Sabtu, 23 Juli 2011

BERJAGA-JAGALAH SENANTIASA (1 )


Pembacaan kita terambil dari 1 Tes 5: 1-11 hidup berjaga-jaga sebelum kita dipanggil atau sebelum kedatangan Tuhan Yesus.
Kristus adalah jalan-jalan satu-satunya ! Bagi orang Kristen sudah hafal janji ini. Saat menghadiri pemakaman orang-orang kudus kita mendapatkan harapan dari kebenaran ini. Janji ini merupakan obat yang paling mujarab dari Kristus untuk hati yang berduka. “Aku akan datang kembali dan membawa kamu ketempatKu, supaya ditempat dimana Aku berada, kamu pun berada”
Ditengah-tengah agenda kita yang padat, kita harus menyediakan waktu untuk mempersiapkan diri untuk kedatangan Kristus kembali. Zaman ini tidak akan bertahan lama, saat sekarang ini bisa saja menjadi hari-hari yang terakhir kita diatas bumi. Untuk menantikan Tuhan, kita dituntut untuk secara disiplin bertekun dalam doa dan mempelajari Alkitab secara mendalam. Rasul Paulus memuji jemaat Tesalonika  karena mereka “telah menjadi penurut kami dan penurut Tuhan dan menjadi teladan “ 1 Tes1:7.
·         1 Tes 5:9 “ Tuhan tidak menetapkan kita untuk ditimpa murka”
·         Why 3:10 “ Yesus mengatakan bahwa mereka yang percaya akan diselamatkan dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia “ yaitu datangnya manusia keji yang disebut antikristus selama 7 tahun dimuka bumi ini, mungkin ini jadi pertanyaan kita kenapa Tuhan izinkan? Karena semua ini sudah direncanakan oleh Tuhan untuk memaksa seluruh manusia dibumi agar memutuskan untuk menjadi pengikut Kristus.
·         2 Pet 3:9 “ karena Yesus menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan betobat”.
Ada 3 gambaran yang Tuhan berikan hidup berjaga-jaga sebelum kedatangan Tuhan /  Tuhan memanggil kita pulang :
  1. Perumpamaan pohon ara Mat 24 : 29-36
  2. Kisah lima perawan yang bodoh Mat 25 : 1-13
kisah tentang talenda dimana majikan hendak pergi keluara negri Mat 25 : 14-30