Senin, 28 November 2011

DIDALAM KELEMAHAN- KITA MELIHAT TUHAN


DIDALAM KELEMAHAN -KITA MELIHAT TUHAN  

KHOTBAH INI TERAMBIL DARI KITAB  1 sam 27

-         Kita tahu Daud adalah orang yang diurapi Tuhan
-         kita tahu juga bahwa Daud adalah orang yang berkenan dihati-Nya
-         kita juga tahu bahwa Tuhan mengikat perjanjian dengan Daud untuk kepentingan umat –Nya  ( ada banyak perjanjian karena Daud , sebab Bapa disorga mempersiapkan keluarga Daud sampai pada keturunan Tuhan Yesus ),  maka Tuhan Yesus pun disebut anak Daud.

Yang ke 1
Ternyata dan terbukti Daud adalah manusia biasa sama seperti kita punya kelemahan ; Daud takut mati  ayat 1 -2
·        Tetapi Daud berpikir dalam hatinya: "Bagaimanapun juga pada suatu hari aku akan binasa oleh tangan Saul. Jadi tidak ada yang lebih baik bagiku selain meluputkan diri dengan segera ke negeri orang Filistin; maka tidak ada harapan bagi Saul untuk mencari aku lagi di seluruh daerah Israel dan aku akan terluput dari tangannya."
·        Bersiaplah Daud, lalu berjalan ke sana, ia dan keenam ratus orang yang bersama-sama dengan dia itu, kepada Akhis bin Maokh, raja kota Gat.

Dalam  ketakutan Daud membuat kesalahan besar; dia tidak lagi datang kepada Tuhan seperti pasal –pasal sebelumnya ;
Ø Daud tidak mencari kehendak Tuhan
Ø Daud tidakmengandalkan Tuhan yer 17 :5-8
Ø Daud tidak berdoa ; untuk mendapat petunjuk Tuhan
Ø Daud berjalan , bertindak dengan kemauannya sendiri ;  dengan pikirannya sendiri, dengan caranya sendiri, dengan kekuatannya sendiri.
Ø Daud  jadi  duniawi bersekutu dengan orang dunia ( raja Akhis orang filistin – gambaran dunia )

Dalam kitab yer 17 :5 Beginilah firman TUHAN: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!

Artinya apapun yang dilakukan Daud , itu bukan keinginan – kehendak Tuhan , dan pada akhirnya-  akan diakhiri olehTuhan  , terbukti ayat 6 dan 1 sam 30 menceritakan ; Daud hanya tinggal atau bertahan selama 1 tahun 4 bulan ( hidup dizona nyaman dunia karena kemauannya sendiri ; singkat, terbatas, hanya sebentar saja ) , kota yang ditinggal terbakar oleh musuh.

Yang ke 2 :
Daud juga melakukan dosa kebohongan – dusta ayat 9-10;
·        Apabila Daud memusnahkan negeri itu, seorangpun tidak dibiarkannya hidup, baik laki-laki maupun perempuan; ia merampas kambing domba, lembu, keledai, unta dan pakaian, kemudian pulanglah ia dan kembali kepada Akhis.
·        Jika Akhis bertanya: "Di mana kamu menyerbu pada hari ini?" maka jawab Daud: "Di Tanah Negeb Yehuda," atau: "Di Tanah Negeb orang Yerahmeel," atau: "Di Tanah Negeb orang Keni."

Inilah kelemahan manusia ; Daud berpikir,  ia punya cara yang benar        “ia memusnahkan musuh, terus berbohong pada musuh memusnahkan bangsanya sendiri , kelihatannya baik menurut manusia  tetapi sesungguhnya Tuhan tidak demikian apa yang ditabur akan dituainya, Tuhan tidak dapat dipermainkan” Gal 6:7  Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.

Kenapa Tuhan menciptakan manusia dengan kelemahan, keterbatasan karena Tuhan ingin kita mengandalkan Dia ( Tuhan Yesus adalah Allah Immanuel ; Allah yang menyertai kita, dan Roh Kudus akan menjadi penolongmu ) ; yer 17:7-8  
·        Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!
·        Ia akan seperti pohon yang ditanam di tepi air, yang merambatkan akar-akarnya ke tepi batang air, dan yang tidak mengalami datangnya panas terik, yang daunnya tetap hijau, yang tidak kuatir dalam tahun kering, dan yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Sesungguhnya Tuhan menghendaki Daud –kita : datang kepada Tuhan andalkan Dia, mencari Dia-doa, meminta petunjuk-Nya dan melakukan sesuai dengan kehendak-Nya. Rom 6:19  Aku mengatakan hal ini secara manusia karena kelemahan kamu. Sebab sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan.

Catatan –sekaligus kesimpulan ;
1.      1sam 28:6 Saul saja yang sudah ditinggalkan Tuhan , masih berusaha datang kepada Tuhan untuk minta petunjuk.  “ Dan Saul bertanya kepada TUHAN, tetapi TUHAN tidak menjawab dia, baik dengan mimpi, baik dengan Urim, baik dengan perantaraan para nabi”.
2.    Apa yang kita tabur itu yang kita akan tuai : Daud ditolak raja2 kota orang filistin –dunia “Sebab itu, pulanglah, pergilah dengan selamat dan jangan lakukan apa yang jahat di mata raja-raja kota orang Filistin itu."
3.    Tuhan menghendaki kita hidup benar – rohani;   Rom 1:17 Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."
4.    1sam 30 Tuhan mengizinkan masalah terjadi kepada Daud-kita ; supaya kita lkembali mencari Dia. Untuk itu kita perlu lihat seri khotbah say tq problems.

JESUS LOVE U