Senin, 16 Januari 2012

pembaharuan budimu - perubahan


Khotbah 2012
Pembaharuan budimu
Rom 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Tuhan menghendaki kita seperti Dia – seperti Tuhan Yesus, dalam keseluruhan pribadi dalam arti gaya hidup kita, cara kita berbicara, penampilan kita, cara berpikir kita, cara kita menangani pekerjaan, cara kita mengambil keputusan atau menghadapi masalah hidup. Tidak lagi seperti orang2 dunia – atau orang yang tidak mengenal Tuhan Yesus.
.
Rom 8:29 Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.

Mat 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Tuhan menghendaki kita serupa dengan kristus dan sempurna seperti bapa disurga, untuk mencapai hal ini ada hal-hal yang harus kita lakukan yaitu KITA HARUS BERUBAH.

SAYA ambil contoh : perubahan seekor ulat yang sangat menjijikan berubah menjadi kupu-kupu yang indah . Perubahan ini tidak terjadi langsung – atau instant , artinya bertahap , kadang dalam perubahan terjadi hal2 yang sangat menyakitkan, itulah yang saya namakan sekolah Tuhan.

MARI KITA LIHAT TAHAP PER TAHAP


FIRMAN TUHAN ADALAH PEDOMAN HIDUP KITA UNTUK MENCAPAI PERUBAHAN

 MAZ 119:105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

2 TIM 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Maka alkitab mengatakan, lewat pernyataan Tuhan Yesus “bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa firman Allah”, artinya firman Tuhan adalah makanan rohani yang dapat membuat kita bertumbuh- iman.
Mat 4:4 Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

Rom 10:17. Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.

Untuk mencapai perubahan kita harus pegang firman Tuhan, dan jadikan firman guide dalam hidup kita, karena firman itu adalah TuhanYesus sendiri, Dialah motivator no. 1 in the world .  Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. yoh 1:14


HIDUP DALAM KEBENARAN

Alkitab mengatakan tidak satu orang pun didunia yang benar, tapi Karena Kristus kita sudah dibenarkan , seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorangpun tidak. Rom 3:10.

Maka pembelajaran firman Tuhan itu mutlak buat kita yang mengaku pengikut Kristus, anak  Tuhan, atau orang Kristen. Karena Tuhan Yesus sendiri itulah kebenaran.



KASIH KARUNIA

Secara manusia – lahiriah kita, yang penuh kelemahan , kita ini terbatas- Tuhan yang tidak terbatas, alkitab katakan “roh memang penurut tapi  daging lemah”, karena manusia cenderung berbuat dosa-jahat, manusia banyak keinginannya, itulah penyebabnya manusia sulit menjaga kekudusan, sedangkan untuk menghampiri Tuhan perlu kekudusan “karena AKU KUDUS hendaklah kamu kudus”, maka kita membutuhkan kasih karunia, artinya setiap waktu –saat kita diberi kesempatan untuk mendapat pengampunan- kasih yg Cuma2 yang tuhan Yesus sudah bayarkan dikayu salib untuk menebus dosa2 kita.

 Mat 26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah

kej 8:21  Ketika TUHAN mencium persembahan yang harum itu, berfirmanlah TUHAN dalam hati-Nya: "Aku takkan mengutuk bumi ini lagi karena manusia, sekalipun yang ditimbulkan hatinya adalah jahat dari sejak kecilnya, dan Aku takkan membinasakan lagi segala yang hidup seperti yang telah Kulakukan.

1Ptr 1:15-16 tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu., sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus.
1Ptr 1:18-19  Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,  melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

Rom 3:24  dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.


KARENA TUHAN BAIK, MAKA KITA PATUT MENGUCAP SYUKUR
Hidup penuh syukur membangkitkan kuasa besar untuk menghadapi berbagai kesulitan hidup karena dengan bersyukur kita memperoleh kekuatan yang terus-menerus mengalir memberi hidup berkelimpahan.
KITA sesudah  tahun yang baru-2012. Satu kenyataan bahwa kita menjadi semakin tua yang berarti jasmani kita semakin merosot dan tidak sekuat tahun lalu. Sementara itu tantangan hidup bukannya semakin ringan tetapi justru semakin berat. Dalam kondisi seperti ini apa, kita bisa belajar dari Rasul Paulus. Meskipun jasmaninya semakin hari semakin merosot, tetapi rohaninya justru semakin kuat . Salah satu rahasianya adalah karena Paulus hidup penuh syukur. Hati yang bersyukur adalah tanda orang percaya  yang membangkitkan kuasa besar dalam kehidupan rohani kita.
Seseorang yang hatinya penuh ucapan syukur berarti dia sedang menyaksikan bahwa hidupnya adalah hidup yang tidak berkekurangan. Ada orang yang secara luar hidupnya terlihat berkelebihan dibandingkan orang lain, namun ternyata memiliki hati yang selalu bersungut-sungut, selalu merasa kurang dengan hidupnya-tidak puas.. Tetapi Paulus, meskipun hidup pas-pasan, bahkan kekurangan tetapi justru memperkaya dan menjadi berkat bagi banyak orang.
Kemampuan mengucap syukur adalah satu kekuatan yang kita butuhkan untuk mengatasi semua rintangan . 1 Tes 5:18 "Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu."


TAHAP BERIKUTNYA

KITA HARUS HIDUP DIPIMPIN ROH KUDUS

Karena kita manusia yang penuh dengan keterbatasan-kelemahan, kita perlu pimpinan roh kudus. Tuhan Yesus berjanji , Dia akan berikan kuasa oleh Roh Kudus; membuat kita tetap bertahan sekalipun sulit.
Kita harus dipimpin oleh Roh Kudus supaya kita mampu menang dan dan dapat mengalahkan segala kuasa yang ada di dunia ini :
1.    Menang atas kuasa dosa dan kedagingan  Rom 8:5-6 , Gal 5:16-17 Tuhan Yesus pernah mengingatkan bahwa roh memang penurut tetapi daging lemah Bahkan Paulus pernah berkata yang tidak aku kehendaki untuk aku lakukan itulah yang aku perbuat.
2.    menang atas pergumulan hidup  Rom 8:26-27  Roh Kudus membantu kita dalam doa
Roh Kudus bekerja dalam kehidupan orang percaya dengan cara mengingatkan kita tentang kebenaran firman Allah serta memampukan kita untuk hidup sesuai dengan keinginan Allah.
Agar kehendak Tuhan bisa terlaksana dalam kehidupan kita, kita harus memberi diri untuk dipimpin oleh Roh Kudus. Hidup di pimpin oleh Roh kudus bukan berarti bahwa kita akan melakukan kehendak Tuhan secara otomatis dan di luar kesadaran. Roh Kudus bekerja dengan melibatkan kesadaran kita ; emosi, pikiran, dan hati nurani. Perkataan "kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh"  berarti bahwa diri kita ikut berperan aktif dalam wujud ketaatan, artinya kita tidak hidup berdasarkan aturan kita, tetapi aturan Tuhan. Kita tidak hidup berdasarkan tujuan kita, tetapi tujuan Tuhan. Aturan dan tujuan Tuhan itu dapat kita ketahui bila kita sungguh-sungguh berusaha memahami firman Allah.
Kehendak Allah -keinginan Roh,  seringkali berbeda dengan kehendak manusia -keinginan daging, sehingga hidup dalam pimpinan Roh Kudus berarti bahwa kita harus bersedia melepaskan keinginan kita. Oleh karena itu, kita harus mengembangkan kepekaan untuk bisa mengenali kehendak Allah dalam seluruh aspek kehidupan kita. Ingatlah bahwa Allah menghendaki agar kita melakukan kehendak-Nya dalam seluruh aspek kehidupan kita tanpa ada pengecualian.
rom 8:14 "Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah."

Rom 8:1-17 "Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah." 

Sebagai pengikut Kristus ;  kita tidak lagi bisa hidup semaunya sendiri, kita harus memiiki kehidupan yang berkenan kepada Tuhan. 

Gal 5:24 "Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya." .

seorang anak harus memiliki reputasi-karakter yang baik, artinya hidupnya menjadi teladan bagi banyak orang.  Tanpa keteladanan, hidup kita tidak akan bisa menjadi berkat bagi orang lain.  Artinya kebaikan hati kita harus terihat dengan jelas melalui suatu tindakan nyata sebagaimana dinasihatkan Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi, 
Flp 4:5 "Hendaklah kebaikan hatimu diketahui semua orang.  Tuhan sudah dekat!" 

Adalah sia-sia jika kita mengaku bahwa  kita mengasihi Tuhan,  tapi kita masih mementingkan diri sendiri dan menutup mata terhadap orang-orang lemah di sekitar kita. Jadi kerelaan kita dalam mengasihi dan menolong sesama benar-benar didasari oleh kasih Tuhan.
Mat 20:26b-27 "Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendakah ia menjadi hambamu.

seseorang yang dipenuhi oleh Roh Kudus hatinya selalu menyala-nyala untuk Tuhan dan senantiasa memuliakan nama Tuhan Yesus. 
Rom 12:11Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan." 

Ia pun tidak memuji dirinya sendiri atau berusaha mencari pujian dari orang lain, melainkan segala perbuatan atau kelakuannya yang baik itulah yang membuat orang lain memberi pujian kepadanya.  Seorang yang hidupnya dipimpin Roh Kudus tidak lagi hidup dalam kegelapan, melainkan hidup dalam terang Tuhan, 
 Efs 5:9 "karena terang hanya berbuahkan kebaikan dan keadilan dan kebenaran,", sehingga ada buah-buah roh dalam hidupnya  gal 5:22;23

Tanpa penyertaan Roh Kudus, kita tidak ada artinya apa-apa, karena itu kita harus mau dipimpin oleh Roh Kudus!
Tanda orang yang dipimpin Roh Kudus
  • Dia Taat Bersaksi  Kis 1:8, Mat 28:19-20
  • Taat Berdoa  Kis 4:3
  • Taat Bersyukur  Kis 16:24-25
  • Taat Firman  Kis 2:41-42
  • Taat Melayani  Kis 2:44-47