Selasa, 02 Agustus 2011

BELAJAR ALKITAB YUK KEJ 21-22

KEJ 21:22-34 Perjanjian antara Abraham dgn Abimelekh : ayt 23 Abimelekh berharap Abraham tidak berlaku curang kpd keturunannya, “sesuai dgn persahabatan yg kulakukan kpdmu…” alkitab bilang  seperti ini : kalo kita bersahabat dgn dunia kita akan seperti dunia, kalo kita bersahabat dgn orang pintar kita pasti jadi pintar, kalo kita bersahabat dgn pemabuk pasti kita jadi pemabuk, tapi kalo kita bersahabat dgn Allah kita akan seperti Allah/ bukan menjadi Allah, jgn salah artikan. Tuhan Yesus juga mengadakan perjanjian dgn darahnya untuk menebus dosa kita.
Ayt 25-31 didalam persahabatan pasti ada konflik; tetapi kembali kepada kita bagaimana kita menyelesaikan konflik ; Abraham memberi teladan cara menyelesaikan konflik; tidak pake marah, tdk pake berkelahi, tdk berbuat jahat….tapi dgn cara damai dan tdk merugikan pihak lain.
KEJ 22 Abraham diuji Tuhan : berat banget ujiannya; Abraham diperintahkan Tuhan mempersembahkan korban anak satu2nya Ishak di gunung Moria “ambillah anakmu yg tunggal itu, yg engkau kasihi…. persembahkanlah dia disana sebagai korban bakaran…” Abraham tdk ceritakan kpd Sara, tdk juga kpd ke dua bujangnya…., juga kpd Isak ayt 7-8”.  Ayt 9-10 Anehnya waktu Ishak diikat dan mau di sembelih, Ishak tdk melawan dan tdk memberontak; Ishak sangat mempercayai bapanya, artinya apapun yg ia lakukan itu baik baginya ….SAMA HAL DGN BAPA YG MEMPERSEMBAHAN YESUS , ANAK TUNGGALNYA, TUHAN YESUS MENJALANKANNYA DGN MEMPERCAYAI SEPENUHNYA; seharusnya kita juga demikian.