Minggu, 24 Juli 2011

TUBUHMU ADALAH BAIT ALLAH

1 Kor 3:16 “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Tuhan dan bahwa Roh Tuhan diam di dalam kamu?”.
Yang namanya manusia seringkali tidak memperhatikan atau tidak menyadari kondisi tubuhnya dan beranggapan bahwa tubuh selalu sehat dan fit. Kenyataan dalam kehidupan sehari-hari kita tidak benar-benar memperhatikan atau memperdulikan kondisi tubuh ini , sehingga mengalami kelelahan / kecapaian :
·         kita berpikir obatnya cukup dengan tidur
Padahal semakin hari kondisi tubuh ini makin melemah, tidak heran akhirnya kita divonis stadium terakhir tentang penyakit, atau semakin parah terjadi komplikasi.
1.     Saya melihat ada banyak anak Tuhan dalam bekerja terutama laki-laki ( dengan catatan sudah anak Tuhan ) rokoknya tidak berhenti padahal umur secara kerohani harusnya sudah dewasa.  ( cat. Wanita juga banyak yang merokok ). 
2.     Lalu wanita/pria makan yang berlebihan dengan menu kolesterol tinggi.
3.     gila bekerja, tidak menjaga keseimbangan,  dlsbnya.
Melihat kecenderungan manusia inilah, tentunya kita harus lebih hati-hati dengan keadaan kondisi tubuh ini, terlebih lagi kondisi kerohanian kita. Jangan sampai kita terlanjur terbiasa tidak peduli atau tidak memperhatikan akan kondisi tubuh ini, karena orang yang tidak care dengan kondisi tubunya, keadaan rohaninya pun pasti juga terabaikan.
Firman Tuhan perlu diingat bahwa kita adalah bait Tuhan dan Roh Tuhan ada diam didalam kita oleh karena itu tubuh kita jangan dikotori atau dinodai sendiri dengan barang-barang/hal-hal/pikiran – pikiran yang tidak berguna.
Mengapa Tuhan Yesus bergitu marah saat memasuki bait Tuhan? Bahkan sampai mengusir orang-orang disitu Yoh 2:21 “yang dimaksud bait Tuhan adalah Yesus sendiri, sedangkan  kita adalah bagian dari tubuhnya ( anggota tubuh Kristus )  jadi jangan di :
·         jadikan sarang penyamun ; pencemooh, pendusta, kejahatan, dsbnya
·         jangan dijadikan tempat penukar uang ; berjudi, rentenir, dll
·         jangan dijadikan perdagangan ; kecurangan, kepalsuaan, akal-akalan
Oleh karena itu secara keseluruhan kehidupan kita merupakan masa yang menyenangkan/mengesankan sekaligus mempunyai vitalitas rohani yang mantap dan tidak menyerah ( gampang frustasi/putus asa ) larinya ke rokok, makan tidak beraturan, memikirkan dan melakukan hal-hal yang sia-sia.
Pilihan kita saat ini mempengaruhi hari esok kita,  Tuhan memberkati.