Minggu, 31 Juli 2011

BELAJAR ALKITAB YUK !!! KEJ 14


KEJ 14 Abram mengalahkan raja2 ; ayt 1-8 ada sekelompok raja2 bermusuhan/melawan raja Sodom dan raja Gomora; tetapi Sodom dan Gomora kalah : ayt11 “segala harta benda Sodom dan Gomora beserta segala bahan makanan dirampas musuh …..ayt12  juga harta benda  Lot,  dibawah musuh….... sbb Lot itu diam di Sodom. ( masalah terjadi ketika Lot memilih tinggal dikota yang jahat/tidak takut akan Tuhan ; hal ini berpengaruh pada kehidupan orang yang percaya Tuhan; banyak anak2 Tuhan bukan mempengaruhi orang2 dunia masuk gereja, melainkan anak2 Tuhan lebih mudah terpengaruh ketika bergaul dengan orang2 dunia, begitu juga dengan kehidupan Naomi ketika mereka sekeluarga mengungsi ke negeri Moab /negeri orang yang ngak percaya Tuhan baca kitab Rut Cuma 4 pasal dikit).  
Ayt 16 janji Tuhan kepada Abram “bahwa dia akan jadi berkat” terbukti , Abram menjadi berkat buat Lot. “dibawanyalah kembali segala harta benda itu; juga Lot …………
Ayt 18-20 Raja Salem, Iman Allah Yang Mahatinggi memberkati Abram …, lalu Abram mempersembahkan perpuluhan.
Ayt 21-24  raja Sodom menawarkan pertukaran hartanya dengan raja2 yang dikalahkan Abram “aku tidak akan mengambil apa2 dari kepunyaanmu……”disini Abram punya karakter yang terpuji ; dia tidak serakah/sebab dia sudah kaya, dia tidak mengingin barang milik orang lain, dia tidak curang, tidak bersekutu dengan orang2 jahat… itulah membuat Allah sangat memberkati Abraham.