Sabtu, 23 Juli 2011

MEMAHAMI MURKA TUHAN YESUS


Kita   akan pelajari tentang murka Tuhan 1 Yoh 1:9 “Yesus adalah Tuhan
yang setia dan adil “ ; Kata SETIA  berbicara Tuhan Yesus adalah Tuhan
yang  baik,  pengasih,  sabar,  murah dstnya,  tetapi kata  ADIL berbicara
suatu pengadilan bahwa ada penghukuman.
Kenapa kita perlu pelajari murka Tuhan ,  manfaatnya :
·         Kita tahu sifat Tuhan Yesus
·         Memberi kita motivasi yang tinggi masuk ketaatan & kekudusan
·         Memahami kasih Tuhan Yesus
Perbedaan murka Tuhan dengan manusia contoh :
1.       I Sam 18-27 kemarahan Saul hanya karena memetingkan diri sendiri ( untuk mendapatkan apa yang diinginkannya ).
2.       Yakobus & Yohanes marah karena ketidak ramahan orang-orang Samaria Luk 9 : 54-55
3.       Ahab marah karena hal-hal kecil 1 Raja-raja 21
4.       Lamekh marah karena tersulut/dikompori Kej 4 : 19-24
MURKA TUHAN :
1.       Selalu ADIL Maz 62:13 Tuhan marah menurut perbuatan setiap orang ; hanya orang yang dewasa rohani dapat menerima teguran dan koreksi.
2.       Karena TIDAK MENSYUKURI KASIH KARUNIA Tuhan Rom 9:13 Tuhan benci Esau, Ibr 12:15-17 Esau tidak beriman, nafsunya rendah menukarkan hak kesulungannya hanya dengan sepiring makanan ( sup kacang merah ).
3.       CEPAT SURUT Maz 86:15 dalam kitab Yunus ; dikatakan kota Niniwe akan ditunggang balikan, tetapi ketika orang-orang Niniwe menyadari kesalahan dengan merendahkan diri berpuasa, Tuhan tidak menghukum kota Niniwe.
4.       HANYA SESAAT SAJA  Yer 2:32 Umat-Ku melupakan AKU Yer 4 : 22 Umat-Ku bodoh, Yer 35:15 Aku terus menerus mengirimkan Nabi, artinya Tuhan selalu memberi kesempatan atau menunjukan kebaikanNya.
5.       TUHAN SERING MENAHAN AMARAH Maz 78:38 kepada bangsa Israel yang tegartengkuk Tuhan sering memberi peringatan lewat wabah penyakit, kalah berperang, ditindas, dianiaya, dicemooh, doanya tidak dijawab dll.  Seperti perempuan yang berzinah Yoh 8:1-11, Yes 48:9
6.       SUPAYA KITA BERTOBAT Rom 11:22, Ibr 10:31 Ngeri kemarahan Tuhan yang Hidup, 2 Sam 12:13 Ketika Daud mengaku dosa , Tuhan memulihkan dan memberkati kembali.
7.       UNTUK MENCAPAI TUJUANNYA Yer 23:20 murka Tuhan terus menerus sampai tujuanNya tercapai, seperti bangsa Israel yang diharapkan Tuhan berbalik padaNya (40 tahun dipadang gurun), kalau kita tidak peka dan menyadari kitapun akan berputar-putar disekitar persoalan kehidupan ini.
PADA AKHIR ZAMAN dalam kitab Mat 24-25 akan ada murka Tuhan yang berlaku bagi orang-orang yang suam-suam kuku, tidak setia, tidak berjaga-jaga, tidak melakukan kehendak Bapa, tidak mempergunakan talenta atau karunia yang Tuhan sudah berikan. Tuhan memberkati Amin.