Senin, 25 Juli 2011

KONFLIK GEREJA YANG BERKEPANJANGAN


Saudara yang terkasih sepanjang saya terpanggil melayani ; saya melihat ada konflik2 gereja yang berkepanjangan.
Pengalaman pelayanan saya dan sampai hari ini melanda gereja2 di desa maupun dikota seperti ;
1.  Ketika ada jemaat yang menjadi donator atau sponsor ; gereja maka hamba Tuhan sangat bersyukur atas hal itu ; yaitu dengan memperlakukan jemaat itu seperti emas. Dijaga perasaannya agar tidak lari dari gereja, tapi pada kenyataannya pada saat gereja atau hamba Tuhan berbuat hal yang tidak disukai oleh jemaat tersebut, maka jemaat ini akan tampak lebih pintar dan menguasai gereja hingga semua jemaat mengalami kerugian. Hal yang bisa dilakukan oleh gereja atau hamba Tuhan hanya menyerang lewat firman Tuhan; menyindir, menyinggung, ataupun khotbah yang khusus untuk si A/orang tersebut. Kasiannya yang jadi korban adalah semua jemaat. SEHARUSNYA hal ini tidak boleh terjadi ; yang efektif jalinanlah komunikasi yang baik dari kedua belah pihak, menata kerohanian juga harus 2 pihak ; karena firman Tuhan adalah pedang bermata dua. PIKIRKANLAH ITU?????
2.  Untuk jemaat yang miskin atau papah itupun menjadi satu momok yang menakutkan ataupun beban gereja yang sangat menjenuhkan atau membosankan. Tetapi tidak pernah dicari solusi penanggulanganya. Sebenarnya saya melihat harusnya memang mereka jadi pusat perhatian ; selain dilatih kerohaniannya , mereka harus dibantu dengan suatu keahlian atau pendidikan ; yang pada akhirnya mereka bisa hidup layak dihadapan Tuhan. Artinya mereka memang bukan selalu menjadi pecundang. ( contoh yang saya lihat gereja seberang bisa membantu dengan membuat koperasi untuk kesejahteraan anggotanya ) kenapa kekristenan tidak lebih baik !!!!! HARUSNYA BISA.
3.  Hal yang terakhir : saya melihat setiap organisasi gereja memang tidak lepas dari kebutuhan materi (duit). Tapi jangan jadikan duit menjadi focus dalam gereja. Yang kita lihat Negara kita atau ATAU MORAL bangsa/orang hancur karena duit, begitu juga gereja banyak hancur gara2 duit. Jadi perhatikan firman Tuhan dengan baik2 “JANGAN JADI HAMBA DUIT, JANGAN UTAMAKAN DUIT, TAPI YESUS YANG UTAMA” KEMBALILAH PADA KEBENARAN FIRMAN TUHAN, AGAR TIDAK ADA KEHANCURAN.

3 Hal diatas yang saya sebutkan adalah garis besar penyebab konflik gereja yang berkepanjangan; ketika 3 hal tersebut terjadi pada gereja kita, atau pada pribadi kita ; maka saat ini yang ada pada diri kita adalah MANUSIA ZAMAN AKHIR YANG AKAN MEMBAWA KITA PADA KESOMBONGAN ROHANI DAN KEBINASAAN. BERTOBATLAH-BERTOBATLAH.