Sabtu, 30 Juli 2011

BELAJAR ALKITAB YUK !!! KEJ 1-3


Kita semua pasti sudah tahu kitab kej 1 menceritakan penciptaan Tuhan. Tetapi ayt 20 “manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung2 diudara dan kepada segala binatang hutan …… “betapa hebat dan pintarnya manusia ciptaan Tuhan, Tuhan memakai manusia untuk membantu pekerjaan-Nya. Makanya sampai kedatangan Tuhan Yesus ; Tuhan Yesus memakai murid2 dan KITA untuk membantu Dia memberitakan firman-Nya, kasih-Nya, hukum2-Nya, kemenangan-Nya, janji-Nya, dan keselamatan yang disediakan bagi semua umat manusia didunia. ( ada banyak perintah Tuhan bacalah Alkitab ).
Kej 3 menceritakan manusia jatuh dalam dosa tidak TAAT dan iblis biang keladinya. Iblis iri Tuhan saying kita , Tuhan dekat dengan manusia, sebab Iblis sudah jadi musuh Tuhan, makanya ia berusaha jahatin manusia. ( hati2 siasatnya ).
ayt 8 “ketika mereka mendengar bunyi langkah Tuhan Allah, yang berjalan2 dalam taman itu pada waktu hari sejuk, bersembunyilah manusia dan isterinya itu terhadap Tuhan Allah diantara pohon2an dalam taman “ manusia sudah tahu mereka salah/mereka tidak taat/mereka sudah melanggar perintah Allah , jadi takut ketahuan sama Tuhan.
Artinya :
·       manusia itu sebetulnya punya roh takut akan Tuhan, yang berasal dari     bentuk  KETAATAN ( kalau kita taat sama Tuhan berarti kita punya Roh takut sama Tuhan artinya mau hidup dipimpin oleh Roh Tuhan rom 8 hidup oleh roh ).
·       Waktu hari sejuk ; ngak heran banyak orang termasuk saya suka berekreasi di puncak, bandung, di pegunungan, tempat2 yang sejuk, juga mau tidur pake AC sejuk enak tidur.

TAMAN EDEN KEJ 2:4-25
Ayt 9 “lalu Tuhan Allah menumbuhkan berbagai2 pohon dari bumi, yg menarik dan yg baik untuk dimakan buahnya, dan pohon kehidupan ditengah2 taman itu, serta pengetahuan yang baik dan yang jahat”
Ada tafsiran :
·       taman eden ini ada dibumi; perhatikan ….pohon dari bumi, tetapi tidak bisa kita temukan lagi dibumi , why 2:7, 22:2,14 ada disorga.
·       Semua pohon dari bumi: sayur atau buah2 sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia dibumi.
Ayt 17 “tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pasti engkau mati”
Perhatikan : hanya 1 pohon yang Tuhan perintahkan jangan dimakan, sedangkan pohon kehidupan tidak Tuhan perintahkan.
Pelajaran yang dapat : ada perintah Tuhan “JANGAN MENCURI” apa yang kita pikirkan ( PASTI TENTANG MENCURI ).  sama halnya kalau saya perintahkan  “JANGAN PIKIRKAN KUDA HITAM, pasti yg saudara pikirkan KUDA HITAM BUKAN?” Tuhan suruh “JANGAN MAKAN” malah yang dipikirkan “JIKA/KALAU/APABILA/KENAPA TIDAK BOLEH DIMAKAN???” akhirnya dimakan.
Kej 3:22berfirmanlah Tuhan Allah “sesungguhnya manusia manusia itu telah menjadi seperti dari Kita, tahu tentang yg baik dan yg jahat , maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama2nya”.
Perhatikan : manusia sudah seperti Tuhan “TAHU YG JAHAT DAN YG BAIK, bedanya TUHAN YESUS TIDAK MELAKUKAN YANG JAHAT, tapi MANUSIA KERAPKALI JATUH DALAM KEJAHATAN”.
UNTUNG KATA TUHAN ; manusia ngak makan buah pohon kehidupan , kalau makan bisa  hidup kekal selama2nya , ngak mati2.
Tapi ada janji Tuhan ;  kita bisa makan buah kehidupan :
·       Why 2:7 barangsiapa menang , dia akan Kuberi makan dari mpohon kehidupan yg ada di Taman Firdaus Allah, berate dibalik kematian dibumi kita punya kehidupan baru “KEKAL”
·       Why 22:2,14  ….ada pohon2 kehidupan yang berbuah 12 kali, tiap2 bulan sekali, dan daun pohon2 itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa2. artinya: alkitab menulis ada penderitaan yang sebagai ujian bagi anak2 Tuhan,  juga antikris yg melukai anak2 Tuhan: maka daun untuk mengobati penderitaan yg kita alami dibumi. Why 21:4 Tuhan akan menghapus air mata, maut tdk ada lagi, ratap tangis atau dukacita, …………
·       Ayt 14 berbahagialah mereka yg membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon2 kehidupan …..artinya kita selalu hidup kudus baru bisa icipin/makan buah yg membuat kita ngak mati2. ( enak rek kalo masuk surga, biarlah ini menjadi tujuan hidup kita).