Kamis, 11 Agustus 2011

M I O M - 3


Perawatan Untuk Uterine Fibroids

Surgical treatments

Ada banyak cara-cara mengendalikan uterine fibroids. Metode-metode operasi termasuk hysterectomy, atau pengangkatan dari kandungan (dan fibroid-fiboid dengannya). Myomectomy adalah pengangkatan yang selektif dari hanya fibroid-fibroid didalam kandungan. Myomectomy dapat dilakukan melalui suatu laparoscope atau dengan sayatan terbuka standar pada dinding perut. Beberapa perawatan-perawatan telah melibatkan pemboran lubang-lubang kedalam fibroid dengan serat-serat laser, freezing probes (cryosurgery), dan teknik-teknik penghancur lain yang sebenarnya tidak mengangkat jaringan namun mencoba menghancurkannya ditempat.
Teknik lain untuk merawat fibroid-fibroid dikenal sebagai uterine artery embolization (UAE). Teknik ini menggunakan manik-manik (beads) kecil dari suatu campuran yang disebut polyvinyl alcohol, yang disuntikan melalui suatu kateter kedalam arteri-arteri yang memberi makan fibroid. Manik-manik (beads) ini menghalangi suplai darah pada fibroid dan membuatnya kelaparan darah dan oksigen. Sementara teknik ini masih belum cukup lama digunakan untuk mengevaluasi efek-efek jangka panjang UAE versus operasi, adalah diketahui bahwa wanita-wanita yang menjalani UAE untuk fibroid-fibroid mempunyai suatu opname rumah sakit yang lebih singkat daripada yang mempunyai operasi namun suatu risiko yang lebih besar dari komplikasi-komplikasi dan pendaftaran-pendaftaran kembali ke rumah sakit. Studi-studi sedang dalam perjalanan untuk mengevaluasi hasil-hasil akhir jangka panjang dari UAE dibanding pada perawatan operasi. Uterine artery occlusion (UAO), yang melibatkan penjepitan (clamping) arteri-arteri kandungan yang terlibat yang berlawanan dengan menyuntikan polyvinyl alcohol beads, sekarang ini sedang dibawah penyelidikan sebagai suatu alternatif yang potensial pada UAE.

 

Perawatan-Perawatan Medis

Teknik-teknik yang bukan operasi biasanya adalah hormon secara alami dan termasuk penggunaan dari obat-obat yang memadamkan produksi dari estrogen dari indung-indung telur (GnRH analogs). Obat-obat ini diberikan untuk tiga sampai enam bulan. Jika berhasil, mereka dapat menyusutkan fibroid-fibroid sebanyak 50%.
Mifepristone (RU-486) adalah suatu obat antiprogestin yang dapat menyusutkan fibroid-fibroid seluas yang dapat dibandingkan dengan perawatan dengan GnRH analogs. Obat ini, adakalanya dikenal sebagai "morning-after pill" juga digunakan untuk mengakhiri kehamilan awal. Perawatan dengan mifepristone juga mengurangi perdarahan yang berhubungan dengan fibroid-fibroid, namun perawatan ini dapat dihubungkan dengan efek-efek sampingan yang merugikan (kurang baik) seperti pertumbuhan terlalu cepat (hyperplasia) dari endometrium (lapisan kandungan).
Danazol (Danocrine) adalah suatu hormon steroid androgen (androgenic steroid hormone) yang telah digunakan untuk mengurangi perdarahan pada wanita-wanita dengan fibroid-fibroid, karena obat ini menyebabkan menstruasi untuk berhenti. Bagaimanapun, danazol tidak nampak menyusutkan ukuran dari fibroid-fibroid.
Administrasi (pemberian) dari raloxifene (Evista) (suatu obat yang digunakan untuk mencegah dan merawat osteoporosis pada wanita-wanita setelah menopause) telah ditunjukan mengurangi ukuran dari fibroid-fibroid pada wanita-wanita setelah menopause, namun hasil-hasil dengan terapi ini pada wanita-wanita setelah menopause telah menjadi berlawanan. Formulasi-formulasi dosis rendah dari obat-obat pencegah kehamilan oral juga adakalanya diberikan untuk merawat perdarahan yang abnormal yang berhubungan