Senin, 08 Agustus 2011

SERI KHOTBAH KETAKUTAN 2tAW 20

KRISIS ROHANI – KETAKUTAN  2taw 20
Saudaraku yang terkasih selamat pagi; jika saya bertanya apa kabar? Pasti saudara akan menjawab luar biasa; kalau kita tahu syukuri hidup ini oleh karena Tuhan Yesus baik. Tapi dalam hidup ini juga luar biasa persoalan kita!!!

Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan :                                                      

·       Pernahkah saudara meraa Tuhan begitu jauh
·       pernahkah saudara merasa Tuhan tidak adil 
·       pernahkah saudara merasa Tuhan tidak menjawab doa2 mu
·       pernahkah saudara merasa Tuhan dimana Engkau                                    
·       pernahkah saudara merasa Tuhan tidak ada    

Ada hal2 yang kita sudah ketahui :                                                                        

-         yes 55:8 rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, jalanmu bukan jalan-Ku,              
-         yer 29:11 sebab rancangan-Ku rancangan damai sejahtera bukan rancangan kecelakaan untuk memberikan kepada kamu HARI DEPAN YANG PENUH HARAPAN.                                                                                
-         Mat 1:23, 28;20  Aku adalah Allah Immanuel, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman/akhir hidupmu didunia.

Tapi ketika masalah datang ; kita menjadi takut. Sama dengan yang dialami Yosafat. Yosafat berumur 35 menjadi raja Yehuda, ia hidup mengikuti jejak ayahnya Asa, tidak menyimpang dari pada Tuhan dan melakukan apa yg benar dimata Tuhan. Bukit2 pengorbanan tidak dihancurkan, maka orang masih menyembah berhala, tetapi pelacuran dihapuskan . 1raj41-51
2Taw 20 Masalah yg dihadapi Yosafat sangat besar, bani Moab, bani Amon bersekutu dgn orang Meunim akan menyerang kerajaan Yehuda.  Yosafat memang dalam ketakutan tapi dia mengambil keputusan :            1.  Ayt 3 Menyerukan  seluruh Yehuda BERPUASA/mendisiplin diri/ mengambil waktu duduk dikaki Tuhan, mendengarkan Yosafat berdiri ditengah2 jemaah Yehuda dirumah Tuhan; mengatakan perbuatan/ mujizat, kuasa/kebesaran Tuhan yang disembah nenek moyang dari keturunan Abraham; “bila suatu malapetaka menimpa kami, yakni pedang, penghukum  an, penyakit sampar/mematikan atau kelaparan, kami berdiri dimuka rumah ini,  dihadapan-Mu, karena nama-Mu tinggal di dlm rumah ini. Dan kami akan berseru kpd-Mu, krn nama-Mu, sampai Engkau mendengarkan dan menyelamatkan kami.
Ayt 10 memang Tuhan melarang orang Israel memasuki dan memusnah kan  negeri bani Moab dan bani Amon karena perjanjian-Nya kpd keturunan Lot. Ul 2:9, 18-19. “jangan melawan mereka dan jangan menyerang mereka , karena Aku telah memberikan kpd bani Lot menjadi miliknya.
2. Kita kembali ke Yosafat; seluruh jemaah/segenap keluarga dgn isteri dan anak2 Yehuda puasa, berseru/berdoa menunggu dgn sabar sampai Tuhan jawab; memohon belas kasih/ pertolongan Tuhan; ayt 12 “kami tdk mempunyai laskar yg besar ini,  kami tidak tahu apa yg harus kami lakukan, tetapi mata kami tertuju kpd-Mu”, mereka merendahkan hati.
Ayt 14-17 Tuhan memakai seorang yag bernama Yahaziel dihinggapi Roh Tuhan, menubuatkan isi hati/perintah Tuhan “dalam peperangan ini tidak usah kamu bertempur, tinggal berdiri ditempatmu, dan lihatlah bagaimana Tuhan memberikan kemenangan kpd-Mu, janganlah takut dan terkejut. Majulah besok menghadapi mereka . Tuhan akan menyertai kamu. INILAH JANJI TUHAN KPD YOSAFAT dan KITA.
3. ayt 18-19 Seluruh Yehuda berlutut menyembah Tuhan, dan orang lewi menaikkan pujian2 bagi Allah dgn suara yg sangat nyaring; Kalo memuji Tuhan suara harus nyaring terdengar orang lain tapi bukan berteriak. INGAT YA!!!!
ayt 20-23 karena Yosafat sudah dikuatkan Tuhan, Yosafat menguatkan orang lain “percayalah kpd Tuhan, Allahmu dan kamu akan tetap teguh! Percayalah kpd nabi2-Nya dan kamu akan berhasil. Sebelum maju perang, Yosafat mengangkat team puji2an maju memimpin pasukan perang. Ketika mrk bersorak-sorai menyanyikan pujian bagi Tuhan “Tuhan membuat penghadangan terhadap bani Moab, bani Amon dgn penduduk Seir, sesudah mrk menumpas dan memunahkan pendudukan Seir, mrk saling bunuh –membunuh. Tuhan mengenapi janji-Nya, ketika Yehuda tiba tampaklah semua telah menjadi bangkai berhantaran ditanah, tdk ada yg terluput”.  
Ayt 26-30  pada hari ke 4 mrk berkumpul di Lembah pujian , disanalah mrk memuji Tuhan dan itulah sebabnya orang menamakan tempat itu lembah pujian hingga sekarang, dengan KEMENANGAN mrk masuk rumah Tuhan dengan gambus, kecapi, nafiri.  Nama Tuhan dimahsyurkan kesemua kerajaan negeri2 lain “Tuhan yg berperang melawan musuh2 Israel”.
Ayt 35-37 , 1raj 22: 41-50 sayang2, manusia2 banyak maunya/mau kaya/cinta mamon, Yosafat salah jalan bersekutu dgn Azahia orang fasik/anak Ahab;  membuat kapal2 yg dapat berlayar ke Tarsis/berbicara duniawi/ingat Yunus; pergi ke Ofir mengambil emas, Tuhan memakai Eliezer menubuatkan “krn engkau bersekutu dgn ahazia maka Tuhan akan merobohkan pekerjaanmu, lalu kapal2 itu pecah dan tdk dpr berlayar berlayar ke Tarsis. 1raj 22:50   Yosafat bertobat “tetapi Yosafat tdk mau”.
INDAHNYA HIDUP BERSAMA DENGAN TUHAN YESUS, SEGALA PERKARA DAPAT KUTANGGUNG