Minggu, 07 Agustus 2011

BELAJAR ALKITAB YUK !!! MAZ 10-11, KEJ 26


Maz 10 pasal ini menggambarkan keadaan orang fasik yg memburu orang yang tertindas, mengendap untuk untuk menangkap orang yang tertindas, ayt 7 , rom 3:14 mulutnya penuh dgn sumpah serapah, dgn tipu dan penindasan dilidahnya ada kelaliman dan kejahatan; ayt 12,14,17,18 Tuhan bangkit mengulurkan tangan-Nya bagi orang lemah, anak yatim , Tuhan telah mendengar teriakan orang2 yang tertindas, Tuhan menguatkan hati mereka. Tuhan memberi keadilan kpd anak yatim,  orang yg terinjak, supaya dibumi tdk ada lagi manusia yang berani menakut2i.
Maz 11 Daud mengalami secara pribadi dan ia mengakui : mata Tuhan mengamat2i manusia, ayt 5-6 Tuhan menguji orang benar dan orang fasik, dan Tuhan membenci orang yg mencintai kekerasan ; Ia menghujani  orang2 fasik dgn arang berapi dan belerang, angin yg menghanguskan, itulah isi piala mereka.

KEJ 26  karena bencana kelaparan ; Ishak pergi ke Gerar , kpd Abimelekh raja orang Filistin. Dan Tuhan berfirman menegaskan kembali janji-Nya kpd Abraham dan keturunannya “jgnlah pergi ke Mesir, sbb kpdmulah dan keturunanmu akan Kuberikan seluruh negeri ini, dan Aku akan menepati sumpah yg telah Kuikrarkan kpd Abraham , ayahmu”  ayt 1-5.
Ayt 7-11 lagi2 manusia suka sekali berbohong/tdk jujur, apa yang pernah dilakukan Abraham, dilakukan juga oleh Ishak, maka ada pepatah katakan like father like son, “sesungguhnya dia isterimu, masakan engkau berkata ‘dia saudaramu’sehingga engkau mendatangkan kesalahan atas kami”
Ayt 12 Maka menaburlah Ishak ditanah itu dan dlm tahun itu juga ia mendapat hasil 100X lipat ; sebab ia diberkati Tuhan.  Karena Tuhan sangat memberkati Ishak maka sumur2 yang digali “mereka mendapati mata air yg berbual2 airnya, lagi2 karena sumur yg digali gembala2 Ishak menjadi pertengkaran gembala2 Gerar. Ayt 22 Ia pindah dari situ dan menggali sumur yg lain lagi, tetapi tentang sumur ini mrk tdk bertengkar lagi , sumur ini dinamainya REHOBOT ……….”
Ayt 16 raja Gerar merasa cemburu/iri/tersisih “pergilah dari tengah2 kami sbb engkau telah jauh lebih berkuasa dari pada kami”,tapi ayt 26-31 raja Gerar merasa bersalah/tdk adil/tdk baik/semua itu karena Tuhan , Abimelekh mau berdamai “ kami telah  melihat sendiri, bahwa Tuhan menyertai engkau , mereka mengikat perjanjian tdk berbuat jahat, tidak mengganggu….”
Ayt 34-35 Esau pada umur 40 tahun mengambil isteri  Yudit dan Basmat orang Het, menimbulkan kepedihan hati Ishak dan Ribka; karena kedua perempuan itu bukan pengikut Allah.