Sabtu, 23 Juli 2011

BERJAGA-JAGALAH SENANTIASA (2)


Tuhan Yesus berkhotbah sangat panjang mengenai kedatanganNya yang kedua dalam perumpamaan :
1.     Tentang POHON ARA  Mat 24:29-36 ; Tuhan Yesus berbicara tentang kedatanganNya dengan menilai waktu, masa yang sudah ditentukan dunia ini akan berakhir dengan tanda siksaan, dunia menjadi gelap, bumi akan digoncang.
2.     Tentang LIMA GADIS YANG BODOH Mat 25:1-13;  karena kebodohannya, tidak bijak, tidak mempersiapkan diri dengan baik, tidak memperhitungan dengan teliti, sehingga pada saat Yesus datang mereka tidak siap.
3.     Tentang TALENTA Mat 25:14-30; dimana diceritakan seorang majikan yang hendak pergi keluar negeri, kemudian mempercayakan hartaNya kepada hambaNya untuk dikelolah bukan untuk disimpan atau didiamkan.
Tujuan dari penyampaian perumpamaan ini adalah untuk memanggil setiap orang Kristen agar hidup dalam menantikan kedatanganNya kembali yang akan terjadi tiba-tiba itu. Ia akan mengangkat gerejaNya kedalam rumah bapaNya melalui peristiwa pengangkatan gereja tersebut. Tuhan akan menuntut agar kita dapat mempertanggung jawabkan setiap talenta yang telah Ia berikan kepada kita.
Ada seorang memberikan ilustrasi seperti ini ; Ketika Yesus menerima kita dirumah Bapa, Ia akan segera membuka sebuah rekening tabungan atas apa yang kita lakukan selama kita hidup didalam dunia, kita tidak dapat mengajukan suatu alasan apapun kepadaNya kalau ternyata kita tidak memiliki tabungan sama sekali. Tuhan menuntut pertanggung jawaban kita karena Ia menghendaki agar kita memanfaatkan setiap talenta yang telah Ia berikan kepada kita. Setelah kita dapat memperlihatkan hasilnya barulah Ia menambahinya dengan berkat-berkat dari Roh Kudus supaya hasil akhirnya menjadi kekal. Mari Saudaraku mulai hari ini kita  mempersiapkan diri menyambut kedatangan YESUS. Amin