Rabu, 11 Januari 2012

365 hari kemenangan


365 HARI RENUNGAN UNTUK MERAIH KEMENANGAN
( YESUSLAH MOTIVATOR NO.1)

1.    MULAILAH DENGAN TUHAN
Kej1:1, Ayb11:7-8, 21:15 kita harus mulai dengan Tuhan, walaupun hal ini sangat sulit dan menyakitkan ; tetapi jika kita mulai dengan Dia; ada jaminan keadaan yang lebih baik. Tuhan menghimbau agar kita jangan menyerah dan berhenti.

2.    PILIHLAH KEHIDUPAN
Didunia ini hanya ada 2 filsafat “YA atau TIDAK” ; Kristus mengatakan YA pada kehidupan sedangkan dunia mengatakan TIDAK pada kehidupan. Pkh 4:1-2 mengatakan orang yang sudah mati lebih bahagia. Yoh12:24-25 kematian merupakan peoses yang harus dilalui untuk menuju kehidupan yang sesungguhnya. Yoh10:10,14:6 Yesus mengatakan Dialah jalan kehidupan; artinya kita tahu siapa yang mesti kita pilih dengan segala konsekwensinya.

3.    MILIKI POTENSI KEHIDUPAN
Saudara pernahkah anda membandingkan BALON dan TELUR? BALON kelihatan indah  menawan, warna-warni, ringan bergerak kesana-kesini, dipakai untuk menyemarakkan pesta. Begitulah tampak luarnya, dalamnya kosong dan hampa, keberadaannya hanya sesaat, kemudian lenyap. TELUR jelas kalah  cantik, kalah menarik, kecil, rentan mudah pecah, tetapi sebenarnya terkandung potensi kehidupan. Pkh 1:2-3 hidup adalah kesia-siaan; jadi kalau ada orang menganggap hidup didunia ini adalah segala-galanya sampai mengorbankan apa saja ??? sayang sekali.

4.     HIDUP INI ADALAH PILIHAN;
·       ada yang memilih hidup asal-asalan.
·       ada yang memilih bertapa, bermeditasi, mengasingkan diri jauh dari segala kenikmatan dunia
·       sebaliknya ada yang memilih mempertahan segala kenikmatan
Dunia dimulai dengan penciptaan yang memiliki  makna Kej 1,2  Why 21, 1Kor15:54 segala sesuatu dalam proses bukan kesia-siaan, Kej 1:26 manusia adalah gambar Allah;  yang memiliki kuasa yang berasal dari Allah, Yoh 16:33 dalam dunia memang kita menderita tetapi Yesus sudah mengalahkan dunia artinya kita berhak memiliki kehidupan yang berkemenangan.

5.    JADILAH BIJAK
Manusia pernah berpendapatan “SUATU SAAT ILMU PENGETAHUAN BISA MENJAWAB SEMUA PERTANYAAN DAN MENGATASI DEMUA PERSOALAN”. Maz53:2 orang yang mengatakan tidak ada Allah adalah orang BEBAL. Kej 2:7 tanpa nafas kehidupan dari Allah, manusia tidak lebih sekedar “DEBU” Maz 42:2-3 bagaimana seharusnya melukiskan sikap dan perasaan hati orang “BIJAK”.






6.    YESUS TIDAK BERUBAH
Thomas Carlyle (1775-1881) sastrawan dan sejarahwan Inggris terkenal; berdiri menatap Via Dolorosa dikota Roma ”SAHABATKU YANG MALANG ANDA SUDAH TAMAT yang dimaksud adalah YESUS. Beberapa tahun kemudian tentu saja; Tuhan Yesus tidak berubah kasihNya KuasaNya, mujizatNya, pertolonganNya, …..tetapi Carlyle telah berubah. Syukurlah masih banyak orang-orang yang berusaha hidup adil, jujur, saleh, mereka adalah orang-orang yang percaya YESUS BERKUASA 2Kor 13:3.

7.    KUASA KEBANGKITAN
1Kor 15:12-34 Hidup tanpa tujuan yang cukup kuat dan cukup tinggi akan hancur berkeping-keping. Yesus adalah sumber isi dan arah kehidupan, karena Ia menjadi Allah yang akrab dan dekat; yang menyapa dengan bahasa yang kita mengerti, yang merasakan penderitaan-penderitaan kita. Ibr 4:15

8.    AGAMA UNTUK APA?
Agama membuat manusia merasa aman dan mampu bertahan dalam kehidupan. Mat4:3 manusia mendambakan hidup yang terarah, bermakna dan berkelanjutan. Agama adalah wujud jeritan hati manusia untuk kehidupan yang lebih penuh, lebih berarti, lebih abadi. Menurut Paulus baik yang mau mengakuiNya maupun yang menyangkalNya ; sebab kita sama-sama mengeluh Rom 8:22.




9.    PRAKARSA ILAHI
Tujuan Allah mencari anda yaitu menjadikan anda istriNya dalam “KEADILAN dan KEBENARAN” dalam kesetiaan dan kasih sayang. Hos2:18-20.


10.   TITIK TEMU
Ini merupakan ekspresi dambaan manusia akan hidup bermakna dan bermutu. Upaya manusia mencari Allah Maz 13:2, 139:7 Agama adalah inisiatif atau prakarsa Allah; manifestasi kasih Allah yang merindukan dan mencari manusia . Yoh 1:14 Yesus menjadi penghubung Allah dan manusia.

11.   KERAJAAN ALLAH
Mat 4:17, Luk 11:2 yang paling sentral bicara kerajaan Allah; bila anda menerima Yesus berarti anda mesti hidup dalam nilai-nilai kerajaan Allah; kebenaranNya, keadilanNya, kasihNya, perdamaianNya, dan seterusnya. Anda harus berubah.

12.    KERAJAAN ALLAH DIDALAM KITA
perhatikan   baik-baik bila anda masih hidup diluar kerajaan Allah Mat 7:21, walaupun anda sudah jadi Kristen puluhan tahun; anda tidak lolos ujian Mat 5:11-12. Mrk 1:15 pemberitaan Yesus yang paling sentral BERTOBATLAH  dan PERCAYALAH INJIL.

13.   KERAJAAN ALLAH DAN HIDUP KITA
Mrk 9:43,47 kerajaan Allah dan hidup kita tidak dapat dipisahkan melainkan satu hidup yang sejati yang dimaksudkan oleh Yesus; hidup yang berasal dari Tuhan ”IA HIDUP DIDALAM ANDA” Yoh 14:6


14.   EKSENTRIK
tidak natural; manusia menyimpang dari yang normal Rom 1:21 secara alami manusia mengenal Allah; akibat dosa manusia tidak menyerahkan diri kepada Allah. Rom 1:25-31 manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah karena hal itu baginya adalah suatu KEBODOHAN.

15.   PENGAWAL atau NAKHODA
      2Kor5:17  jadikan Yesus sebagai pedoman dan panutan. Yoh 6:16-21 dalam masalah kita selalu merindukan kehadiranNya, pertolonganNya. Jika kita mencintaiNya, menghormatiNya; hanya bila anda  dengan sukacita mengundang Tuhan Yesus sebagai nakhoda memimpin anda sampai pada pantai yang anda tuju. 

  16. MENGUJI PENGUJI
Kej 3:1-7 Iblis selalu memutar balikkan firman Tuhan / kebenaran. Didalam diri kita ada alat penguji: penglihatan mata, firasat hati, pertimbangan akal/pikiran.  Kej 3:6 perempuan itu melihat buah pohon baik untuk dimakan, dan menarik hati. Kis 10:14 tradisi; mesti kita hormati. Alat penguji yang tepat adalah FIRMAN TUHAN. Yes 42:16 ujilah apa yang kita lakukan adalah kehendak Tuhan.


  17. SUARA HATI
        Kis 8:26 Filipus mendengar suara Tuhan, lalu taat         melakukannya. Kita sering mengasumsikan suara hati dengan suara tuhan; kita dapat mengujinya kalau itu pimpinan Tuhan  pertanyaannya: APAKAH YANG ANDA LAKUKAN MENJADI BERKAT BAGI ORANG LAIN ? atau HANYA UNTUK KEPENTINGAN DIRI SENDIRI ? ;  bukan berarti setiap pimpinan Tuhan identik dengan penderitaan Yes 58: 11 tuntunan Tuhan seperti taman dialiri air dengan dengan baik.

 18 . MENUNGGU DALAM DOA
        Sarana untuk memastikan kehendak Tuhan adalah DOA, tetapi adakalahnya Tuhan belum menjawab doa-doa kita. 1Tes5:17 tetaplah berdoa, Mat 15:21-28 tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya, tetapi ia sabar menunggu dengan iman dan kerendahan hati yang luar biasa yang akhirnya menghasilkan buah. Kis 9:10b Petrus berdoa, Kis 10:1-47 terjadi pengalaman rohani yang luar biasa “MEREKA MENGALAMI BAPTISAN ROH KUDUS”

19.  BEBAS DARI KARAT KEKOSONGAN
        Bila kita berdoa; berilah kesempatan kepada Tuhan untuk  menyapa kita!.  1Tim 6:14 turutilah perintah ini dengan tidak bercacat cela; ada banyak orang Kristen, aktivis gereja; bertahun-tahun ibadah, rajin membaca alkitab, aktif pelayanan, bersaksi; namun hatinya tetap kosong, tidak ada suka cita, tidak bergairah, sebab yang ada adalah RUTINITAS, KESIBUKKAN, dan KELELAHAN.


 20. IMAN
        Ibr 10:38 tetapi orang benar akan hidup oleh iman, Ibr 12:2 memikul salib adalah suatu kemuliaan.

 21. TERBELENGGU KE DALAM
        Penghalang pertama adalah diri kita sendiri, terpasung oleh kekhawatiran, terpasung ketidak pastian, rasa malu. Gal5:1, Yoh8:36 orang yang telah dimerdekakan oleh Kristus mereka memiliki kebebasan dan berani mengexpresikan keyakinan mereka tanpa kendala. Kis 4:13 ketika sidang melihat Petrus dan Yohanes orang yang tidak terpelajar, tetapi mereka dibuat heran; karena mereka pengikut Kristus.  

 22. GEREJA YANG DIPAGARI
        Kis 13:45 bangsa Israel adalah bangsa pilihan Allah; tetapi mereka menolak pemberitaan tentang Yesus, Kis 15:19 ada bangsa lain yang berbalik kepada Allah. Bila kekristenan terkurung dibalik pagar, maka milyaran orang tidak pernah memperoleh kesempatan mendengar injil termasuk anda dan saya.

 23. BENDERA GEREJA (DENOMINASIOLISME)
        Luk 9:49 jika Allah khalik langit dan bumi kita jadikan sekadar Allah denominasi ini adalah penghujatan.

 24. PAGAR PRIBADI
        Kita pasti suka orang yang jujur dan terus terang. 1Yoh1:1 pemberitaan tentang Yesus/firman yang hidup, 1Ptr3:15-16 harus kita pertanggung jawabkan, 1Kor12:7 menggunakan karunia yang Tuhan sudah berikan unutk kepentingan orang lain.

25. KUASA YANG MEMBEBASKAN  
Efs 6:12  perjuangan kita adalah melawan penguasa-penguasa kegelapan, lawan kita bersemayan didalam diri kita dosa, iblis Rom 6:1, 2Kor3:17 Tuhan adalah Roh yang memberi kemerdekaan, Rom 8:26 Roh kudus bekerja didalam kelemahan manusiawi diubah jadi kekuatan ilahi.

 26. ALIRAN AIR HIDUP
        Yoh7:37-38 menurut ahli psikologi social kehidupan manusia sekarang KERING KERONTANG, tetapi Yesus adalah mata air yang trus menerus mengaliri dan mengairlinya seperti hujan deras dan pasti akan berbuah Gal 5:22-23.

 27. PENERJEMAH
        Kisah tentang seorang dokter dan sekaligus seorang misionaris yang bekerja disebuah desa di Irak. Pada suatu hari ia dirampok habis-habisan oleh sekelompok bandit yang tersisa hanya nyawa dan pakaian dalamnya. Beberapa bulan kemudian ia harus membedah seorang pasien yang dibawa oleh teman-temannya dengan tergesa-gesa karena keadaannya gawat. Di meja operasi alangkah terkejutnya sang dokter mengenali dia adalah salah satu perampoknya. Kini nyawa penjahat ada ditangannya; sebenarnya mudah sekali untuk melampiaskan amarah, kebencian, namun sebaliknya sang dokter tidak mengumbar nafsu balas dendam, tetapi justru MENDEMONTRASIKAN PENGAMPUNAN.   Ketika sadar si pasien mengenal wajah dokter; kepadanya ia telah berhutang nyawa. 1Kor10:32 –33 Paulus menuliskan bagaimana ia harus melaksanakan fungsinya supaya orang lain selamat.

 28. TRANFORMATOR YANG HIDUP
        Injil yang kami beritakan bukan dengan kata-kata saja, tetapi dengan kekuatan Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh. 1Tes1:5, 1Kor 4:20

 29. KUASA KEBANGKITANNYA
        Yes 25:8, Yes 26:19 kita telah berbicara mengenai sukacita salib, sukacita kebangkitan; berarti kemenangan, bukan optimisme yang kosong melainkan pengharapan yang sejati.

 30. SUKACITA KEHADIRANNYA
Luk 24:12-35 Yesus hadir berjalan dan bekerja bersama-sama kita; kehadiran Yesus dalam hidup kita mestinya juga membawa perbedaan yang amat besar, mengapa seringkali orang Kristen berjalan seolah-olah tanpa Kristus. Terlalu banyak orang Kristen yang senang mencintai, mengenal, dan mempercakapkan Yesus; tetapi tidak ada sukacita. Hidup mereka dikuasai oleh kecemasan, kekecewaan belaka, mereka cuma melihat dengan mata jasmani; hidup selalu mengeluhkan penyakitnya, menggerutui kekece-waannya, uring-uringan; karena hidup tidak seperti yang diharapkan.

  31. YESUS MENTRANFORMASIKAN ALLAH.
        Allah yang maha dahsyat dan mengerikan, melalui YESUS KRISTUS menjadi Allah yang terhampiri. 1 Ptr 2:16.
  
 32. MENYINGKAPKAN YANG TERSELUBUNG
        Yoh1:18 takkala manusia tidak mampu menjangkau Allah, puji Tuhan, Allahlah yang berkenan menjangkau manusia. Fungsi roh kudus menjadi sangat penting dan menentukan. Roh Kudus mengaruniakan mata iman agar manusia dapat melihat apa yang tidak dapat dilihat oleh mata jasmani kita. Yoh16:13-14 Roh kudus menyingkapkan apa yang terselubung dibalik sang manusia Yesus.

  33. PERAN ROH KUDUS
        Yoh 16:8,   3 Strategi iblis :
1.   mendorong orang berbuat dosa.
2.   menjungkirbalikkan kesadaran moral manusia; benar jadi salah , yang salah jadi benar
3.   membuat manusia tidak lagi peduli akan pengadilan Allah
undang roh kudus menguasai dan mengemudikan hidup anda, memang belum tentu menyenangkan tetapi pasti menyelamatkan.

 34. BEBERAPA NASIHAT  UNTUK BERTUMBUH
        2 Ptr3:18 pertumbuhan adalah tanda kehidupan, juga tanda dari iman yang hidup.
1.   bertumbuh melalui kesalahan-kesalahan, bahkan dosa-doa; banyak orang melakukan kesalahan tetapi tidak keluar dari situ; mungkin keenakan, bisa juga penyesalan; padahal kalah dalam satu pertempuran tidak harus kalah seluruh peperangan. Seperti Paulus harus rebah dan buta terlebih dahulu untuk dapat mengatasi kesombongan rohaninya. 2 Kor12:10 pengalaman kesalahan bisa membuat orang menjadi lebih waspada, lebih rendah hati, dan siap menghadapi perjuangan berikut. Orang lebih baik jatuh diatas kedua lututnya, lutut adalah tempat yang terbaik untuk jatuh sebab berlutut adalah sikap yang paling tepat untuk membuat orang segera bangkit, lebih baik dan kuat.
2.   bertumbuh melalui tugas-tugas yang melampaui kekuatan anda; melampaui keterbatasan anda, dan bergantung kepada Allah. Contoh atlit angkat besi. Sekiranya Paulus membatasi pemberitaan injil, iman Paulus pasti tidak bertumbuh. Janganlah minta tugas yang sepadan dengan kekuatanmu, tetapi mintalah kekuatan yang sepadan dengan tugasmu. Ketika Tuhan menunjuk Maria mengemban tugas yang maha mustahil, ia tidak mengkeret tetapi juga tidak takabur. Luk 1:38

   35. BERTUMBUH
3.   bertumbuh memerlukan cakrawala yang lebih luas, bertumbuh tidak hanya terbatas dengan hal-hal pribadi dan rohani, Mat 28:18 . Kekuasaan dan kedaulatanNya tidak terbatas tetapi meliputi seluruh dan setiap relung liku kehidupan. Sekali-kali tidak boleh kita batasi 1Yoh3:17, kekekristenan yang terbatas ibarat tanaman dalam pot; bertumbuh tetapi sangat terbatas. Relevansi dengan soal kemasyarakatan dengan kata lain kita harus mensosialisasikan kekristenan dan sekaligus mengkristenkan yang sosial. Kol 1:16 Yesus bukan hanya tuhan gereja melainkan tuhan atas orang ruang publik.

315. BERTUMBUH
4.Agar iman kita bertumbuh, kita harus memperluas pemikiran dan kepedulian kita; ikut merasakan kebutuhan masyarakat sekitar kita, serta keluh kesah mereka Yes54:2,3 perintah ini segera diikuti dengan sebuah janji kepedulian kepada orang lain, bukan semata untuk mendapat imbalan;  melainkan melakukan kebaikan yang mengundang rahmat atau mendatangkan berkat.

 36. BERTUMBUH
5. Luk17:21 Undang kerajaan Allah,  Yoh11:50 bicara pengorbanan, Mat23:4 sikap yang dibenci Yesus, mereka  mengikat beban-beban berat diatas bahu orang lain. Sikap ini bukan saja licik, curang, serta memuakan, tetapi yang lebih fatal menghalang-halangi yang bersangkutan untuk bertumbuh. Orang kristen jangan takut menderita Ibr12:6.

 37. BERTUMBUH
6. Mrk6:9 jangan memakai 2 baju; diluar menggunakan baju penyerahan diri yang total kepada Allah, namun dibalik itu selalu ada semacam ban serep seolah-seolah katanya untuk berjaga. Baju luar symbol dari iman yang formal, sedang baju dalam sembol dari realitas kita sesungguhnya.




 38. BERTUMBUH
7. Pertumbuhan yang optimal belajar untuk hidup hari ini, nasehat Tuhan Yesus kesusahan sehari cukuplah untuk sehari Mat6:34 banyak orang membuat runyam atau merusak hari-harinya sendiri dengan membawa masuk kekhawatiran mengenai hari esok kedalamnya. Kecemasan menjadi dosa, dosa melawan kebaikan serta kasih Allah. Orang yang hidupnya dikuasai kekhawatiran adalah orang yang menyangkal atau mengabaikan kasih dan kebaikan Allah.
      Worcester “ANDA DAPAT MERINGKAS SEMUA KEPAHITAN YANG ANDA ALAMI DALAM KEHIDUPAN, LALU MEMASUKKANNYA KEGUDANG UKURAN SEDANG ”  Sebaliknya seluruh rumah, betapapun besarnya, tak akan mampu memuat semua ketakutan serta kecemasan anda mengenai kemungkinan-kemungkinan dimasa depan yang tak bakal kejadian.

 39. BERTUMBUH
        8. bertumbuh harus melalui tantangan dan rentangan waktu; terus merambat walaupun di hambat. Ketika BEETHOVEN menjadi tuli dia mengepal tinju dan berkata “AKAN KUPATAHKAN PEDANG NASIB” rintangan dan halangan tidak dapat mencegahnya terus maju. Luk 9:54,55 dalam perjalanan ke Yerusalem; pendudukan Samaria tidak mengijinkan Yesus dan rombongan singgah didesa mereka; Yesus tidak terpancing, rintangan yang menghadang Luk9:55 lalu mereka kedesa lain . Kis21:9 Filipus mempunyai 4 anak gadis yang tidak dikaruniakan untuk menikah, tetapi dikaruniakan yang tak terkalah mulianya. Paulus berkata disini banyak kesempatan untuk mengerjakan pekerjaan besar sekalipun ada banyak penentang 1Kor 16:9 .