Minggu, 31 Juli 2011

belajar alkitab yuk !!! kej 13

KEJ 13 Abram/Abraham berpisah dengan Lot; ayt 6 dikatakan “tetapi negeri itu tidak cukup bagi mereka untuk diam bersama2, sbb harta milik mereka amat banyak , sehingga mereka tidak dapat diam bersama2”  , ayt 7 karena itu terjadilah perkelahian antara para gembala Abram dan gembala Lot …….ayt 8 sebab kita ini KERABAT.
LAGI2 keinginan manusiawi, keinginan daging, keegoisan yang menyebabkan “PERANG SAUDARA” sama dengan yang terjadi di bangsa Indonesia kita dengan dalih agama, politik, ekonomi, hak azazi manusia; BAGSA INDONESIA BERANTEM DENGAN BANGSA INDONESIA SENDIRI. Hal seperti ini membuat bangsa akan terpecah, begitu juga didalam Tuhan Iblis senang kalau anak2 Tuhan/gereja terpecah.
Abraham dengan bijak mencari jalan keluar /solusi dengan bijaksana ; mereka harus berpisah satu kekiri- satu kekanan, PERHATIKAN ; Lot tidak mau mengalah, dia memilih lebih dahulu ; tapi sayang Lot salah pilih ayt 11-13”sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan…… dan berkemah didekat Sodom….adapun orang Sodom sangat jahat dan berdosa terhadap Tuhan. Akhirnya kalau saudara baca pasal kelanjutan Lot mengalami masalah yang sangat besar “Tuhan memusnahkan KOTA SODOM dan GOMORA”. Dan keturunan adalah orang2 yang tidak diberkati Tuhan ( BANI Moab dan Bani Amon ).
Ayt 13-17 Tuhan kembali menegaskan janji berkat tanah Kanaan kepada keturunan Abraham.