – jatuh lagi, menjadi masalah ; ketika kita mau percaya yesus, dan menyerahkan hidup kita dalam tangan artinya kita mau taat perintah-Nya , bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.
2.    Rencana Tuhan – bukan rencana kita ; mungkin ada banyak rencana kita gagal;  kuliah, menikah,membeli rumah, usaha, jangan kita kecewa, jangan kita pernah tinggalkan Tuhan Yesus, jangan kita tawar hati , itu rencana kita – bukan rencana Allah ; saya mau katakan bahwa rencana Tuhan tidak pernah gagal  “ herodes merasa tersaing oleh lahirnya seorang raja –Tuhan Yesus, ia berusaha membunuh bayi Tuhan Yesus , itu rencana manusia, tapi rencana Tuhan tidak pernah gagal “  percayalah Tuhan merancangkan kehidupan yang baik buat saudara dan saya , bukti dari kelahiran Tuhan Yesus yer 29:11-14”
3.    Kita harus jadikan Tuhan Yesus adalah segalanya bagi kita , saya beri contoh jika ada undangan pernikahan yg datang kepada saudara dan saat itu anda sibuk sekali , saudara pasti akan melihat siapa dulu yg menikah “ kalo orang itu anda tidak kenal saya percaya  anda tidak akan hadir , tetapi kalau orang itu orang yang pernah berjasa menolong saudara ;  sesibuk-sibuknya saudara ;  pasti  saudara akan menyempatkan diri untuk hadir “ saya yakin saudara mengerti maksud saya, artinya Tuhan  Yesus itu sudah baik senantiasa menolong kita, memberkati kita, menyembuhkan kita, menguatkan kita, mengasihi kita, sudah mati dikayu salib buat kita , pasti ada sesuatu yang harus kita lakukan bagi Dia”
-         Rom 8:28   Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.
-         1kor 2:9 Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia."
-         yak 1:12 Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia.
-         yak 2:5 Dengarkanlah, hai saudara-saudara yang kukasihi! Bukankah Allah memilih orang-orang yang dianggap miskin oleh dunia ini untuk menjadi kaya dalam iman dan menjadi ahli waris Kerajaan yang telah dijanjikan-Nya kepada barangsiapa yang mengasihi Dia?

JANJI TUHAN AKAN DIGENAPI BAGI SETIAP ORANG YANG MENGASIHI DIA, JESUS SAVE U, BECAUSE JESUS LOVE U