Selasa, 02 Agustus 2011

belajar alkitab yuk !!! kej 20-21


KEJ 20 Lagi2 manusia2 : ayt gara2 Abraham ngak jujur Sara isterinya “dia saudaraku” maka Abimelekh,raja Gerar. menyuruh mengambil Sara , mau dijadikan isteri !!! bikin orang jadi berdosa aja.
Ayt 3-7 untung Abimelekh ini orang baik “engkau harus mati…,Aku tahu engkau melakukan  dengan hati yang tulus….,kembalikan isteri orang itu…..”  coba perhatikan, Abraham hampir mencelakakan orang lain  , bukan jadi berkat;  gara2 TIDAK JUJUR, didunia ini orang kaya, cantik/ganteng, pinter; banyak, tapi orang jujur DIKIT.
Ayt 7 Tuhan sendiri yang metahbiskan Abraham jadi Nabi, ayt 9-11 “kesalahan apa yang kulakukan terhadap engkau, sehingga engkau mendatangkan dosa besar…, Aku berpikir …………, manusia senengnya BERDALIH !!!!
Ayt 17-18 setelah berdamai, ada KETERBUKAAN, kejujuran, mendatangkan berkat/pemulihan “lalu Abraham berdoa kpd Allahn, Allah menyembuhkan seisi kerajaan Abimelekh”.
KEJ 21 Ishak lahir ; TEPAT seperti yang difirmankan/dijanjikan Allah “adapun Abraham berumur 100 tahun, ketika Ishak, anaknya, lahir baginya” ayt 5.
Kej 21:8-21 Abraham mengusir Hagar dan Ismael; ayt 11-13 “hal ini sangat menyebalkan Abraham…., haruslah engkau mendengarkannya…” Abraham tidak suka/tdk mau melakukannya, tapi karena perintah Tuhan , ia lakukan.  Analisa saya : mungkin Abraham hati lembut/tdk tega, baik, kasihan , juga mungkin sudah terlanjur cinta/sayang….nano2 hati Abraham, Tuhan yang tahu, maka Tuhan menguatkan Abraham dengan janji Ismael juga anaknya, maka akan dibuat menjadi satu bangsa yang besar juga “ayt 18 sebab Aku akan membuat dia menjadi bangsa yang besar, ayt 15-21 maka ketika air minumnya habis, Tuhan menolong Hagar dan Ismael “Allah menyertai anak itu….”