Rabu, 11 Januari 2012

pakailah anti bodi firman Allah


9 Jenis Racun Rohani
Di dalam dunia yang semakin dicemari oleh berbagai jenis polusi ini, ada begitu banyak racun yang mengakibatkan berbagai-bagai jenis penyakit. Semakin hari semakin bertambah jenis dan dampak buruknya.
Tetapi dunia ini bukan hanya mengalami pencemaran yang bersifat jasmani saja, ada juga pencemaran yang bersifat rohani. Karena dunia ini semakin dicemari oleh dosa, maka ada pula racun-racun yang bersifat rohani bagi umat manusia. Ini yang seringkali tidak mendapatkan perhatian kita. Apa saja jenis racun rohani itu?
Racun-racun rohani itu antara lain: kebencian, dukacita, kekuatiran, ketidak-sabaran, keserakahan, kejahatan, ketidak-setiaan, egoisme, ketidak-mampuan untuk menguasai diri.
Mungkin dunia menawarkan banyak cara untuk mengatasinya, tetapi tidak ada solusi yang permanen dengan cara2 dunia, karena semua itu disebabkan oleh benih dosa (kutuk dosa) dalam sifat daging setiap manusia. Masalah rohani / spiritual seperti itu, tentu harus diatasi dengan cara rohani / spiritual pula.
Alkitab menawarkan solusinya, yaitu: hasilkan buah-buah Roh, itulah antibodi terbaik bagi umat manusia untuk menghadapi setiap jenis racun rohani tersebut.
“Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.” (Gal. 5:22-23)
1. Kebencian, kepahitan, kemunafikan – antibodinya: Kasih.
2. Dukacita, self-pity – antibodinya: Sukacita.
3. Kekuatiran, stress, depresi – antibodinya: Damai sejahtera
4. Ketidak-sabaran – antibodinya: Kesabaran.
5. Keserakahan (tamak), kikir, cinta uang – antibodinya: Kemurahan
6. Kejahatan – antibodinya: Kebaikan
7. Ketidak-setiaan, perselingkuhan, seks bebas – antibodinya: Kesetiaan
8. Kekasaran, suka memaksakan kehendak sendiri, egois, kesombongan – antibodinya: Kelemahlembutan.
9. Lepas kontrol, tidak dapat menguasai diri, dikontrol oleh keinginan daging – antibodinya: Penguasaan diri
Namun tidak ada satupun dari buah-buah Roh itu yang dapat dihasilkan dengan cara2 dunia, baik itu oleh pendidikan moral, etika, ajaran agama, maupun mengandalkan kekuatan manusia, sebab semua itu tidak dapat mengobati rohani yang diakibatkan oleh dosa.
Tidak ada manusia yang bisa menyelesaikan sendiri masalah dosa tanpa pertolongan Tuhan, karena dosa adalah masalah rusaknya hubungan antara manusia dengan Tuhan.
Buah-buah Roh merupakan karya Roh Kudus di dalam pribadi manusia yang sudah mengalami kelahiran baru dalam Kristus Yesus.
Tidak ada pengampunan dosa tanpa kelahiran baru. Tanpa pengampunan dosa, tidak ada buah-buah Roh. Jalan satu-satunya adalah terima dahulu pengampunan dosa oleh Tuhan melalui kelahiran baru.
Caranya: akui Yesus Kristus sebagai Tuhan & Juruselamat, terima penebusan dosa kita lewat kematianNya di atas salib, terima Roh Kudus berdiam di dalam hati kita dan jalani hidup baru dalam persekutuan yang intim dengan Dia.
Setiap kali kita menghadapi konflik, rintangan, dan berbagai masalah, jangan hadapi sendiri lagi, tetapi sertakan Roh Kudus dalam setiap problema kehidupan Anda, praktekkan Firman Tuhan, maka Ia akan melahirkan buah-buah Roh itu bagi Anda.
Menurut pandangan saya, detoxifikasi racun rohani itu seperti proses pemurnian emas. Setiap umat Tuhan yang sudah ditebus oleh darah Yesus, adalah emas yang rohani. Alami pemurnian lewat kuasaNya, sehingga setiap kita menjadi seperti emas murni, semakin indah dan berharga di mataNya.
Tuhan Yesus memberkati.