Jumat, 29 Juli 2011

DISIPLIN DALAM TIM


Saya terbantu dengan buku The 17 Essential Qualities of A Team Player, saat mendefinisikan kata disiplin. Disiplin artinya mengerjakan apa yang tidak mau Anda kerjakan agar dapat mengerjakan apa yang mau Anda kerjakan. Disiplin artinya membayar harga dalam hal-hal kecil agar Anda dapat membeli hal-hal yang lebih besar.
Setiap individu yang sukses adalah ia yang sukses mendisiplinkan diri. Demikian juga sebuah tim yang sukses adalah tim yang mendisiplinkan diri. Meski sebuah tim terdiri dari orang yang hebat, dengan mimpi yang hebat, dan tujuan tim yang hebat, tapi tanpa disiplin maka mimpi itu akan semakin sulit untuk digapai.
Tim yg sukses adalah  anggota tim yang konsisten, yg memiliki semangat juang, atau bahkan mereka tidak  “cengeng” dan memilih berhenti ketika tim kita sedang ada masalah.
Sepakat hal-hal kecil apa yang perlu kita lakukan secara bersama-sama secara kontinyu demi mendapatkan hal-hal yang lebih besar ; dengan adanya kesepakatan bersama untuk mendisiplinkan diri dan kontrol yang ketat dalam disiplin tim maka bukan hal yang tidak mungkin jika potensi tim kita akan bertumbuh pesat ;  berarti tim kita akan selangkah lebih maju!
Apa yang mungkin kita perbuat pada suatu kesempatan besar mungkin tergantung dari hasil bertahun-tahun mendisiplinkan diri.