Jumat, 29 Juli 2011

KERJA SAMA DALAM TIM


Sebuah tim bukanlah tim jika di dalamnya tidak ada kerja sama. Bagaimanapun juga sudah dibuktikan bahwa kerja sama akan melipatkali  gandakan kekuatan individu dalam tim. Itu sebabnya keberhasilan sebuah tim akan ditentukan sejauh mana tim itu mampu bekerja sama satu dengan yang lain.
Kejuaraan sepak bola dalam piala Eropa tahun 2004,  pemenang dalam kejuaraan paling bergengsi di Eropa itu adalah tim Yunani,  Tak berlebihan kalau para pengamat memprediksi seperti itu, sebab memang secara kualitas individu, tim Yunani kalah jauh dibandingkan dengan tim dari Italia, Belanda, Spanyol, Prancis atau tim-tim lain yang jadi langganan juara. Namun jangan lupa bahwa kerja sama yang baik akan melipatkali gandakan kekuatan individu dalam tim,
Jangan pernah merasa frustasi jika kualitas individu tim Anda biasa-biasa saja, selama tim Anda bisa bekerja sama dengan baik maka kualitas individu dalam tim bisa menjadi luar biasa.
Sebaliknya, jangan terburu-buru sombong jika Anda memiliki kualitas individu tim yang luar biasa, sebab tanpa kerja sama yang baik maka yang luar biasa akan menjadi biasa.
kerja sama yang baik akan menghasilkan hal-hal besar
Satu orang dapat menjadi unsur yang penting sekali dalam sebuah tim, tetapi satu orang tidak dapat membuat sebuah tim.